HARI PUISI SEDUNIA (21 MARET)

cgkata.blogspot.com: 21 Maret diperingati atau dirayakan sebagai Hari Puisi Sedunia (dalam bahasa Inggris: world poetry day) setiap tahun. Untuk Tahun 2020, 21 Maret adalah sambutan peringatan sebagai Hari Puisi Sedunia sedang sambutan peringatan sebagai Hari Puisi Nasional jatuh pada tanggal 28 April 2022.


Beragam Tema Hari Puisi Sedunia diangkat ini sangat mengandung makna mendalam tujuan untuk mempromosikan pembacaan, penulisan, penerbitan dan pengajaran puisi di seluruh dunia dan seperti yang katakan dalam deklarasi UNESCO, untuk "memberikan pengakuan dan dorongan segar bagi gerakan puisi nasional, regional dan internasional.


Mengutip kata-kata mutiara PBB yang menyatakan bahwa Peringatan Hari Puisi Sedunia juga dimaksudkan untuk mendorong kembalinya tradisi lisan resital puisi, untuk mempromosikan pengajaran puisi, untuk mengembalikan dialog antara puisi dan seni lainnya seperti teater, tari, musik dan lukisan, dan untuk mendukung penerbit kecil dan menciptakan citra puisi yang menarik di media, sehingga seni puisi tidak lagi dianggap sebagai bentuk seni yang ketinggalan zaman, tetapi yang memungkinkan masyarakat secara keseluruhan untuk mendapatkan kembali dan menegaskan identitasnya.


Hari Puisi Internasional adalah jenis perayaan yang bertujuan untuk mengenalkan atau membangkitkan kembali puisi-puisi yang ditulis dalam bahasa minoritas atau bahkan langka dan terancam punah. Resital puisi dan acara serupa juga dapat diadakan di berbagai negara sebagai pengakuan atas hari sejarah ini.


https://cgkata.blogspot.com/
Gambar ucapan hari Puisi internasional dengan tema sejarah dan kata mutiaranya





SEJARAN HARI PUISI INTERNASIONAL

Hari Puisi Internasional memiliki catatan sejarah dunia mengenai penetapan dan pendiriannya. Perayaan Puisi Internasional disahkan pertama kali pada 21 Maret 1999 oleh UNESCO.


Sebagaimana dikatakan oleh PBB, bahwa diperingati setiap tahun pada tanggal 21 Maret, Hari Puisi Sedunia merayakan salah satu bentuk ekspresi dan identitas budaya dan bahasa yang paling berharga dari umat manusia. Dipraktikkan sepanjang sejarah - di setiap budaya dan di setiap benua - puisi berbicara kepada kemanusiaan kita bersama dan nilai-nilai kita bersama, mengubah puisi paling sederhana menjadi katalisator yang kuat untuk dialog dan perdamaian.


UNESCO pertama kali mengadopsi 21 Maret sebagai Hari Puisi Dunia selama Konferensi Umum ke-30 di Paris pada tahun 1999, dengan tujuan mendukung keragaman linguistik melalui ekspresi puitis dan meningkatkan kesempatan untuk bahasa yang terancam didengar.


Hari Puisi Sedunia adalah anokrasi untuk menghormati penyair, menghidupkan kembali tradisi lisan dari pembacaan puisi, mempromosikan pembacaan, penulisan dan pengajaran puisi, menumbuhkan konvergensi antara puisi dan seni lainnya seperti teater, tari, musik dan lukisan, dan meningkatkan visibilitas puisi di media. Ketika puisi terus menyatukan orang-orang di seluruh benua, semua diundang untuk bergabung.





KATA-KATA MUTIARA TENTANG PUISI:

Rayakan Hari Puisi Internasional dengan membagikan kutipan bijak terbaik dari quotes mutiara inspirasi dengan motivasi di cgkata.blogspot.com.


Puisi dimulai sebagai benjolan di tenggorokan, rasa salah, kerinduan, penyakit cinta.
- Robert Frost


Jangan gunakan telepon. Orang tidak pernah siap untuk menjawabnya. Gunakan puisi.
- Jack Kerouac


Puisi adalah penjelasan kata-kata.
-cgkata.blogspot.com


Dia yang menarik kelezatan mulia dari sentimen puisi adalah penyair sejati, meskipun dia tidak pernah menulis satu baris pun seumur hidupnya.
- George Sand


Sebagai seorang penyair, saya akan mengatakan semuanya harus bisa menjadi puisi tetapi saya tidak bisa memasukkan sikat gigi ke dalam sebuah puisi. Saya benar-benar tidak bisa.
- Sylvia Plath


Puisi adalah luapan spontan perasaan yang kuat: ia mengambil asal-usulnya dari emosi yang teringat dalam ketenangan.
- William Wordsworth


Puisi adalah sesuatu kata terbaik dalam urutan terbaik.
-kutipan mutiara cgkata.blogspot.com


Puisi adalah apa yang dalam sebuah puisi membuat Anda tertawa, menangis, menusuk, diam, membuat kuku jari Anda berbinar, membuat Anda ingin melakukan ini atau itu atau tidak sama sekali, membuat Anda tahu bahwa Anda sendirian di dunia yang tidak dikenal, bahwa kebahagiaan Anda dan penderitaan selamanya dibagi dan selamanya milikmu sendiri.
- Dylan Thomas


Puisi adalah cara untuk menjelaskan perasaan batin.
- quotes cgkata.blogspot.com


Puisi tidak bisa bernafas dalam atmosfer cendekiawan.
- Henry David Thoreau


Puisi adalah kesenangan dan kesedihan dan keajaiban, dengan sedikit kamus.
- Kahlil Gibran


Puisi menyembuhkan luka yang ditimbulkan oleh akal.
- Novalis


Puisi adalah ketika suatu emosi telah menemukan pikirannya dan pikiran itu telah menemukan kata-kata. - Robert Frost


Saya adalah dua orang bodoh, saya tahu, Karena mencintai, dan karena mengatakan itu dalam rengekan puisi.
- John Donne


Autobiografi penyair adalah puisinya. Yang lainnya hanyalah catatan kaki.
- Yevgeny Yentushenko


Segala sesuatu yang Anda ciptakan adalah benar: Anda dapat yakin akan hal itu. Puisi adalah subjek yang setepat geometri.
- Gustave Flaubert


Puisi bumi tidak pernah mati.
- John Keats


Jika puisi datang tidak sealami daun ke pohon, lebih baik tidak datang sama sekali.
- John Keats


Nasib puisi adalah jatuh cinta dengan dunia terlepas dari Sejarah.
- Derek Walcott


Ada dua cara membenci puisi. Salah satunya adalah dengan membencinya, dan yang lainnya adalah membaca Paus.
- Oscar Wilde


Puisi adalah permainan. Saya bahkan lebih suka Anda menganggapnya sebagai olahraga. Misalnya, seperti sepakbola.
- Robert Frost


Akhir kata dalam tulisan menyambut 21 Maret 2022, cgkata.blogspot.com menyapaikan ucapan terima kasih juga berbagi status maupun caption quotes mutiara inspirasi untuk mempromosikan pembacaan, penulisan, penerbitan dan pengajaran puisi di seluruh dunia khususnya di Indonesia, selamat Perayaan hari Puisi sedunia: