HARI TEATER SEDUNIA (27 MARET)

cgkata.blogspot.com: Setiap tanggal 27 Maret diperingati sebagai Hari Teater Sedunia (dalam Bahasa Inggris: World Theatre Day) olah Masyarakat Internasional termasuk Indonesia. Hari ini adalah hari sejarah dunia Seni teater. Teater muncul pada abad ke-6 SM dari Yunani Kuno dengan sebutan theatron yang artinya drama. Teater dulu digunakan untuk melakukan upacara keagamaan. Pada zaman itu juga biasanya teater dipentaskan di gedung bernama Theatron. Theatron merupakan bangunan khusus untuk pertunjukan drama, terbuka tanpa atap, dan dibangun bertingkat.


Awalnya teater berkembang pesat di Italia dari segi panggung, dekorasi, ornamen pada layar, dan lain lain yang melahirkan teater modern. Tapi di Italia orang yang bisa nonton teater hanyalah kaum bangsawan keatas. Di Indonesia sebenarnya teater sudah lama muncul. Teater di Indonesia merupakan teater nusantara atau tradisional setiap daerah, salah satu contohnya jawa.


Teater Dunia diciptakan oleh ITI (singkatan dari: International Theatre Institute) dan dirayakan untuk pertama kalinya pada tanggal 27 Maret 1962, tanggal pembukaan musim “Teater Bangsa-Bangsa” di Paris. Sejak itu, setiap tahun pada tanggal itu, Hari Teater Sedunia diperingati dalam skala Internasional.


Tujuan Hari Teater Dunia, seperti Hari Tari Internasional adalah:
  • Untuk mempromosikan bentuk seni di seluruh dunia.
  • Untuk membuat orang sadar akan nilai dari bentuk seni.
  • Untuk memungkinkan komunitas tari dan teater mempromosikan karya mereka dalam skala luas sehingga para pemimpin opini menyadari nilai dari bentuk-bentuk ini dan mendukung mereka.
  • Untuk menikmati bentuk seni untuk kepentingannya sendiri.


Singkat cerita, Hari Tearter adalah acara tahunan yang membahas topik Internasional untuk membangkitkan kesadaran tentang pentingnya seni teater, bagaimana mereka memainkan peran penting dalam bidang hiburan dan perubahan yang dibawa teater dalam kehidupan.


Hari Teater setiap tahun akan mengangkat tema yang berfokus pada hubungan antara seni dan dunia teater, dan bagaimana keduanya terhubung.

Pesan sambutan perayaan Hari Teater Sedunia yang jatuh pada tanggal 27 Maret, bersama cgkata.blogspot.com mari pelajari sejarah, kata-kata, quotes inspirasi, kata bijak, kata mutiara, dan kutipan pesan tentang Seni dan teater ini.


https://cgkata.blogspot.com/
Gambar kata mutiara tentang ucapan hari Teater sedunia di 2020




SEJARAH HARI TEATER INTERNASIONAL

Hari teater dunia diprakarsai oleh Institut teater Internasional (ITI) pada tahun 1961. Hari Teater Dunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 27 Maret oleh pusat-pusat ITI di seluruh dunia dan oleh banyak perusahaan teater internasional lainnya. Hari ini ditandai dengan mengadakan berbagai acara teater nasional dan internasional. Salah satu acara yang paling menarik adalah peredaran Pesan Internasional Hari Teater Dunia ke dunia. Perawakan dunia membagikan refleksinya tentang tema teater.


Ini pertama di Helsinki, dan kemudian di Wina pada Kongres Dunia ke-9 ITI pada Juni 1961 bahwa Presiden Arvi Kivimaa mengusulkan atas nama Pusat Finlandia Institut Teater Internasional agar Hari Teater Dunia dilembagakan. Proposal, yang didukung oleh pusat-pusat Skandinavia, dilakukan dengan aklamasi.


