HARI BUKU ANAK SEDUNIA (2 APRIL)

cgkata.blogspot.com: Setiap tanggal 2 April diperingati sebagai Hari Buku Anak Sedunia (dalam Bahasa Inggris: international children's book day) olah Masyarakat dunia termasuk Indonesia. Hari ini adalah hari sejarah untuk menginspirasi cinta dunia membaca di kalangan anak-anak. Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya.


Makna dari slogan "Buku adalah jendela ilmu pengetahuan" adalah dengan membaca buku, pikiran kita lebih terbuka dalam memperoleh ilmu pengetahuan. Jendela berfungsi untuk melihat ke arah luar. Sehingga dengan membaca buku kita dapat menemukan banyak ilmu pengetahuan yang dapat membuka wawasan kita. Dan aktivitas membaca ini sudah semestinya di mulai sejak anak usia dini.


Buku anak dunia diciptakan oleh IBBY (singkatan dari: International Board on Books For Young People) dan dirayakan untuk pertama kalinya pada tanggal 2 April 1967 bagi pecinta sastra muda karena ini adalah tanggal yang sama dengan hari ulang tahun Hans Christian Andersen, penulis banyak cerita anak-anak terkenal seperti The Little Mermaid dan The Ugly Duckling. Sejak itu, setiap tahun pada tanggal itu, Hari Buku Anak Sedunia diperingati dalam skala Internasional.


Tujuan Hari Buku Anak, seperti Hari Buku Nasional adalah:
  • Untuk menginspirasi kegemaran membaca dan menarik perhatian pada buku anak-anak.
  • Untuk mempromosikan buku dan membaca kepada anak muda.
  • Untuk untuk mempromosikan membaca dan buku anak-anak.
  • Untuk menikmati bentuk tulisan sastra sebagai literasi untuk kepentingannya sendiri.


Singkat cerita, Hari Buku Anak adalah acara tahunan yang membahas topik Internasional untuk membangkitkan kesadaran tentang pentingnya buku sebagai jendela dunia, bagaimana mereka memainkan peran penting dalam bidang pendidikan dan pengetahuan yang dibawa buku dalam kehidupan.


Hari Buku setiap tahun akan mengangkat tema yang berfokus pada hubungan antara buku dan dunia anak-anak, dan bagaimana keduanya terhubung.

Pesan sambutan perayaan Hari Buku Anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 2 April, bersama cgkata.blogspot.com mari pelajari sejarah, kata-kata, quotes inspirasi, kata bijak, kata mutiara, dan kutipan pesan tentang Buku, Pendidikan dan literasi ini.


https://cgkata.blogspot.com/
Gambar kata mutiara tentang ucapan hari buku anak sedunia di 2020





SEJARAH HARI BUKU ANAK INTERNASIONAL

Hari Buku Anak dunia diprakarsai oleh International Board on Books For Young People (IBBY) pada tahun 1953. Hari Buku Anak dunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 2 April oleh pusat-pusat IBBY di seluruh dunia dan oleh banyak perusahaan penerbit Buku internasional lainnya. Hari ini ditandai dengan mengadakan berbagai acara buku anak nasional dan internasional. Salah satu acara yang paling menarik adalah peredaran Pesan Internasional Hari Buku Anak Dunia ke dunia. Perawakan dunia membagikan refleksinya tentang tema cerita anak-anak.


Asal usul perayaan ini pertama di Zurich, Switzerland, dan kemudian di hampir sekitar 70 Bagian Nasional dari seluruh penjuru dunia yang hingga sekarang dirayakan sebagai Hari Buku Anak Dunia.


TUJUAN MERAYAKAN HARI BUKU ANAK SEDUNIA

Tujuan Hari Anak Dunia adalah:
  • Untuk menginspirasi kegemaran membaca dan menarik perhatian pada buku anak-anak.
  • Untuk mempromosikan buku dan membaca kepada anak muda.
  • Untuk untuk mempromosikan membaca dan buku anak-anak.
  • Untuk menikmati bentuk tulisan sastra sebagai literasi untuk kepentingannya sendiri.


IBBY - International Board on Books For Young People

International Board on Books For Young People IBBY adalah sebuah organisasi nirlaba yang mewakili jaringan internasional orang-orang dari seluruh dunia yang berkomitmen untuk menyatukan buku-buku dan anak-anak. IBBY adalah organisasi nirlaba yang didirikan di Zurich, Swiss pada tahun 1953. Saat ini, ia terdiri dari 75 Bagian Nasional di seluruh dunia. Ini mewakili negara-negara dengan penerbitan buku dan program literasi yang berkembang dengan baik, dan negara-negara lain dengan hanya beberapa profesional berdedikasi yang melakukan pekerjaan perintis dalam penerbitan dan promosi buku anak-anak.




