Analisis SWOT

Memahami Bisnis Anda, Menginformasikan Strategi Anda

Cgkata


Apa itu Analisis SWOT?

SWOT adalah singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats, sehingga analisis SWOT adalah teknik untuk menilai keempat aspek bisnis Anda ini.


Analisis SWOT adalah alat yang dapat membantu Anda menganalisis serta mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sehingga mengerti apa yang terbaik yang dilakukan perusahaan Anda saat ini, dan menyusun strategi sukses untuk masa depan. SWOT juga dapat mengungkap area bisnis yang menghambat Anda, atau yang dapat dieksploitasi oleh pesaing Anda jika Anda tidak melindungi diri sendiri.


Analisis SWOT mengidentifikasi faktor internal dan eksternal – yaitu, apa yang terjadi di dalam dan di luar organisasi Anda. Jadi beberapa faktor ini akan berada dalam kendali Anda dan beberapa tidak. Apa pun kasusnya, tindakan paling bijak yang dapat Anda ambil sebagai tanggapan akan menjadi lebih jelas setelah Anda menemukan, mencatat, dan menganalisis sebanyak mungkin faktor.


Dalam artikel, video, dan infografis ini, kami di cgkata menjelaskan bagaimana mengeksplorasi cara melakukan analisis SWOT, dan cara menerapkan temuan Anda. Kami di cgkata.blogspot.com, juga menyertakan contoh kerja dan menurut pendapat para ahli untuk membantu Anda memulai analisis SWOT bagi perusahaan maupun di tempat kerja Anda sendiri.


Apa pentingnya analisis SWOT?

Analisis SWOT dapat membantu Anda menantang asumsi berisiko dan mengungkap titik ketidakjelasan yang berbahaya tentang kinerja organisasi Anda. Jika Anda menggunakannya dengan hati-hati dan kolaboratif, ini dapat memberikan wawasan baru tentang posisi bisnis Anda saat ini, dan membantu Anda mengembangkan strategi yang tepat untuk situasi apa pun.


Misalnya, Anda mungkin sangat menyadari beberapa Strength atau kekuatan organisasi Anda, tetapi sampai Anda mencatatnya bersama dengan Weakness dan Threats (ancaman), Anda mungkin tidak menyadari betapa sebenarnya Strength itu tidak dapat diandalkan.


Sama halnya, Anda mungkin memiliki kekhawatiran yang masuk akal tentang beberapa Weakness (kelemahan) bisnis Anda, tetapi dengan melakukan analisis secara sistematis, Anda dapat menemukan Opportunities (peluang), yang sebelumnya diabaikan, yang dapat memberikan lebih dari sekadar kompensasi.


Bagaimana Cara Melakukan Analisis SWOT yang benar?

Analisis SWOT bukan sekedar melibatkan pembuatan daftar – tetapi juga lebih dari itu! Saat Anda mulai menulis satu daftar (katakanlah, Strength atau kekuatan), proses pemikiran dan penelitian yang akan Anda lalui akan memunculkan ide untuk daftar lainnya (Kelemahan, Peluang, atau Ancaman). Dan jika Anda membandingkan daftar ini secara berdampingan, kemungkinan besar Anda akan melihat hubungan dan kontradiksi, yang ingin Anda soroti dan jelajahi.


Anda akan menemukan diri Anda sering berpindah-pindah di antara daftar Anda. Jadi, buat tugas menjadi lebih mudah dan efektif dengan menyusun empat daftar Anda bersama-sama dalam satu tampilan, yakni Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman).


Matriks SWOT adalah kisi 2x2, dengan satu kotak untuk masing-masing dari empat aspek SWOT. (Gambar 1 menunjukkan seperti apa tampilannya.) Setiap bagian diawali dengan beberapa pertanyaan untuk memulai pemikiran Anda.

Gambar 1. Matriks Analisis SWOT.


Strength (kekuatan)

Apa yang bisnis Anda lakukan dengan baik? Sumber daya unik apa yang dapat bisnis Anda manfaatkan? Apa yang dilihat bisnis orang lain sebagai kekuatan bisnis Anda?


Weakness (kelemahan)

Apa yang bisa bisnis Anda tingkatkan? Di mana bisnis Anda memiliki sumber daya lebih sedikit daripada bisnis yang lain? Apa yang cenderung dilihat bisnis orang lain sebagai kelemahan?


Opportunities (peluang)

Peluang apa yang terbuka untuk bisnis Anda? Tren pasar apa yang bisa bisnis Anda manfaatkan? Bagaimana bisnis Anda bisa mengubah Strength atau kekuatan Anda menjadi peluang?


