PRAMUKA : UCAPAN & KATA BIJAK TENTANG ANAK PRAMUKA

CGKATA : Kepramukaan adalah kegiatan menyenangkan di sekolah dengan tujuan, diarahkan untuk membantu anak laki-laki dan perempuan menjadi warga negara yang bahagia, sehat, dan bermanfaat. Secara umum, pramuka merupakan pendidikan seumur hidup dimana kepramukaan melengkapi sekolah dan keluarga, mengisi kebutuhan juga tidak terpenuhi. Adapun tujuan kegaiatn kepramukaan mengembangkan pengetahuan diri dan kebutuhan untuk mengeksplorasi, menemukan, dan ingin tahu. Anak Pramuka menemukan dunia di luar ruang kelas, memanfaatkan keterampilan orang lain untuk belajar dan menjadi orang yang berpengetahuan luas. Selain itu, anak-anak dengan kegiatan kepramukaan melalui bersenang-senang dengan Tujuan.


Melalui rekreasi, Kepanduan, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka (dalam bahasa Inggris: scout) mencapai tujuannya untuk membantu kaum muda berkembang secara fisik, intelektual, sosial, dan spiritual bukan hanya ucapan. Dalam pengertian secara umum, kepramukaan adalah tentang membangun kepercayaan diri dan harga diri, mempelajari keterampilan hidup yang penting dan keterampilan kepemimpinan, membangun tim, petualangan di luar ruangan, pendidikan, dan kesenangan bahkan melalui Kepanduan anak-anak belajar bagaimana membuat pilihan yang baik dan mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka sehingga mereka siap untuk kehidupan dewasa mereka sebagai orang yang mandiri.


Menurut ahli sekaligus penulis kepanduan Liam Morland mengatakan bahwa Ada asosiasi dan cabang Pramuka di lebih dari 216 negara dan wilayah. Kepanduan atau Kepramukaan tidak pernah berhenti tumbuh sejak didirikan pada tahun 1907. Saat ini ada lebih dari 25 juta Kepanduan. Lebih dari 300 juta orang telah menjadi anggota dalam lebih dari 90 tahun sejak Kepanduan didirikan. Sementara Kepramukaan disesuaikan dengan kebutuhan dan budaya setempat, Tujuan, Prinsip, dan Metodenya adalah sama di seluruh dunia.


Morland mengatakan tujuan kepanduan dicapai dengan menggunakan Metode Kepramukaan, yang merupakan sistem pendidikan mandiri progresif melalui:
  • Janji dan Hukum - Membuat komitmen pribadi.
  • Belajar sambil melakukan - Partisipasi aktif dengan orang lain. Peluang untuk pengalaman baru.
  • Keanggotaan kelompok kecil - Di pondok-pondok, enam, atau patroli untuk mengembangkan kepemimpinan, keterampilan kelompok, dan tanggung jawab individu.
  • Program progresif dan merangsang - Kegiatan progresif berdasarkan minat kaum muda. Aktivitas yang berhubungan dengan alam, lingkungan belajar yang kaya di mana kesederhanaan, kreativitas, dan penemuan bersatu untuk memberikan petualangan dan tantangan.

Di Indonesia sendiri, Pramuka (akronim Praja Muda Karana;) merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga, Pramuka Penggalang, Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega. Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan, Pelatih, Pamong Saka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing. Seorang Pramuka harus telah dilantik menjadi anggota Gerakan Pramuka dengan mengucapkan satya (janji) pramuka.


Pramuka merupakan sebuah kegiatan organisasi pendidikan non formal yang memiliki konsep yang baik dan tersusun rapi. Selain itu, pramuka juga memberikan manfaat yang besar kepada anak baik secara langsung ataupun tidak langsung. Tidak heran lagi jika Pramuka sekarang digalakkan di sekolah dan dipandang sebagai kegiatan yang bagus bagi anak dan merupakan kebutuhan bagi anak



PENGERTIAN PRAMUKA

Untuk referensi anak cgkata Pramuka akronim Praja Muda Karana; bahwa kegiatan menyenangkan di sekolah dengan tujuan ini memiliki beragam pengertian baik secara umum maupun pendapat dari para pakar atau ahli berikut penjelasan tentang kata Kepramukaan, Gerakan Pramuka dan kepanduan.

