Apa itu Pekan Suci?

Apa itu Pekan Suci?

Pekan Suci adalah waktu yang penting bagi umat Kristiani di seluruh dunia. Pekan Suci, minggu terakhir Prapaskah, dimulai pada Minggu Palem, hari Minggu sebelum Paskah. Pekan Suci adalah saat umat Katolik berkumpul untuk mengingat dan berpartisipasi dalam Sengsara Yesus Kristus. Sengsara adalah periode terakhir dari kehidupan Kristus di Yerusalem. Mulai dari saat Dia tiba di Yerusalem hingga saat Dia disalibkan.

Ucapan Paskah. (Cgkata/Gambar)
Ucapan Paskah. (Cgkata/Gambar)

Bagaimana Umat Kristiani Merayakan Pekan Suci?

Empat upacara khusus memperingati peristiwa Sengsara Kristus dari pintu masuk-Nya ke Yerusalem, ketika daun palem ditempatkan di jalan-Nya, melalui penangkapan-Nya pada Kamis Putih dan Penyaliban pada Jumat Agung, hingga Sabtu Suci, hari ketika tubuh Kristus dibaringkan di dalam kubur.


Dilansir cgkata.blogspot.com dari laman Sekolah Dan Geraja Saint Patrick Catholic, mengatakan bahwa Puncak Tahun Liturgi adalah Triduum Paskah—dari malam Kamis Putih hingga malam Minggu Paskah. Meskipun secara kronologis tiga hari, ketiganya secara liturgi berlangsung satu hari bagi kita sebagai kesatuan Misteri Paskah Kristus.


Perayaan tunggal Triduum menandai akhir masa Prapaskah, dan mengarah ke Misa Kebangkitan Tuhan pada Malam Paskah.


Dilansir cgkata.blogspot.com dari laman lainnya, Layanan liturgi yang berlangsung selama Triduum adalah:
  • Misa Perjamuan Tuhan
  • Jumat Agung Sengsara Tuhan
  • Misa Kebangkitan Tuhan


Gambar Misa pada hari Minggu Paskah. (Cgkata/Gambar)
Gambar Misa pada hari Minggu Paskah. (Cgkata/Gambar)


Minggu Palma mengenang kedatangan Yesus di Yerusalem. Minggu Palma dikenal demikian karena umat beriman akan menerima daun palem yang mereka gunakan untuk berpartisipasi dalam pemeragaan kedatangan Kristus di Yerusalem dengan prosesi. Dalam Injil, Yesus memasuki Yerusalem dengan menunggang keledai untuk memuji penduduk kota yang meletakkan pohon palem atau cabang kecil, di depannya sebagai tanda penghormatan. Ini adalah praktik kebiasaan bagi orang-orang yang sangat dihormati.


Kamis Putih memperingati Perjamuan Terakhir, ketika Yesus menguduskan roti dan anggur. Di pagi hari, para uskup biasanya berkumpul dengan para imam dari keuskupan mereka untuk Misa Krisma atau sehari menjelang Pekan Suci yang paling cocok untuk Keuskupan Agung. Misa Krisma untuk Keuskupan Agung Seattle dirayakan pada 6 April 2023. Mereka memberkati minyak suci selama Misa. Pembasuhan kaki dilakukan selama Misa Perjamuan Tuhan di malam hari.


Jumat Agung adalah salah satu hari tergelap dalam setahun bagi umat Kristiani, Katolik. Itu mencakup penangkapan, pengadilan, dan penyaliban Yesus. Kematian dan penguburannya juga dikenang.


Peristiwa Jumat Agung diperingati melalui sebuah devosi 14 langkah yang sering dilakukan oleh umat Katolik selama Prapaskah, khususnya pada hari Jumat Agung.


Jumat Agung adalah hari puasa di dalam Gereja. Secara tradisional, tidak ada Misa dan perayaan Ekaristi pada Jumat Agung. Komuni datang dari hosti yang ditahbiskan pada Kamis Putih.

Baca juga : Kumpulan Ucapan Paskah 2023

Lonceng gereja diam. Altar dibiarkan kosong. Suasana khusyuk dan hening dipertahankan hingga Malam Paskah.


Sabtu Suci mengenang hari yang dihabiskan Yesus dalam peristirahatan kuburan. Malam Paskah berlangsung di penghujung hari. Karena hari liturgi baru dimulai saat matahari terbenam, vigili dimulai saat matahari terbenam pada Sabtu Suci di luar gereja, di mana api Paskah dinyalakan dan lilin Paskah diberkati dan kemudian dinyalakan. Lilin Paskah ini akan digunakan sepanjang musim Paskah, tetap berada di tempat kudus gereja dan sepanjang tahun yang akan datang pada pembaptisan dan pemakaman, mengingatkan semua bahwa Kristus adalah hidup dan terang kita.


Setelah penutupan Liturgi Sabda, air dari bejana pembaptisan diberkati dengan sungguh-sungguh dan setiap katekumen dan calon komuni penuh diinisiasi ke dalam gereja.


Apa Perubahan Nyata di Gereja Selama Pekan Suci?

Pada hari Jumat Agung dan Sabtu Suci, perubahan nyata terjadi dalam cara dekorasi gereja. Banyak gereja, terutama di Eropa, patung dan salib ditutup dengan kain ungu atau hitam, atau hanya menghilangkan dekorasinya. Air suci dikeluarkan dari gereja dan Sabtu Suci dan lonceng gereja tetap diam sampai Gloria pada Malam Paskah.



Demikian itu Jumat Agung dan Apa itu Maknanya Bagi Umat Kristiani yang dapat dibagikan bagi sahabat cgkata.blogspot.com. Semoga apa yang ditulis bisa bermanfaat???

Post a Comment for "Apa itu Pekan Suci?"