Threats (ancaman)

Ancaman apa yang dapat merugikan bisnis Anda? Apa yang dilakukan pesaing bisnis Anda? Ancaman apa yang diungkapkan kelemahan bisnis Anda kepada usaha Anda?


Analisis SWOT Menurut Pendapat Para Ahli

Menurut Rangkuti (2016:10) Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), dan Threats (ancaman) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats).


Proses ini melibatkan gambaran penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal – yaitu, apa yang terjadi di dalam dan di luar organisasi Anda yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.


Bagaimana Cara Membuat Analisis SWOT yang benar

Hindari mengandalkan pendefinisian maupun pemahaman Anda sendiri yang sebagian tentang proyek, suatu spekulasi bisnis atau organisasi Anda. Asumsi dari pendefinisian Anda bisa saja salah. Saran terbaik Kami di cgkata.blogspot.com, sebaiknya juga kumpulkan tim bisnis dari berbagai fungsi dan level untuk membuat daftar pengamatan yang luas dan berwawasan.


Kemudian, setiap kali Anda mengidentifikasi Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), atau Threats (ancaman), tuliskan di bagian yang relevan dari kisi analisis SWOT untuk dilihat semua orang di tim.


Mari kita lihat setiap area dengan lebih detail dan pertimbangkan apa yang cocok di mana, dan pertanyaan apa yang dapat Anda ajukan sebagai bagian dari pengumpulan data bisnis Anda.


Strength (kekuatan)

Strength atau kekuatan adalah hal-hal yang dilakukan organisasi Anda dengan sangat baik, atau dengan cara yang membedakan Anda dari pesaing. Pikirkan tentang keunggulan yang dimiliki bisnis juga organisasi Anda dibandingkan organisasi lain. Ini mungkin motivasi staf Anda, akses ke bahan tertentu, atau serangkaian proses pembuatan yang kuat.


Kekuatan bisnis Anda merupakan bagian integral dari organisasi Anda, jadi pikirkan tentang apa yang membuatnya "bergerak". Apa yang bisnis Anda lakukan lebih baik daripada orang lain? Nilai apa yang mendorong bisnis Anda? Sumber daya unik atau berbiaya rendah apa yang dapat Anda manfaatkan yang tidak dapat digunakan orang lain? Identifikasi dan analisis strategi pemasaran organisasi Anda, dan tambahkan ini ke bagian Kekuatan.


Kemudian putar perspektif bisnis Anda dan tanyakan pada diri sendiri apa yang mungkin dilihat pesaing bisnis Anda sebagai Strength (kekuatan) bisnis Anda. Faktor apa yang membuat bisnis Anda mendapatkan penjualan di depan mereka?


Ingat, aspek apa pun dari bisnis dan organisasi Anda hanya merupakan kekuatan jika itu memberi Anda keuntungan yang jelas. Misalnya, jika semua pesaing bisnis Anda menyediakan produk berkualitas tinggi, maka proses produksi berkualitas tinggi bukanlah Strength (kekuatan) bisnis di pasar Anda: melainkan sebuah kebutuhan.


Weakness (kelemahan)

Weakness, seperti halnya kekuatan, adalah fitur yang melekat pada bisnis Anda, jadi fokuslah pada orang, sumber daya, sistem, dan prosedur Anda. Pikirkan tentang apa yang dapat bisnis Anda tingkatkan, dan jenis praktik yang harus Anda hindari.


Sekali lagi, bayangkan (atau cari tahu) bagaimana orang lain di pasar Anda melihat bisnis Anda. Apakah mereka memperhatikan Weakness (kelemahan) yang cenderung tidak Anda sadari? Luangkan waktu untuk mengidentifikasi bagaimana dan mengapa pesaing bisnis Anda melakukan lebih baik daripada bisnis Anda. Apa kekurangan bisnis dan organisasi Anda?


Saran terbaik Kami di cgkata! Analisis SWOT hanya akan berharga jika Bisnis Anda mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan. Jadi, yang terbaik adalah bersikap realistis sekarang, dan menghadapi kebenaran yang tidak menyenangkan sesegera mungkin.


Opportunities (peluang)

Peluang adalah opportunity atau peluang untuk sesuatu yang positif terjadi, tetapi bisnis Anda harus mengklaimnya sendiri!


Opportunities tersebut biasanya muncul dari situasi di luar bisnis Anda, dan memerlukan pengawasan terhadap apa yang mungkin terjadi di masa depan. Opportunities mungkin muncul sebagai perkembangan di pasar yang Anda layani, atau dalam teknologi yang bisnis Anda gunakan. Mampu menemukan dan mengeksploitasi peluang dapat membuat perbedaan besar pada kemampuan organisasi Anda untuk bersaing dan memimpin di pasar Anda.


