KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI PANCASILA

CGKATA: Ucapan tentang kelahiran dan kesaktian Pancasila. Hari Pancasila adalah hari peringatan sebagai momentum refleksi mengingat pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Pancasila adalah dasar ideologi-ideologi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.


Peringatan hari pancasila sendiri diperingati dua kali dalam setahun, Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni dan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober.


Perbedaan mendasar dari Hari Pancasila untuk kelahiran dan kesaktian adalah bahwa hari kelahiran pancasila adalah momentum refleksi mengingat pembacaan pidato perumusan awal Pancasila, sedangkan hari kesaktian pancasila adalah momentum refleksi mengingat Peristiwa Gerakan 30 September yang lebih dikenal sebagai G30SPKI, yaitu insiden dimana Partai Komunis Indonesia menginginkan Indonesia menjadi negara Komunis yang tentu saja bertentangan dengan Ideologi bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.


Secara singkat dapat dikatakan bahwa Pancasila lahir dengan latar belakang sejarah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945, sedangkan hari kesaktian dengan latar belakang sejarah peristiwa G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965.


Sila 1, inspirasi nilai ketuhanan yang maha esa yang dengannya kehidupan kita diwarnai nilai-nilai keyakinan (agama, norma, nilai) dan mengutuk atheisme dan nilai-nilai yang jauh dari ketuhanan.


Sila 2, kemanusiaan yang adil dan beradab, dengan kemanusiaan yang adil dan beradab kita menolak paham radikalisme dan destruktif dalam merusak dan menumpahkan darah sesama anak bangsa.


Sila 3, persatuan Indonesia, dengan persatuan indonesia kita menolak perpecahan bangsa dengan alasan apapun termasuk mengatasnamakan agama, suku, ras, dan antargolongan. Dengan menjiwai semangat persatuan Indonesia BHINNEKA TUNGGAL ika justru suku, agama, ras, dan berbagai antargolongan kita bersatu untuk kemajuan bangsa.


Sila 4, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dengan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan kita menolak kepentingan satu golongan. Dan dengannya nuansa musyawarah mufakat menjadi cerminan pedoman, penghayatan, dan pengamalan nilai pancasila. cgkata mengucapkan selamat memperingati hari lahir pancasila 1 juni 2022.


Sila 5, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan keadilan sosial bagi seluruh indonesia kita menolak pembangunan yang tidak berkeadilan.


Umumnya dalam menyambut peringatan hari pancasila, pemerintah Indonesia melalui Badan Pembinaan Ideologi Pancasila disingkat BPIP akan mengatur hari nasional ini, dalam bentuk Surat edaran yang nantinya digunakan sebagai acuan atau pedoman pelaksanaan upacara hingga kegiatan termasuk logo dan tema.


Sebagai contoh, pada tahun 2022, pada 1 Juni bangsa Indonesia akan menyambut peringatan hari lahir pancasila, Surat Edaran Kepala BPIP nomor 04 Tahun 2022 tanggal 13 Mei 2022 tentang Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 telah diedarkan kepada instansi pemerintah pusat/ daerah dan masyarakat umum sebagai pedoman pelaksanaan upacara memperingati hari pancasila pada 1 Juni 2022.


Dalam surat edaran tersebut mengatakan tentang Tema Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 dan Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022. Tema dan logo Hari Peringatan sebagaimana tampak pada gambar blog di cgkata.blogspot.com berikut:

https://cgkata.blogspot.com/
Logo Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022


Untuk menyambut Peringatan Hari lahir dan kesaktian Pancasila, berikut kumpulan kata-kata mutiara, kata-kata bijak, kata menyentuh hati dengan quotes motivasi inspirasional dari contoh kata ucapan hari Pancasila di peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni tahun 2022 ini.



KUMPULAN KATA-KATA MUTIARA TENTANG PANCASILA SINGKAT BERMAKNA

Inilah contoh kumpulan kata-kata bijak dengan inspirasi juga motivasi kata mutiara ungkapan mengingat pentingnya implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat di peringatan hari Pancasila tahun 2022 yang lahir tanggal 1 Juni berupa quotes singkat dari yang terbaik.


kelima sila adalah kristalisasi pandangan hidup bangsa Indonesia yang terpancar semata-mata dari orisinalitas tradisi budaya bumi pertiwi. Sebagai suatu sistem filsafat yang mendasari tatanan hidup bersama bangsa, Pancasila memuat makna-makna yang sangat menarik dan penting untuk dimengerti. -cgkata mutiara Soekarno


