RA KARTINI: 20 KATA KATA BIJAK TENTANG KUTIPAN WANITA BERPENDIDIKAN

cgkata - RA Kartini adalah seorang pahlawan Nasional pejuang emansipasi wanita. Dia terkenal sebagai pelopor kaum perempuan juga pemikirannya yang ditulis kemudian dibukukan contohnya: Habis Gelap Terbitlah Terang - kumpulan kutipan surat dalam motto, renungan serta buah pikir, menjelajahi makna kehidupan dan kondisi perempuan Indonesia khususnya keluarga Jawa. Pada catatan sejarah, diilustrasikan dengan buku kumpulan surat Kartini ini diterbitkan pada tahun 1911.


Sebagai seorang Pejuang, Kartini menulis ratusan surat-surat tertulis pemikiran-pemikirannya tentang cinta, agama, sampai kondisi sosial saat itu, terutama tentang kondisi perempuan pribumi.


RA (singkatan dari Raden Adjeng) meninggal muda pada usia 25 tahun (1879–1904) di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Setelah meninggal, Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi terutama banyak kutipan dari surat-suratnya yang menjadi inspirasi banyak orang sehingga sejumlah kata yang ditulis menjadi inspirasi bagi tokoh-tokoh kebangkitan nasional Indonesia, antara lain W.R. Soepratman yang menciptakan lagu berjudul Ibu Kita Kartini.


Kartini adalah seorang perempuan dengan sejumlah ucapan harapan memajukan masyarakat, ia sangat percaya pada kekuatan kemurahan hati, bahagia dan pendapat dalam mengambil yang terbaik dari setiap pengalaman kehidupan, baik atau buruk. Berikut contoh 20 Kata-kata mutiara RA Kartini quotes bijak untuk mengajarkan kamu tentang makna pentingnya pendidikan wanita yang menginspirasi setiap hari di cgkata.blogspot.com:

"Tahukah engkau semboyanku? ‘Aku mau!’ Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata ‘Aku tiada dapat!’ melenyapkan rasa berani. Kalimat ‘Aku mau!’ membuat kita mudah mendaki puncak gunung."


Sekolah-sekolah saja tidak dapat memajukan masyarakat, tetapi juga keluarga di rumah harus turut bekerja. Lebih-lebih dari rumah dan kekuatan mendidik itu harus berasal.

https://cgkata.blogspot.com/

"Bukanlah laki-laki yang hendak kami lawan melainkan pendapat kolot dan adat uang."


Tiada barang mustahil di dunia ini! Dan sesuatu barang yang hari ini kita teriak-teriakkan mustahil sama sekali, besok merupakan kenyataan yang tidak dapat disangkal!.


"Saat suatu hubungan berakhir, bukan berarti dua orang berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti saling menyakiti."


Agama memang menjauhkan kita dari dosa, tapi berapa banyak dosa yang kita lakukan atas nama agama.



"Ikhtiar! Berjuanglah membebaskan diri. Jika engkau sudah bebas karena ikhtiarmu itu, barulah dapat engkau tolong orang lain."



Baca:


Habis gelap terbitlah terang.



"Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam."


Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.


"Tahukah engkau semboyanku? ‘Aku mau!’ Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata ‘Aku tiada dapat!’ melenyapkan rasa berani. Kalimat ‘Aku mau!’ membuat kita mudah mendaki puncak gunung."


Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.


"Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu–satunya hal yang benar–benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri."


Gadis yang pikirannya sudah dicerdaskan, pemandangannya sudah diperluas, tidak akan sanggup lagi hidup di dalam dunia nenek moyangnya.

https://cgkata.blogspot.com/
Gambar kata bijak tema ucapan selamat hari kartini di 2020


"Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang."


Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh. Demikianlah pula dalam hidup manusia. Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbullah angan-angan lain, yang lebih sempurna, yang boleh menjadikannya buah.


"Saat membicarakan orang lain Anda boleh saja menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu yg baik."


Dalam tangan anaklah terletak masa depan dan dalam tangan ibulah tergenggam anak yang merupakan masa depan itu.


"Alangkah ajaibnya rasa kasih sayang. Rasa cinta adalah surga dan neraka yang menjadi satu."


Untuk memahami hati dan pikiran seseorang, lihatlah bukan pada apa yang telah dicapai, tetapi pada apa yang ia cita-citakan.


"Tidak menjadi soal bagaimana caranya mengabdi kepada kebaikan, asalkan baik saja."

Baca: KATA-KATA CINTA DAN KUTIPAN CINTA BIJAK


Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.


"Cinta itu mahakuasa, demikianlah sudah berabad-abad dinyatakan dan dibuktikan."


Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. tiada mendendam, itulah bahagia.



"Praktek teori “menderita dahulu baru bahagia” sangatlah berat penanggungannya!"


Karena bila taraf hidup kesenian suatu bangsa tinggi, maka budi bangsa itu sendiri adalah suatu puisi.



"Jangan kau katakan saya tidak dapat, tetapi katakan saya mau."


Emansipasi tidak terjadi begitu saja. Dibutuhkan rencana, perjuangan dan sistem pendukung. Semoga kamu menemukan cara terbaik dengan kebijaksanaan, tips, pedoman, kisah sejarah dan cerita sukses apalagi sebelum memasuki ulang tahun ke 20 untuk menginspirasi mimpi lama atau membuat mimpi baru bersama cgkata.blogspot.com. Semoga bermanfaat!.

Post a Comment for "RA KARTINI: 20 KATA KATA BIJAK TENTANG KUTIPAN WANITA BERPENDIDIKAN"