TEMA DAN MAKNA LOGO HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL 20 DESEMBER 2021, BERIKUT SEJARAH SINGKATNYA

Cgkata: Berikut ini tema dan logo Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2021, lengkap dengan sejarah singkatnya.



Mengutip laman resmi kemensos.go.id Mari membaca tema dan makna logo Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2021 dalam artikel ini pada tulisan cgkata.blogspot.com - Berikut ini tema dan logo Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2021, lengkap dengan sejarah singkatnya.

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional diperingati dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.


Tahun ini, Hari Kesetiakawanan Sosial jatuh pada Senin, 20 Desember 2021.


Tema Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2021 adalah "Perkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera" guna menggalang rasa kesetiakawanan sosial melawan Covid-19.


Sebagai sambutan untuk Peringati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 20 Desember lengkap dengan sejarahnya atau sambutan Hari Sosial 20 Desember 2021, Berikut makna Tema, Logo dan kumpulan ucapan selamat menyertainya


Jadi sertakan juga ucapan Hari Sosial lalu bagikan dengan kawan-kawan pengunjung cgkata.blogspot.com

Baca: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL

SEJARAH HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL


Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) diperingati pada tanggal 20 Desember setiap tahunnya.


Dikutip dari buku pedoman HKSN k2ks.kemsos.go.id tanggal 20 Desember 1948 terjadi peristiwa bersejarah bersatunya seluruh lapisan masyarakat untuk mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan negara, atau sehari setelah tentara kolonial Belanda menyerbu dan menduduki ibukota negara Yogyakarta.


Seperti diketahui, Perang mempertahankan kemerdekaan yang terjadi dari tahun 1945 hingga tahun 1948 mengakibatkan permasalah sosial semakin bertambah jumlahnya. Kementerian Sosial menyadari bahwa untuk menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial tersebut diperlukan dukungan menyeluruh dari unsur masyarakat. Oleh sebab itu, maka pada bulan Juli 1949 di kota Yogyakarta, Kementerian Sosial mengadakan Penyuluhan Sosial bagi tokoh-tokoh masyarakat dan Kursus Bimbingan Sosial bagi Calon Sosiawan atau Pekerja Sosial, dengan harapan dapat menjadi mitra bagi pemerintah dalam menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial yang sedang terjadi.


Para Sosiawan atau Pekerja Sosial telah bekerja dengan jiwa dan semangat kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan serta kerelaan berkorban tanpa pamrih yang tumbuh di dalam masyarakat dapat diperkokoh, sehingga masyarakat dapat menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial yang timbul saat itu dalam rangka mencapai kesejahteraan sosial bagi masyarakat.


Nilai kesetiakawanan sosial yang telah tumbuh didalam masyarakat perlu dilestarikan dan diperkokoh. Begitu juga dengan kinerja dan persatuan para sosiawan atau pekerja sosial perlu ditingkatkan. Untuk hal tersebut, Kementerian Sosial berinisiatif membuat Lambang Pekerjaan Sosial dan Kode Etik atau Sikap Sosiawan. Lambang Pekerjaan Sosial dan Kode Etik Sosiawan diciptakan pada tanggal 20 Desember 1949, tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan peristiwa bersejarah bersatunya seluruh lapisan masyarakat untuk mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan negara, yaitu pada tanggal 20 Desember 1948, sehari setelah tentara kolonial Belanda menyerbu dan menduduki ibukota negara Yogyakarta. Maka tanggal tersebut oleh Kementerian Sosial dijadikan sebagai HARI SOSIAL.


Hari Sosial atau Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) diperingati pada tanggal 20 Desember setiap tahun sebagai rasa syukur dan hormat atas keberhasilan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam menghadapi ancaman bangsa lain yang ingin menjajah kembali bangsa kita.


Peringatan Hari Sosial atau Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tersebut merupakan upaya untuk mengenang, menghayati dan melakukan aksi dengan semangat persatuan, kesatuan, kegotong-royongan dan kekeluargaan rakyat Indonesia bahu membahu mengatasi permasalahan dalam mempertahankan kedaulatan bangsa atas pendudukan kota Yogyakarta sebagai Ibu Kota Republik Indonesia oleh tentara Belanda pada tahun 1948.


LOGO HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL 2021


Mari membaca tema dan makna logo Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional tahun 2021 dalam artikel ini pada tulisan cgkata.blogspot.com - Anda dapat mendownload format .ai, .JPG, .PNG, dan .SVG nya dari link unduhan https://kemensos.go.id/uploads/topics/16379085863515.zip


TEMA DAN LOGO HARI SOSIAL (HKSN)


Mengutip dari kemensos.go.id, Tema Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2021 adalah "Perkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera" guna menggalang rasa kesetiakawanan sosial melawan Covid-19.


Berikut ini makna logo Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN):
  • Genggaman Solidaritas. Genggaman yang solid seperti menjaga rasa saling percaya antar satu dan yang lainnya dengan menjunjung tinggi tujuan bersama
  • Sinergi dalam Perbedaan. Bercermin kepada slogan Bhineka Tunggal Ika, bahwasannya walaupun berbeda namun tetap satu jua. Seluruh kalangan baik dari yang muda maupun yang tua saling bersinergi di tengah perbedaan hingga dapat menciptakan gelombang semangat persatuan.
  • Menyongsong Satu Tujuan. Diantara keberagaman masyarakat Indonesia hanya ada satu tujuan konkret yang hendaknya diwujudkan secara bersama yaitu untuk terus mempertahankan keutuhan dan persatuan Indonesia.
  • Bersatu. Hendaknya untuk dapat mewujudkan segala cita-cita dan harapan bangsa yaitu dengan bersatu. Memiliki visi, misi, cita, dan asa yang satu dan mengedepankan kepentingan bersama daripada pribadi agar tujuan bersama dapat tercapai.



CGKATA UCAPAN HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL 20 DESEMBER 2021:

cgkata:: Selamat Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN)! 20 Desember 2021. Kita mampu atasi permasalahan sosial dengan wujudkan secara bersama yaitu untuk terus mempertahankan keutuhan dan persatuan Indonesia.


Selamat melaksanakan Bhakti Kesetiakawanan Sosial dengan Nilai moral yang terkandung dalam kesetiakawanan sosial.


Selamat memperingati Hari Nusantara, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, dan Hari Bela Negara. Bersama tumbuhkan jiwa dan semangat kebersamaan, kegotongroyongan, kekeluargaan serta kerelaan berkorban tanpa pamrih.


Bersama Genggaman Solidaritas, Sinergi dalam Perbedaan, Menyongsong Satu Tujuan, dan bersatu terus share/bagikan semangat Kesetiakawanan bersama https://cgkata.blogspot.com/

Post a Comment for "TEMA DAN MAKNA LOGO HARI KESETIAKAWANAN SOSIAL NASIONAL 20 DESEMBER 2021, BERIKUT SEJARAH SINGKATNYA"