"Pancasila digali dari buminya Indonesia. Mutiara-mutiara Pancasila itulah cerminan masyarakat kita, bukan impor dari luar. Contohnya, masyarakat saling memberikan ucapan selamat saat momen hari raya, adalah cerminan dari sila pertama. Belum lagi budaya gotong royong di masyarakat yang juga wujud dari nilai Pancasila." -Quotes bijak Ani Purwanti Direktur Analis dan Sinkronisasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)


Indonesia sebagai bangsa yang majemuk juga terwakili oleh Pancasila, sebagai pemersatu.


cgkata mengucapkan selamat hari Pancasila untuk Lahirnya perumusan awal Pancasila. Ingat....1 Juni 1945 adalah hari lahirnya Pancasila.  Dan yang lebih penting dari itu Pancasila tidak untuk ditirukan atau diucapkan saja tetapi adalah untuk diamalkan.!


Selamat Hari Lahir Pancasila Indonesiaku, Harumlah Negeriku! kita indonesia, kita pancasila!


Dengan hari lahir Pancasila 1 Juni kita peringati sebagai hari bersejarah bangsa Indonesia menuju Indonesia Maju. Selamat merayakan ulang tahun hari Pancasila!!!


https://cgkata.blogspot.com/
Gambar kartu kata bijak untuk ucapan selamat hari Pancasila tahun 2022



Semangat Pancasila adalah semangat persatuan dan kesatuan yang diaplikasikan dalam kehidupan ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, mewujudkan Kemanusiaan yang adil dan beradab di seluruh sektor kehidupan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Selamat Peringatan Hari Lahirnya Pancasila 2022!


Selamat Hari Pancasila. Mari cintai Pancasila dengan menerapkan perilaku yang menjunjung tinggi kebersamaan, musyawarah, persamaan derajat, dan saling tolong menolong (gotong royong).


Pancasila tak hanya dijadikan untuk sebuah hafalan semata, namun amalkanlah nilai-nilai luhur yang ada pada Pancasila. cgkata ucapkan Selamat Memperingati Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2022.


Pancasila tidak hanya dijadikan untuk hafalan semata tetapi amalkanlah nilai-nilai luhur yang ada di Pancasila. ucapan selamat di hari Pancasila dan telah menjadikan tiap sila sebagai acuan atau pedoman dalam menjalankan kehidupan sehari-hari


Mari terus gali mutiara Pancasila dan semangat gotong royong! Selamat peringati Hari Lahir Pancasila 1 Juni


Selamat 1 Juni. Pancasila mengubah perbedaan menjadi kekayaan. Pancasila merajut keragaman jadi keindahan. Pancasila itu menyatukan


1 Juni tahun ini, di hari lahir Pancasila ingin kukatakan Pancasila mempersatukan, bukan memisahkan. Jangan pernah berhenti mengamalkan Pancasila. Aku Pancasila, kamu Pancasila, kami Pancasila, selamat atas keindahan keberagaman Indonesiaku!


"Pancasila digali dari buminya Indonesia. Mutiara-mutiara Pancasila itulah cerminan masyarakat kita, bukan impor dari luar. Contohnya, masyarakat saling memberikan ucapan selamat saat momen hari raya, adalah cerminan dari sila pertama. Belum lagi budaya gotong royong di masyarakat yang juga wujud dari nilai Pancasila." -cgkata bijak Ani Purwanti Direktur Analis dan Sinkronisasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)


“Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kita, tradisi-tradisi kita sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah” -cgkata kata Soekarno


Mari kita kembali menanamkan dalam hati dan jiwa kita bahwa Indonesia sebagai bangsa yang ber-ideologi Pancasila, cgkata mengucapkan selamat memperingati hari Pancasila untuk kelahiran dan kesaktian.



KUMPULAN KATA UCAPAN SELAMAT UNTUK HARI LAHIR PANCASILA

Buat kamu yang ingin mengucapkan selamat memperingati Hari bersejarah buat hari Pancasila di hari peringatan lahir Pancasila dengan ucapan-ucapan singkat namun memaknai mengapa kita memperingati atau merayakan hari perayaan lahirnya dasar ideologi-ideologi negara Indonesia yang artinya ucapan itu sebagai pesan bertema inspirasi, motivasi, hingga quotes bijaksana. Berikut adalah ucapan selamat hari lahir Pancasila tersebut.




cgkata mengucapkan selamat untuk aku, kamu karena kita Pancasila. Mari jadikan kilas balik Pancasila dalam lintasan perjuangan bangsa untuk menyegarkan kembali ingatan tentang perumusan Pancasila oleh tokoh-tokoh bangsa, falsafah dalam setiap sila, serta tujuan mulia perumusan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia!





