Selamat Hari Lahir Pancasila



Jakarta-Pengelola BPIP, Melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, Pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional. Penetapan tersebut bertujuan agar pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen bangsa memperingati Pancasila sebagai ideologi bangsa.


Untuk itu Pemerintah melalui Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dengan Surat edaran Nomor 1 Tahun 2023 tanggal 3 Mei 2023 Mengimbau agar setiap lembaga negara, kementerian/lembaga, Tentara Nasional Indonesia, Bank Indonesia, Kejaksaan Republik Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, pemerintahan daerah, BUMN, BUMD, universitas, sekolah negeri dan swasta serta komponen masyarakat di seluruh wilayah Republik Indonesia turut memeriahkan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, dan media sosial dengan menggunakan tema, tagline, dan logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023.


Berikut salah satu contoh pesan yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam Sambutan Memperingati Hari Lahir Pancasila:


“Pancasila itu jiwa dan raga kita. Ada di aliran darah dan detak jantung kita, perekat keutuhan bangsa dan negara. Saya Jokowi, Saya Indonesia, Saya Pancasila”


Presiden RI, Joko Widodo


Sejarah Hari Lahir Pancasila

Masih berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, Hari Lahir Pancasila ditetapkan pada 1 Juni 1945.


Dikutip dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas), pada 1 Juni 1945, Soekarno berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai dasar negara di hadapan para anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan.


Ketika itu, Badab Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia memang tengah mengadakan sidang kedua mempersiapkan dasar negara bagi Indonesia merdeka.


Presiden pertama Republik Indonesia itu pun menyampaikan gagasannya dalam Pidato bertajuk "Lahirnya Pancasila".


Sumber : https://bpip.go.id/bpip/berita/1035/389/hari-lahir-pancasila-begini-kronologi-dan-sejarahnya-secara-lengkap.html


Penulis Pengelola cgkata.blogspot.com:

Post a Comment for "Selamat Hari Lahir Pancasila"