SELAMAT HARI BUDDHA! APA ITU WAISAK, KUTIPAN/KATA BUDDHA DAN BAGAIMANA MERAYAKANNYA

https://cgkata.blogspot.com/
Gambar Buddha Emas di Kuil Gua Harimau di Thailand cgkata.blogspot.com


Baca: KATA UCAPAN SELAMAT HARI WAISAK TERBARU

Umat Buddha di seluruh Indonesia bahkan dunia akan menyalakan lentera, dupa, dan lilin Tiongkok hari ini. Perayaan adalah bagian dari Waisak - salah satu festival terpenting dalam kalender Buddha. Waisak, atau Hari Buddha adalah tentang merayakan kelahiran, pencerahan, dan kematian Buddha, Siddhattha Gotama.


Apakah: Anda mengalami kesedihan? Coba letakkan patung Buddha di meja Anda atau Apakah: Aksesoris berbentuk Buddha sedang populer saat ini di Asia


Apa itu Waisak? Waisak ditandai pada hari yang berbeda setiap tahun, berdasarkan kalender lunisolar Asia. Disebut 'Waisak' karena jatuh selama bulan lunar India Waisak - bulan ketika kelahiran, pencerahan dan kematian Buddha dikatakan telah terjadi. Semua ini dikatakan terjadi pada bulan purnama.


Mengapa kita tidak merayakan Waisak tiga kali? Karena Tradisi yang lebih tua memang menandai kelahiran, pencerahan, dan kematian sebagai tiga peristiwa terpisah, sementara kelompok lain hanya merayakan kelahiran tersebut. Kebanyakan umat Buddha menganggap kematiannya paling penting karena ini adalah ketika ia melewati Nirvana atau Nibbana.

https://cgkata.blogspot.com/

Bagi umat Buddha, kematian berarti kelahiran kembali daripada akhir kehidupan - oleh karena itu mengapa ini adalah perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak.


Jadi kapan Waisak? Waisak akan dirayakan pada hari yang berbeda tergantung di mana Anda berada di dunia. Waisak akan dirayakan pada 16 Mei di Kamboja, Nepal dan Thailand serta menjadi tanggal resmi PBB untuk menandai festival tersebut. Tapi di Bangladesh, India, Dri Lanka, Malaysia dan Singapura Waisak akan dirayakan pada 15 Mei. Indonesia akan merayakan Waisak pada 16 Mei.


Bagaimana Waisak dirayakan? Sekali lagi ini sepenuhnya tergantung di mana Anda berada. Di Sri Lanka, pertunjukan cahaya dan lentera warna-warni digunakan untuk menandakan kehidupan Buddha.


Air yang berbau harum dituangkan di atas patung Buddha di Taiwan dan burung yang dikurung dibebaskan di Singapura. Secara umum, bunga digunakan untuk menghias kuil, persembahan untuk kuil, ada nyanyian dan doa, tetapi yang terpenting ada fokus untuk membantu orang lain dan amal serta orang-orang yang menyumbangkan uang dan hadiah kepada orang miskin. Banyak deva = out Buddhis akan menghabiskan sepanjang hari di sebuah kuil saat Waisak.


KUTIPAN/KATA BUDDHA UNTUK WAISAK 2566 BE DI CGKATA.BLOGSPOT.COM:

1) Hanya ada dua kesalahan yang bisa dilakukan seseorang di sepanjang jalan menuju kebenaran; tidak berjalan sepenuhnya, dan tidak memulai.

https://cgkata.blogspot.com/

2) Anda tidak akan dihukum karena kemarahan Anda, Anda akan dihukum oleh kemarahan Anda.


3) Jangan tinggal di masa lalu, jangan bermimpi tentang masa depan, konsentrasikan pikiran pada saat ini.


4) Tidak ada yang menyelamatkan kita kecuali diri kita sendiri. Tidak ada yang bisa dan tidak ada yang bisa. Kita sendiri harus berjalan di jalan itu.


5) Kita dibentuk oleh pikiran kita; kita menjadi apa yang kita pikirkan. Ketika pikiran murni, kegembiraan mengikuti seperti bayangan yang tidak pernah pergi.


6) Kesehatan adalah anugerah terbesar, kepuasan kekayaan terbesar, kesetiaan hubungan terbaik.


7) Lebih baik dari seribu cgkata hampa, adalah satu kata yang membawa kedamaian.


8) Tiga hal yang tidak bisa lama disembunyikan: matahari, bulan, dan kebenaran.


9) Pikiran adalah segalanya. Anda pikir Anda akan menjadi apa.


10) Menjaga tubuh dalam kesehatan yang baik adalah sebuah kewajiban… jika tidak, kita tidak akan mampu menjaga pikiran kita kuat dan jernih.