Cgkata : Pengertian menurut para atau pakar:

1. Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2014 mendefiniskan bahwa pengertian pramuka adalah proses pendidikan yang menyenangkan bagi anak muda, di bawah tanggung jawab anggota dewasa, yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan keluarga, dengan tujuan, prinsip dasar dan metode pendidikan tertentu.

2. Menurut Joko Mursitho Tahun 2010

Joko Mursitho Tahun 2010 mendefiniskan bahwa pengertian pramuka adalah proses pendidikan yang dilakukan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, dan praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk watak peserta didik.

3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Diakses Tahun 2019

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Diakses Tahun 2019 mendefiniskan bahwa pengertian pramuka adalah akronim Praja Muda Karana; organisasi untuk pemuda yang mendidik para anggotanya dalam berbagai keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling menolong, dan sebagainya anggota organisasi pramuka:  membentuk anak (pemuda) yang masih berkembang menjadi warga negara yang berbudi luhur; pandu;

Cgkata : Pengertian secara umum:

Pramuka secara umum adalah latihan yang ditujukan untuk pendidikan di luar sekolah dan lingkungan rumah. Dalam pengertian kegiatan kepramukaan merupakan kegiatan kepanduan Kepanduan anak-anak belajar bagaimana membuat pilihan yang baik dan mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka sehingga mereka siap untuk kehidupan dewasa mereka sebagai orang yang mandiri di sekolah maupun lingkungan sehari-hari. Hari pramuka Indonesia Jatuh pada tanggal 14 Agustus setiap tahun.



UCAPAN DAN KATA BIJAK TENTANG ANAK PRAMUKA

Ucapan Bijak Tentang Kepramukaan Dari Baden-Powell:

Berikut cgkata kutipan ucapan kebijaksanaan dari Lord Robert Baden-Powell, pendiri Kepramukaan.

1. "Anak lelaki yang ingin segera bergabung untuk memulai Kepramukaan."

petualangan di luar ruangan, pendidikan, dan kesenangan bahkan melalui Kepanduan anak-anak belajar bagaimana membuat pilihan yang baik dan mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka sehingga mereka siap untuk kehidupan dewasa mereka sebagai orang yang mandiri karena ini adalah janji yang dibuat untuk seorang anak laki-laki ketika dia bergabung dengan Kepramukaan salah satu contohnya perkemahan, Jambore penuh dengan petualangan! Jadi jangan tunda meminta Pramuka untuk mengalami petualangan Kepramukaan.


2. "Satu hari kehidupan di perkemahan sangat bernilai dibanding pengajaran teoretis di ruang kelas berhari-hari."

Belajar dengan melakukan adalah ciri khas dari kegiatan Kepramukaan. Pertemuan pasukan menawarkan informasi dan pengetahuan yang digunakan pada petualangan di luar ruang kelas. Seorang pemimpin dapat menggambarkan dan mendemonstrasikan keterampilan Kepramukaan pada suatu rapat, tetapi cara Pramuka benar-benar mempelajari keterampilan luar adalah dengan melakukannya sendiri. Jambore menyediakan berhari-hari menjalani kegiatan Kepanduan!



Kata Ucapan Selamat Hari Pramuka:

Anak Pramuka akan merayakan Hari Kepanduan Dunia pada hari Kamis, 22 Februari 2019 sedangkan Hari lahir (Harlah) pramuka Indonesia Jatuh pada tanggal 14 Agustus setiap tahun. Semua anggota Pramuka di sekolah akan mengenakan seragam Pramuka mereka ke sekolah pada hari itu.


Pesan dari kata-kata untuk mengucapkan selamat hari pramuka Nasional tentu akan banyak ditemukan dalam status Facebook, Caption Instagram, WhatsApp sebagai kata-kata ucapan selamat Harlah untuk Hari Ulang Tahun (HUT) Kepramukaan Indonesia pada hari Rabu, 14 Agustus 2019.


Hidup adalah semua tentang menetapkan tujuan dan memenuhi mereka, dan Kepramukaan merupakan kegiatan menyenangkan di sekolah dengan tujuan, diarahkan untuk membantu anak laki-laki dan perempuan menjadi warga negara yang bahagia, sehat, dan bermanfaat ..... cgkata mengucapkan Selamat Hari Lahir (Harlah) pada Hari Pramuka Nasional.