TUJUAN MERAYAKAN HARI TEATER SEDUNIA

Tujuan Hari Teater Dunia adalah
  • Untuk mempromosikan bentuk seni di seluruh dunia.
  • Untuk membuat orang sadar akan nilai dari bentuk seni.
  • Untuk memungkinkan komunitas tari dan teater mempromosikan karya mereka dalam skala luas sehingga para pemimpin opini menyadari nilai dari bentuk-bentuk ini dan mendukung mereka.
  • Untuk menikmati bentuk seni untuk kepentingannya sendiri.


ITI - Institut Teater Internasional

Institut teater Internasional ITI adalah organisasi seni pertunjukan terbesar di dunia yang didirikan pada tahun 1948 oleh pakar teater dan tari dan UNESCO. Lembaga ini didedikasikan untuk seni pertunjukan. Ini juga mempromosikan tujuan UNESCO untuk mempromosikan budaya dan perdamaian terlepas dari usia, jenis kelamin, kepercayaan atau etnis. Dari referensi yang cgkata.blogspot.com dapatkan bahwa Pusat-pusat ITI terletak di berbagai lokasi di seluruh dunia dan bekerja secara nasional dan internasional di bidang pendidikan seni, kolaborasi internasional, dan pelatihan pemuda. ITI memiliki lebih dari 85 pusat di seluruh dunia untuk mendorong sekolah, perguruan tinggi, dan tokoh teater untuk menandai hari ini. Setiap tahun ITI menyelenggarakan Hari Teater Sedunia di UNESCO, Paris


Terkait Penyebaran Wabah Pandemi Virus Corona (COVID -19): panggilan untuk video pada hari teater Dunia

Sebagai langkah pencegahan penanganan penyebaran Virus Corona (Covid-19), ITI telah memutuskan untuk melakukan kegiatan online. Untuk melanjutkan ini, ITI telah mendorong semua pusat yang bekerja sama dengan anggota dan teman-teman ITI untuk mengirim video ke chen.simin (at) iti-worldwide.org sesegera mungkin.




PESAN KATA/ KUTIPAN MUTIARA INTERNASIONAL: KATA-KATA HARI TEATER SEDUNIA 2020

Setiap tahun tokoh-tokoh dunia, terutama dari bidang seni pertunjukan dipilih untuk menyampaikan pesan kata-kata mutiara Hari Teater Sedunia. kata-kata Internasional Hari Teater Dunia pertama ditulis oleh Jean Cocteau. kata pesan bijak ini diterjemahkan ke dalam 50 bahasa yang berbeda dan didistribusikan di seluruh dunia untuk mempromosikan nilai-nilai seni dan budaya.

Pesan Hari Teater Sedunia 2020

Penulis Pesan Hari Teater Dunia 2020 adalah: Shahid Nadeem, tokoh Pakistan.

Shahid Nadeem adalah penulis naskah terkemuka dan kepala Teater Ajoka yang terkenal di Pakistan. Shahid Nadeem lahir pada tahun 1947 di Sopore, Kashmir. Dia menjadi pengungsi pada usia 1 tahun, ketika keluarganya harus bermigrasi ke Pakistan yang baru dibentuk setelah perang 1948 antara India dan Pakistan mengenai negara yang disengketakan Kashmir. Dia telah tinggal di Lahore, Pakistan di mana dia mendapatkan gelar Magister Psikologi dari Universitas Punjab. Dia menulis drama pertamanya sebagai seorang mahasiswa tetapi menjadi penulis drama yang berdedikasi ketika dia mulai berkontribusi dari pengasingan politiknya di London, bermain untuk kelompok teater pembangkang Pakistan, Ajoka, yang didirikan oleh Madeeha Gauhar, seorang aktivis teater perintis, yang kemudian dinikahinya. Shahid Nadeem telah menulis lebih dari 50 drama asli dalam bahasa Punjabi dan Urdu dan beberapa adaptasi dari drama Brecht.


Akhir kata inspirasi dalam tulisan cgkata.blogspot.com menyampaikan ucapan selamat hari Teater Sedunia untuk semua teman dan pecinta seni teater: berbudaya, berbangsa, berteater untuk Indonesia Maju.

Post a Comment for "HARI TEATER SEDUNIA (27 MARET)"