PESAN KATA/ KUTIPAN MUTIARA INTERNASIONAL: KATA-KATA HARI BUKU ANAK SEDUNIA 2020

Dalam persiapan untuk 2 April, negara tuan rumah yang dipilih untuk tahun ini mengambil tema dan mengundang penulis terkenal untuk menulis pesan kepada anak-anak di seluruh dunia. Kemudian ilustrator terkemuka membuat poster untuk mengikuti cerita. Bahan-bahan tersebut digunakan untuk mempromosikan buku dan membaca untuk Hari Buku Anak Dunia (international children's book day : ICBD).


Tahun ini, IBBY Slovenia menjadi tuan rumah ICBD dan memilih tema, "A Hunger for Words," atau lapar akan kata-kata. Penulis Slovenia Peter Svetina menulis pesan, diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Jernej Županič, dan Damijan Stepančič merancang poster.


A HUNGER FOR WORDS

Where I live, bushes turn green in late April or early May, and are soon populated by butterfly cocoons. These look like wads of cotton or candy floss, and the pupae devour leaf after leaf until the bushes are stripped bare. When developed, the butterflies fly away, however, the bushes have not been destroyed. As summer comes around, they turn green again, each and every time.


This is a picture of a writer, a picture of a poet. They’re eaten away, bled dry by their stories and poetry, which, when they’re finished, fly away, retire into books and find their audience. This happens again and again.


And what happens with these poems and stories?


I know a boy who had to have eye surgery. For two weeks after the operation, he was only allowed to lie on his right side, and after that was not permitted to read anything for a month. As he finally got hold of a book after a month and a half, he felt as if he was scooping up words from a bowl with a spoon. As if he was eating them. Actually eating them.


And I know a girl who grew up to be a teacher. She has told me: Children who hadn’t been read to by their parents are impoverished.


Words in poetry and in stories are food. Not food for the body, not food that can fill up your stomach. But food for the spirit and food for the soul.


When one is hungry or thirsty, their stomach contracts and their mouth turns dry. They look for anything to eat, a piece of bread, a bowl of rice or corn, a fish or a banana. The hungrier they grow, the narrower becomes their focus, they become blind to everything but the food that could sate them.


The hunger for words manifests itself differently: as gloominess, obliviousness, arrogance. People suffering from this sort of hunger don’t realize their souls are shivering cold, that they’re walking past themselves without noticing. A part of their world is running away from them without them being aware of it.


This type of hunger is sated by poetry and stories.


But is there hope for those who have never indulged in words to ever satisfy this hunger?


There is. The boy reads, almost every day. The girl who had grown up to be a teacher reads stories to her pupils. Every Friday. Every week. If she ever forgets, the children are sure to remind her.


And what about the writer and the poet? As summer comes, they’ll turn green again. And again, they’ll be eaten away by their stories and their poems that will then fly away in all directions. Again and again.


Peter Svetina


Translation: Jernej Županič


SEBUAH KELAPARAN UNTUK KATA-KATA


Di mana saya tinggal, semak-semak berubah hijau pada akhir April atau awal Mei, dan segera dihuni oleh kepompong kupu-kupu. Ini terlihat seperti gumpalan kapas atau permen, dan kepompong melahap daun demi daun sampai semak-semak ditelanjangi. Ketika dikembangkan, kupu-kupu terbang, namun, semak-semak belum dihancurkan. Ketika musim panas tiba, mereka berubah menjadi hijau lagi, setiap waktu.


Ini adalah gambar seorang penulis, gambar seorang penyair. Mereka dimakan habis, kering oleh cerita dan puisi mereka, yang, ketika mereka selesai, terbang pergi, pensiun ke buku-buku dan menemukan audiens mereka. Ini terjadi berulang kali.


Dan apa yang terjadi dengan puisi dan cerita ini?


Saya kenal seorang bocah lelaki yang harus menjalani operasi mata. Selama dua minggu setelah operasi, ia hanya diperbolehkan berbaring di sisi kanannya, dan setelah itu tidak diizinkan membaca apa pun selama sebulan. Ketika akhirnya dia mendapatkan sebuah buku setelah satu setengah bulan, dia merasa seperti sedang meraup kata-kata dari mangkuk dengan sendok. Seolah dia memakannya. Sebenarnya memakannya.