Peringatan dan perayaan Hari Pramuka Nasional Indonesia adalah pengingat yang terbaik juga keren bahwa jika kita memutuskan bahwa kita bisa, maka kita pasti dapat mencapai apa yang kita impikan.





Kekuatan tidak datang dari fisikmu tetapi itu datang dari kekuatan pikiran dan hatimu ... Selamat dan Dirgahayu untuk Hari Pramuka Nasional.





cgkata mengucapkan salam hangat pada Hari Pramuka Nasional buat setiap kakak pembina yang keren, cantik, lucu serta anak-anak anggota pramuka yang percaya pada dirinya sendiri karena memiliki kekuatan untuk mewujudkannya dengan kekuatannya.





Rangkul semua orang karena mereka adalah keluargamu
Rangkul mereka dengan yang baik dan buruk
Selamat Merayakan Hari Pramuka Nasional Indonesia 14 Agustus.





Keberhasilan dan kegagalan keduanya memiliki sesuatu untuk diajarkan dan anak-anak Pramuka memberi tahu kita bahwa kita bisa.





Kepositifan dari Kepanduan, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka (dalam bahasa Inggris: scout) adalah kekuatan anak-anak menuju keberhasilannya .. Selamat Memperingati Hari Pramuka Nasional Indonesia 14 Agustus untuk Harlah Praja Muda Karana





Jika kamu telah mengucapkan satya (janji) pramuka, setengah dari pekerjaan Gerakan Pramuka selesai .... Yang perlu kamu lakukan adalah bekerja keras menepati Tri Satya dan Dasa Dharma .... Dirgahayu Pramuka Indonesia 14 Agustus pada Peringatan Hari Pramuka Nasional.


Kata-kata Mutiara tentang Ucapan Anak Pramuka di Hari Pramuka:

Di Hari Ulang Tahun (HUT) Kepramukaan Indonesia pada hari Rabu, 14 Agustus 2019 selain ucapan anak pramuka tentu terdapak kata-kata lucu, kata-kata mutiara gokil tentang anak-anak pramuka hingga kakak pembina, seperti contoh cgkata berikut.


anak laki-laki dan perempuan dengan kegiatan pramuka penuh inspirasi ... Mereka tidak hanya mengajari kita untuk sukses tetapi juga menerima kegagalan dengan senyum ... Selamat Hari Pramuka Nasional."





Hari Pramuka Nasional mengingatkan kita untuk mengambil inspirasi dari anak-anak pramuka yang memiliki pikiran juga tekad kuat.





Setiap anak perempuan dan laki-laki adalah pahlawan dalam beberapa cara dan pantas dihormati.




Kamu belajar menjalani hidup dengan cara yang benar ketika kamu menjadi seorang anak pramuka."

PRAMUKA : UCAPAN & KATA BIJAK TENTANG ANAK PRAMUKA




KESIMPULAN PRAMUKA : UCAPAN & KATA BIJAK TENTANG ANAK PRAMUKA

Melalui rekreasi, Kepanduan, Kepramukaan dan Gerakan Pramuka berarti akan menjadi kegiatan menyenangkan di sekolah dengan tujuan, diarahkan untuk membantu anak laki-laki dan perempuan menjadi warga negara yang bahagia, sehat, dan bermanfaat.


14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Nasional yang merupakan bagian dari Pekan Pramuka Indonesia. Jadikan hari ini perayaan dengan anak-anak lucu melalui quotes bijak, ucapan dan kata-kata mutiara anak pramuka termamsuk pesan untuk dibagikan dengan anak muda Praja Muda Karana yang menginspirasi di Indonesia.






Penulis blogger Indonesia cgkata.blogspot.com:

DAFTAR PUSTAKA:

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pramuka (web). Diakses 18 Juli 2019.


Liam Morland, Liam. (May 2002). "What is Scouting?" (web). Scoutdocs (self-published source). Diakses 18 Juli 2019.

Mursitho, Joko. 2010. Upaya Menumbuhkan Karakter Bangsa melalui Kegiatan Kepramukaan di Sekolah. Jakarta: Lemdikanas


Post a Comment for "PRAMUKA : UCAPAN & KATA BIJAK TENTANG ANAK PRAMUKA"