PENGERTIAN LAILATUL QADAR MENURUT ISTILAH DAN HAKIKATNYA

cgkata mengucapkan selamat memperingati Lailatul Qadar. Pengertian al qadar menurur bahasa adalah kedudukan yang tinggi dan kehormatan yang agung. Seperti seorang disebut orang yang terhormat jika ia mempunyai kedudukan yang tinggi. Kemampuan mengendalikan kebijakan / hukum, dan membagi (sesuai job) nya kepada semua orang.


Maka Lailatul Qodar di lihat dari sudut yang pertama adalah : adalah suatu malam yang indah, mulia, agung dan penuh dengan pujian. Atau suatu malam dimana Allah memberi kehormatan dan kedudukan yang mulia, baik yang bersifat duniawi maupun yang bersifat ukhrowi kepada hamba-Nya yang beribadah dengan ikhlas.


Dan Lailatul Qodar dilihat dari sudut yang kedua adalah : suatu malam dimana Allah SWT menghubungkan kekuasaan-Nya, baik yang berkaitan dengan prilaku maupun yang berkaitan dengan perjalanan kehidupan seserang, yang diturunkan dari lauhil mahfudz ke langit dunia sekaligus untuk penyusunan program perjalanan hidup masa satu tahun.


Mari ketahui penjelasan tentang istilah dan hakikat dari memperingati Lailatul Qadar di cgkata.blogspot.com:


ARTI LAILATUL QODAR MENURUT ISTILAH DAN HAKIKATNYA

Ada beberapa sebutan bagi malam lailatul Qodar, yaitu diantaranya :
  • Lailatul Barokah = malam penuh keberkahan;
  • Lailatul Rohmah = malam penuh rahmat;
  • Lailatus Salam = malam penuh kedamaian


Lailatul Qodar adalah suatu malam kemulyaan, keagungan dan keberkahan pada bulan Ramadlan dimana Allah Swt memberikan rahmat dan magfirah Nya untuk Nabi Saw dan umatnya yang diantar langsung oleh para Malaikat yang turun ke muka bumi.


Lailatul qodar turun pertama kali pada malam ketika turunnya Al-quran (QS.Al-Iqro) lima belas abad yang lalu tepatnya pada bulan Ramadhan. Berdasarkan Firman Allah Swt pada:


1. Q. Surat Al Baqoroh 184 :


شـهرالرمضـان الذي أنزل فيه القـرأن هـدا للنـاس وبينـات من الهـدى والفـرقـان


Artinya : (Adalah) bulan ramadhan bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alqur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda antara hak dan batil.


2. Q.Surat Al Qodar : 1 :


إنا أنزلنـاه في ليـلة القـدر


Artinya : Sesungguhnya kami Telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan [Al Qodar : 1). 3. Q. Surat Ad Duhon : 3-5 :


إنا أنزلنـاه في ليـلة المـباركة إنا كنا منذرين فيهايفرق كل أمر حكيم أمرا من عـندنا


Artinya : Sesungguhnya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan Sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi kami.


Malam yang diberkahi ialah malam Al Quran pertama kali diturunkan. di Indonesia umumnya dianggap jatuh pada tanggal 17 Ramadhan. yang dimaksud dengan urusan-urusan di sini ialah segala perkara yang berhubungan dengan kehidupan manusia seperti: hidup, mati, rezki, untung baik, untung buruk dan sebagainya.


Kemuliaan lailatur qodar akan turun dan terjadi pada bulan ramadhan sepanjang masa (sampai hari kiamat nanti), berdasarkan teks dan informasi al-quran dan al sunah.


تـنزل المـلئكة والروح فيها


Artinya : “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan” (al Qodar : 4).


Menggunakan cgkata kerja (fiil mudhore) yang menunjukan masa sekarang dan masa akan (zaman mustaqbal) present tense, itu mengandung makna kesinambungan atau terjadinya sesuatu pada masa kini dan masa yang akan datang.

https://cgkata.blogspot.com/




Berdasarkan Hadis. sebagaimana yang diriwayatkan dari siti aisyah :


تحـروا ليـلة القـدر فى الوتـر من عشـر الأواخـر من رمــضان. رواه البخـاري


Artinya : pilihlah oleh kalian malam lailatur qodar pada bilangan ganjil dari 10 akhir bulan ramadhan. (HR. Bukhari).


Dan masih banyak lagi hadits dan riwayat yang menunjukkan adanya lailatul qodar pada setiap ramadhan terutama pada 10 akhir ramadhan.


Jadi lailatul qodar adalah : sebagaimana malam ketetapan Allah bagi perjalaan hidup manusia. Sebagaimana alquran turun pertama kali pada lailatur qodar untk mengatur dan menetapkan khitah dan strategi bagi Nabi-Nya Muhammad SAW guna mengajak manusia kepada agama yang benar yang pada ahirnya akan menetapkan perjalanan sejarah umat manusia ke depan.


Sehingga orang yang mendapatkan lailatur qodar akan menjadi mulia dan terhormat karena mendapatkan bimbingan dari para malaikat dan menjadi titik tolak dari segala kemuliaan yang dapat diraih baik bersifat ukhrowi maupun dunawi (Hikmatu Tasyri’, hal 244-245).


Jadi itulah pengertian lailatul qadar menurut istilah hakikat dan kemuliaannya dalam tulisan cgkata.blogspot.com semoga bermanfaat!!!

Post a Comment for "PENGERTIAN LAILATUL QADAR MENURUT ISTILAH DAN HAKIKATNYA"