Dan saya tahu seorang gadis yang tumbuh menjadi guru. Dia mengatakan kepada saya: Anak-anak yang belum pernah dibacakan oleh orang tua mereka menjadi miskin.


Kata-cgkata dalam puisi dan cerita adalah makanan. Bukan makanan untuk tubuh, bukan makanan yang bisa mengisi perut Anda. Tapi makanan untuk roh dan makanan untuk jiwa.


Ketika seseorang lapar atau haus, perut mereka berkontraksi dan mulut mereka mengering. Mereka mencari apa saja untuk dimakan, sepotong roti, semangkuk nasi atau jagung, ikan atau pisang. Semakin lapar mereka tumbuh, semakin sempit menjadi fokus mereka, mereka menjadi buta terhadap segalanya kecuali makanan yang bisa memuaskan mereka.


Rasa lapar akan kata-kata memanifestasikan dirinya secara berbeda: sebagai kesuraman, kelalaian, kesombongan. Orang yang menderita kelaparan semacam ini tidak menyadari bahwa jiwa mereka menggigil kedinginan, bahwa mereka berjalan melewati diri mereka sendiri tanpa menyadarinya. Sebagian dari dunia mereka melarikan diri dari mereka tanpa mereka sadari.


Jenis kelaparan ini dipenuhi oleh puisi dan cerita.


Tetapi adakah harapan bagi mereka yang tidak pernah menuruti kata-kata untuk memuaskan rasa lapar ini?


Ada. Bocah itu membaca, hampir setiap hari. Gadis yang tumbuh menjadi guru itu membacakan cerita kepada murid-muridnya. Setiap Jumat. Setiap minggu. Jika dia lupa, anak-anak pasti akan mengingatkannya.


Dan bagaimana dengan penulis dan penyair? Saat musim panas tiba, mereka akan berubah hijau lagi. Dan lagi, mereka akan dimakan oleh cerita dan puisi mereka yang kemudian akan terbang ke segala arah. Lagi dan lagi.


Pesan Hari Buku Anak Sedunia 2020

Penulis Pesan Hari Buku Dunia 2020 adalah: Peter Svetina, tokoh Slovenia.

Peter Svetina adalah penulis terkemuka dan yang terkenal di Slovenia. Peter Svetina lahir pada tahun 1970 di Ljubljana. Pada tahun 1995 ia lulus dalam Studi Slovenia dan mempertahankan tesis PhD-nya tentang Puisi Slovenia Kuno pada tahun 2001 (keduanya di Fakultas Seni, Universitas Ljubljana, Slovenia). Dia adalah Associate Professor untuk Slavic Literature di the Institut bahasa Slavik, Universitas Alpen-Adria, Klagenfurt, Austria. Dia menulis untuk anak-anak, dewasa muda dan dewasa, tetapi karyanya sering melintasi batas antara yang berbeda target audiens dan dapat dibaca sebagai literatur crossover. Debut sastra adalah gambar buku "The Walrus that Didn’t Want to Cut his Nails (1999)", yang segera menjadi dasar untuk drama boneka yang kemudian diikuti oleh banyak karyanya (comtoh: Mr. Constantine’s Hat). Buku karya-karyanya untuk anak-anak dan remaja telah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Jerman, Korea, Polandia dan Inggris Lithuania. Karya Svetina sering bermain dengan kejadian dan gambar dari kehidupan sehari-harinya. Mereka tidak hanya mencerminkan kota asalnya Ljubljana dan tujuan perjalanannya, tetapi juga minat ilmiahnya - penelitian ilmiah Svetina difokuskan pada puisi Slovenia lama, literatur anak-anak dan remaja (terutama transformasi yang diarahkan secara sosial dan politik setelah Perang Dunia II) dan novel-novel detektif. Dia menerjemahkan puisi dan literatur anak-anak dari Bahasa Inggris, Jerman, Kroasia dan Ceko dan bekerja sebagai editor untuk koleksi puisi dan buku teks literatur untuk sekolah dasar. Buku-bukunya telah menerima sebagian dari yang paling penghargaan nasional dan internasional bergengsi dan sangat populer di kalangan sastra kritik serta pembaca muda.


Akhir kata inspirasi dalam tulisan cgkata.blogspot.com menyampaikan ucapan selamat hari Buku Anak Sedunia untuk semua teman dan pecinta buku: Berliterasi, berbuku, untuk Indonesia Maju.