Pikirkan tentang opportunity (peluang) bagus yang dapat bisnis Anda manfaatkan segera dari Tren pasar. Opportunity dalam analisis swot adalah bisa diartikan bahwa tidak perlu menjadi pengubah strategi: bahkan keuntungan kecil pun dapat meningkatkan daya saing organisasi juga bisnis Anda. Tren pasar menarik apa yang Anda ketahui, besar atau kecil, yang dapat berdampak?


Anda juga harus waspada terhadap perubahan kebijakan pemerintah terkait bidang bisnis Anda. Dan perubahan pola sosial, profil populasi, dan gaya hidup semuanya dapat memberikan Opportunities (peluang) menarik.


Threats (ancaman)

Ancaman mencakup segala sesuatu yang dapat berdampak negatif terhadap bisnis Anda dari luar, seperti masalah rantai pasokan, perubahan persyaratan pasar, atau kekurangan rekrutan. Sangat penting untuk mengantisipasi ancaman dan mengambil tindakan terhadapnya sebelum Anda menjadi korbannya dan pertumbuhan bisnis Anda terhenti.


Pikirkan tentang hambatan yang Anda hadapi dalam memasarkan dan menjual produk bisnis Anda. Anda mungkin memperhatikan bahwa standar kualitas atau spesifikasi untuk produk bisnis Anda berubah, dan Anda harus mengubah produk tersebut jika ingin tetap memimpin. Teknologi yang berkembang adalah ancaman yang selalu ada, sekaligus Opportunities (peluang)!


Selalu pertimbangkan apa yang dilakukan pesaing bisnis Anda, dan apakah Anda harus mengubah penekanan bisnis Anda untuk menghadapi tantangan. Tapi ingat bahwa apa yang pesaing lakukan mungkin bukan hal yang tepat untuk Bisnis Anda lakukan. Jadi, hindari menyalinnya tanpa mengetahui bagaimana hal itu akan meningkatkan posisi bisnis dan organisasi Anda.


Pastikan untuk mengeksplorasi apakah organisasi Anda secara khusus dihadapkan pada tantangan eksternal. Apakah Anda memiliki masalah utang buruk atau arus kas, contohnya, yang dapat membuat bisnis Anda rentan terhadap perubahan kecil sekalipun di tren pasar Anda? semua ini adalah jenis Threats maupun ancaman yang dapat merusak bisnis Anda secara serius, jadi waspadalah sahabat cgkata.blogspot.com.


Soal Yang Sering Ditanyakan Tentang Analisis SWOT

1. Siapa Penemu Analisis SWOT?

Banyak orang mengaitkan teori Analisis SWOT dengan Albert S. Humphrey. Namun, ada beberapa perdebatan para ahli dan pakar tentang pencetus alat tersebut, seperti yang dibahas dalam beberapa jurnal penelitian sebuah bisnis.


2. Apa Kepanjangan Analisis SWOT?

Analisis SWOT adalah akronim atau singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats.


3. Untuk Apa Analisis SWOT Digunakan?

Analisis SWOT adalah alat yang berguna untuk membantu Anda menentukan posisi organisasi dan bisnis Anda di pasar. Bisnis Anda kemudian dapat menggunakan informasi ini untuk membuat strategi informasi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bisnis Anda.


4. Bagaimana Cara Melakukan Analisis SWOT yang benar?

Untuk melakukan analisis SWOT, pertama-tama Anda harus membuat kisi matriks 2x2. Setiap kotak kemudian ditugaskan ke salah satu dari empat aspek SWOT. Anda dapat menggambar kisi ini sendiri atau menggunakan contoh berdasarkan pendapat Para Ahli, misalnya menurut Rangkuti (2016:10).


5. Apa Kesalahan dalam membuat Analisis SWOT Terbesar?

  • Membuat daftar Anda terlalu panjang. Tanyakan pada diri Anda sendiri apakah ide-ide Anda dapat diwujudkan seiring berjalannya waktu.
  • Menjadi kabur. Lebih spesifik untuk memberikan lebih banyak fokus untuk diskusi selanjutnya.
  • Tidak melihat kelemahan (Weakness). Pastikan untuk bertanya kepada pelanggan dan rekan tim apa yang mereka alami dalam kehidupan nyata.
  • Tidak berpikir ke depan. Sangat mudah untuk memunculkan ide-ide bagus tanpa membawanya ke kesimpulan logisnya. Selalu pertimbangkan dampak praktisnya.
  • Menjadi tidak realistis. Jangan merencanakan secara detail untuk peluang yang belum ada. Contohnya, tren pasar ekspor yang Anda incar mungkin tersedia di beberapa titik, tetapi negosiasi perdagangan untuk membukanya bisa memakan waktu bertahun-tahun.
  • Mengandalkan Analisa SWOT saja. Analisis SWOT sangat berharga. Namun bila Bisnis dan organisasi Anda menggunakannya bersama alat analisis-analisis perencanaan lainnya, tujuannya supaya hasilnya akan lebih kuat.



