HARI PERAWAT NASIONAL 2022

cgkata.blogspot.com: 17 Maret setiap tahun diperingati sebagai Hari Perawat Nasional oleh masyarakat khusunya dunia Kedokteran Indonesia. Tema Hari Perawat Nasional 2022 adalah “Perawat Bersama Rakyat Menuju Bangsa Sehat Bebas dari Covid-19”.


Tema HUT Ke-48 PPNI ini bertujuan sebagai harapan bahwa perawat sebagai profesi dapat memberikan pelayanan keperawatan kepada seluruh rakyat Indonesia sesuai kompetensi dan memenuhi standar praktik keperawatan berdasarkan cita-cita luhur, niat yang murni untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat tanpa membeda-bedakan dalam memenuhi perannya sebagai pemberi pelayanan keperawatan. Dalam pengertian secara umum, bahwa perawat yang hebat adalah perawat yang terampil, cerdas, komunikatif, serta dapat menjalankan tugas peran dan fungsinya dengan baik sesuai kode etik keperawatan.

https://cgkata.blogspot.com/
Gambar kata mutiara Hari Ulang Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia (HUT Ke 48 PPNI 2022)




SEJARAH HARI PERAWAT NASIONAL

Asal-usul Peringatan Hari Perawat Nasional dapat ditelusuri berdasarkan berdirinya organisasi PPNI (singkatan dari: Persatuan Perawat Nasional Indonesia) pada 17 Maret 1974 dengan latar belakang kebulatan tekad spirit yang sama dicetuskan oleh perintis perawat bahwa tenaga keperawatan harus berada pada wadah / organisasi nasional baik dalam fusi dan federasi. Tekad tersebut menjadi awal secara resmi lahirnya Organisasi Profesi Keperawatan di Indonesia skala Nasional. Hari Perawat Nasional bersama dirayakannya ulang tahun (HUT) PPNI pada tahun 1974 dan hingga hari ini setiap tahun 17 Maret diperingati sebagai Hari Perawat Nasional.


Hari Perawat Nasional bertujuan untuk untuk mengembangkan, mengembangkan dan meningkatkan praktik keperawatan yang aman, kompeten, berkualitas dan profesional bagi masyarakat Indonesia.


PERAWAT DALAM PERAN DAN FUNGSI DI INDONESIA

PERAN PERAWAT

Pengertian Peran Perawat adalah tingkah laku yg diharapkan oleh orang lain pada seseorang sesuai dengan kedudukan dalam system, di mana bisa dipengaruhi oleh kondisi sosial baik dari profesi perawat ataupun dari luar profesi keperawatan yang bersifat konstan.


Menurut Konsorsium Ilmu Kesehatan tahun 1989, Perawat memiliki peran penting dalam pelayanan kesehatan. Adapun peran-perannya adalah:
  1. Sebagai Pemberi asuhan keperawatan. Profesi ini memperhatikan keadaan kebutuhan dasar manusia yang dibutuhkan melalui pemberian pelayanan keperawatan dengan menggunakan proses keperawatan, dari yang sederhana hingga kompleks.
  2. Sebagai Advokat pasien / klien. Profesi ini menginterprestasikan berbagai info dari pemberi pelayanan atau informasi lain khususnya dalam pengambilan persetujuan atas tindakan keperawatan yang diberikan pada pasien termasuk dalam mempertahankan dan melindungi hak-hak pasien.
  3. Sebagai Pendidik / Edukator. Profesi ini membantu klien dalam meningkatkan tingkat pengetahuan kesehatan, gejala penyakit bahkan tindakan yang diberikan, maka terjadi perubahan perilaku dari klien sesudah dilakukan pendidikan kesehatan.
  4. Sebagai Koordinator. Profesi ini mengarahkan, merencanakan serta mengorganisasi pelayanan kesehatan dari tim kesehatan sehingga pemberian pelayanan kesehatan bisa terarah serta tepat dengan kebutuhan klien.
  5. Sebagai Kolaborator. Profesi dari Peran ini dilakukan lantaran perawat bekerja melalui tim kesehatan yang terdiri dari dokter, fisioterapis, ahli gizi dan lain-lain berusaha mengidentifikasi pelayanan keperawatan yg diperlukan termasuk diskusi atau tukar pendapat dalam penentuan bentuk pelayanan selanjutnya.
  6. Sebagai Konsultan. Profesi ini sebagai tempat konsultasi terhadap masalah atau tindakan keperawatan yg sesuai untuk diberikan. Peran ini dilakukan atas permintaan klien terhadap informasi mengenai tujuan pelayanan keperawatan yang diberikan.
  7. Sebagai Peneliti. Profesi keperawatan ini memiliki fungsi mengadakan perencanaan, kerja sama, perubahan yang sistematis dan terarah sesuai dengan metode pemberian pelayanan keperawatan.


https://cgkata.blogspot.com/
Gambar kata mutiara Hari Ulang Tahun Persatuan Perawat Nasional Indonesia (HUT Ke 46 PPNI 2020)


FUNGSI PERAWAT

Pengertian Fungsi Perawat adalah sebuah pekerjaan yg dilakukan sesuai dengan perannya. Fungsi tersebut akan berubah disesuaikan dengan kondisi yang ada.


Perawat memiliki fungsi penting dalam pelayanan kesehatan. Adapun fungsi-fungsinya adalah:
  1. Fungsi Independen. Dalam fungsi ini, tindakan perawat tak memerlukan perintah dokter. Tindakan perawat bersifat mandiri, berdasarkan pada ilmu keperawatan. Perawat bertanggung jawab terhadap akibat yang timbul dari tindakan yang diambil. Contoh : melakukan pengkajian.
  2. Fungsi Dependen. Profesi ini membantu dokter memberikan pelayanan pengobatan dan tindakan khusus yang menjadi wewenang dokter dan seharusnya dilakukan dokter, seperti pemasangan infus, pemberian obat, dan melaksanakan suntikan. Oleh sebab itu, setiap kegagalan tindakan medis menjadi tanggung jawab dokter.
  3. Fungsi Interdependen. Profesi keperawatan ini berfungsi melakukan tindakan perawat berdasar pada kerja sama dengan tim perawatan atau tim kesehatan. Contoh : untuk menangani ibu hamil yang menderita diabetes, perawat bersama tenaga gizi berkolaborasi membuat rencana buat menentukan kebutuhan makanan yang diperlukan bagi ibu dan perkembangan janin.


Baca juga SEJARAH SINGKAT HARI TERBENTUKNYA PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA

17 Maret diperingati sebagai Hari Perawat Nasional sekaligus HUT PPNI sebagai harapan bahwa perawat sebagai profesi dapat memberikan pelayanan keperawatan kepada seluruh rakyat Indonesia sesuai kompetensi dan memenuhi standar praktik keperawatan berdasarkan cita-cita luhur, niat yang murni untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat tanpa membeda-bedakan dalam memenuhi perannya sebagai pemberi pelayanan keperawatan


Akhir tulisan cgkata.blogspot.com menyampaikan ucapan selamat Dirgahayu ke-48 untuk HUT PPNI dan Selamat Hari Perawat Nasional Indonesia, 2022 17 Maret!!!