Bagaimana Cara Menggunakan Analisis SWOT

Gunakan Analisis SWOT untuk menilai posisi organisasi dan bisnis Anda saat ini sebelum Anda memutuskan strategi baru. Cari tahu apa yang bekerja dengan baik, dan apa yang tidak begitu baik. Tanyakan pada diri Anda ke mana bisnis Anda ingin pergi dalam mecapai tujuannya, bagaimana Anda bisa sampai di sana – dan apa yang mungkin menghalangi bisnis Anda.


Setelah organisasi dan bisnis Anda memeriksa keempat aspek SWOT, Anda pasti ingin membangun Strength (kekuatan) Anda, meningkatkan area yang lebih Weakness (lemahan), mencegah segala Threats (ancaman), dan memanfaatkan setiap Opportunities (peluang). Bahkan, Bisnis Anda mungkin akan dihadapkan pada daftar panjang tindakan potensial.


Tetapi sebelum Anda melanjutkan, pastikan untuk mengembangkan ide Bisnis Anda lebih jauh. Cari koneksi potensial antara kuadran matriks Bisnis Anda. Contohnya, dapatkah Anda menggunakan beberapa Strength (kekuatan) Anda untuk membuka Opportunity (peluang) lebih lanjut? Dan, akankah lebih banyak contoh opportunity dalam swot tersedia dengan menghilangkan beberapa Weakness Bisnis Anda?


Terakhir saran oleh tim Cgkata, inilah waktunya untuk memangkas dan memprioritaskan ide Bisnis Anda dengan sulit, sehingga Anda dapat memfokuskan waktu dan uang pada ide yang paling signifikan dan berdampak. Perbaiki setiap poin untuk membuat perbandingan Anda lebih jelas. Sebagai contoh, hanya terima pernyataan yang tepat dan dapat diverifikasi seperti, "Keuntungan biaya sebesar Rp 30 juta/ton dalam pengadaan bahan mentah x", daripada, "Nilai uang yang lebih baik".


Ingatlah untuk menerapkan pembelajaran bisnis Anda pada tingkat yang tepat di perusahaan dan organisasi Anda. Contohnya, pada tingkat produk atau lini produk, bukan pada tingkat keseluruhan perusahaan yang jauh lebih kabur. Dan gunakan analisis SWOT Anda bersama alat strategi lainnya (Misalnya, Analisis Kompetensi Inti), sehingga Bisnis Anda mendapatkan gambaran menyeluruh tentang situasi yang Anda hadapi.


Analisis SWOT Menurut Contoh penggunaannya

Bayangkan skenario ini: sebuah konsultan start-up kecil menginginkan gambaran yang jelas tentang situasinya saat ini, untuk memutuskan strategi pertumbuhan di masa depan. Tim berkumpul, dan menyusun Analisis SWOT bisnis yang ditunjukkan pada Gambar 2.

Gambar 2. Analisis SWOT Lengkap.


Kekuatan

Apa yang bisnis Anda lakukan dengan baik? Sumber daya unik apa yang dapat bisnis Anda manfaatkan? Apa yang dilihat bisnis orang lain sebagai strength (kekuatan) bisnis Anda?
  • Kita dapat merespons dengan sangat cepat karena kita tidak memiliki birokrasi, dan tidak memerlukan persetujuan manajemen yang lebih tinggi.
  • Kita dapat memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, karena jumlah pekerjaan yang sedikit saat ini berarti kita memiliki banyak waktu untuk dicurahkan kepada pelanggan.
  • Konsultan utama kita memiliki reputasi yang kuat di pasar.
  • Kita dapat mengubah arah dengan cepat jika kita menemukan bahwa pemasaran kita tidak berfungsi.
  • Kita memiliki biaya overhead yang rendah, sehingga kita dapat menawarkan nilai yang baik kepada pelanggan.



Kelemahan

Apa yang bisa bisnis Anda tingkatkan? Di mana bisnis Anda memiliki sumber daya lebih sedikit daripada bisnis yang lain? Apa yang cenderung dilihat bisnis orang lain sebagai Weakness (kelemahan)?
  • Perusahaan juga bisnis kita memiliki kehadiran atau reputasi pasar yang kecil.
  • Kita memiliki staf sedikit, dengan basis keterampilan yang dangkal di banyak bidang.
  • Kita rentan terhadap staf penting yang sakit atau keluar.
  • Arus kas Perusahaan juga bisnis kita tidak akan dapat diandalkan pada tahap awal.



Peluang

Peluang apa yang terbuka untuk bisnis Anda? Tren pasar apa yang bisa bisnis Anda manfaatkan? Bagaimana bisnis Anda bisa mengubah Strength atau kekuatan Anda menjadi Opportunities (peluang)?
  • Sektor bisnis kita berkembang, dengan banyak peluang sukses di masa depan.
  • Pemerintah daerah ingin mendorong bisnis lokal.
  • Pesaing kita mungkin lambat mengadopsi teknologi baru.



Ancaman

Ancaman apa yang dapat merugikan bisnis Anda? Apa yang dilakukan pesaing bisnis Anda? threats (ancaman) apa yang diungkapkan Weakness bisnis Anda kepada usaha Anda?
  • Perkembangan teknologi dapat mengubah pasar ini di luar kemampuan kita untuk beradaptasi.
  • Perubahan kecil dalam fokus pesaing besar dapat menghapus posisi pasar apa pun yang kita raih.



Sebagai hasil dari analisis tim, jelas bahwa kekuatan utama konsultan terletak pada ketangkasan, keahlian teknis, dan biaya overhead yang rendah. Ini memungkinkan untuk menawarkan layanan pelanggan yang sangat baik ke basis klien yang relatif kecil.


Weakness atau kelemahan perusahaan juga berkaitan dengan ukurannya. Perlu berinvestasi dalam pelatihan, untuk meningkatkan basis keterampilan staf kecil. Weakness dalam analisis swot adalah juga harus fokus pada retensi, sehingga tidak kehilangan anggota tim utama.


Ada peluang dalam menawarkan layanan yang cepat tanggap dan bernilai baik untuk bisnis lokal dan organisasi pemerintah lokal. Perusahaan kemungkinan dapat menjadi yang pertama memasarkan produk dan layanan baru, mengingat para pesaingnya adalah pengadopsi yang lambat.


Ancaman membutuhkan konsultan untuk tetap up-to-date dengan perubahan teknologi. Ia juga perlu mengawasi pesaing terbesarnya, mengingat kerentanannya terhadap perubahan skala besar di pasarnya. Untuk mengatasi hal ini, bisnis perlu memfokuskan pemasarannya pada situs web industri terpilih, untuk mendapatkan kehadiran pasar sebesar mungkin dengan anggaran iklan yang kecil.


Infografis Analisis SWOT

Lihat post Analisis SWOT yang terwakili dalam infografis cgkata.blogspot.com:



Kesimpulan

Analisis SWOT dapat membantu Anda menganalisis serta mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan dan bisnis Anda saat ini.


Alat ini memandu bisnis Anda untuk membangun apa yang Anda lakukan dengan baik, mengatasi kekurangan maupun Weakness (kelemahan) Anda, memanfaatkan celah baru, dan meminimalkan risiko.


Terapkan Analisis SWOT untuk menilai posisi perusahaan dan organisasi Anda sebelum Anda memutuskan strategi bisnis yang baru.


Gunakan matriks SWOT untuk mendorong penelitian Anda dan mencatat ide-ide bisnis Anda. Hindari membuat daftar saran besar maupun melebar. Buat sespesifik mungkin, dan jujurlah tentang Weakness (kelemahan) Anda.


Bersikaplah realistis dan teliti. Pangkas dan prioritaskan ide Anda, untuk memfokuskan waktu dan uang pada tindakan dan solusi yang paling signifikan dan berdampak. Lengkapi penggunaan SWOT Anda dengan alat-alat analisis lain.


Berkolaborasi dengan tim bisnis dari seluruh perusahaan. Ini akan membantu mengungkap gambaran yang lebih akurat dan jujur.


Cari tahu apa yang bekerja dengan baik, dan apa yang tidak begitu baik. Tanyakan pada diri Anda ke mana Anda ingin tuju, soroti dan jelajahi, bagaimana Anda bisa sampai di sana – dan apa yang mungkin menghalangi Anda.


Anda dapat menggambar kisi ini sendiri atau menggunakan contoh analisis swot usaha berdasarkan pendapat Para Ahli.


Anda bisa mencoba menulis, melihat manfaat analisis swot bagi perusahaan dengan mencoba 1 bahkan 2 kali sebelum mempraktekannya bersama tim kerja Anda.

Post a Comment for "Analisis SWOT"