Selamat memperingati dan merayakan hari lahir Pancasila. Mari tingkatkan kesadaran individu akan pentingnya peran masing-masing individu dalam perang melawan pandemi dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila.




cgkata mengucapkan selamat memperingati hari lahir perumusan awal Pancasila pada tanggal 1 Juni 2022. “Pancasila bukan agama, tidak bertentangan dengan agama dan tidak digunakan untuk menggantikan kedudukan agama” - kata bijak Gus Dur



Selamat memperingati hari lahir Pancasila Tahun 2022 1 Juni untuk rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Dari momentum ini mari kita jangan melupakan terhadap sejarah karena Pancasila bukan hanya sebagai falsafah, ideologi dan dasar negara, namun juga sebagai sebuah konsep peradaban bagi bangsa Indonesia.



“Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah” -cgkata-kata mutiara Soekarno. Selamat Hari Lahir untuk Pancasila tahun 2022 1 Juni!





Selamat 1 Juni 2022. Sejenak merenung dan terilhami dengan nilai pancasila dengan ketuhanan yang maha esa kita diwarnai nilai-nilai keyakinan (agama, norma, nilai) dan mengutuk atheisme, dengan kemanusiaan yang adil dan beradab kita menolak paham radikalisme, dengan persatuan indonesia kita menolak perpecahan bangsa dengan alasan apapun, dengan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan kita menolak kepentingan satu golongan, dan dengan keadilan sosial bagi seluruh indonesia kita menolak pembangunan yang tidak berkeadilan.



1 Juni di Ulang tahun Pancasila Tahun 2022, Hari Pancasila merupakan hari lahirnya sejarah konsep peradaban bagi bangsa Indonesia sebagai satu-satu nya Ideologi dan Dasar Negara yang hanya dimiliki oleh Indonesia di dunia ini.



https://cgkata.blogspot.com/
Gambar kartu kata bijak untuk ucapan selamat hari lahir Pancasila 1 Juni tahun 2022


Baca:



PERINGATAN HARI PANCASILA DALAM TEMA MAKNA UCAPAN PUITIS SELAMAT HARI KESAKTIAN PANCASILA

cgkata mengucapkan Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober Tahun 2022. Mari bangkit dan bergerak selaras mewujudkan bangsa Indonesia yang lebih maju.




Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober Tahun 2022!. Mari perkuat gotong royong, kesetiaan sebagai Warga Negara, agar selalu cinta terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.





Selamat Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 pada tanggal 1 Oktober. Mari terus gali mutiara Pancasila dan semangat gotong royong!




Selamat Hari Pancasila. Lahir dan Kesaktian Pancasila adalah implementasi pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.



Mari kita kembali tanamkan di dalam hati juga jiwa kita bahwa Indonesia sebagai bangsa yang berideologi Pancasila. Pancasila kIan menjadi sangat sakti jika kita implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat!

https://cgkata.blogspot.com/
Gambar kartu kata bijak untuk ucapan selamat hari kesaktian Pancasila 1 Oktober tahun 2022




Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 1965 memiliki fakta erat berkaitan dengan peristiwa Gerakan 30 September 1965 (G30S). Tragedi ini merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno dan mengubah Indonesia dari negara berdasarkan Pancasila menjadi negara komunis. Oleh sebab itu memalui peringatan Hari ini mari jadikan Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia!





Melalui peringatan hari Pancasia baik hari lahir dan Hari Kesaktian di tahun 2022, mari maknai dengan benar cara bijak berpedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia



Selamat merayakan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022. Semoga nilai-nilai Pancasila kian lahir dan meresap ke hati serta terimplementasi dalam hidup sehari-hari.




Selamat Hari lahir Pancasila! Selamat Hari Kesaktian Pancasila! Di masa pandemi covid-19 ini Mari jadikan gotong royong sebagai cerminan pedoman, penghayatan, dan pengamalan nilai pancasila. Salam Pancasila!




cgkata.blogspot.com mengucapkan Selamat Hari sejarah Pancasila tahun 2022!. Semangat Pancasila Membentuk warga negara yang mampu bersikap, berpikir dan bertindak sesuai budaya, norma, hukum dan etika yang berlaku di Indonesia yang berdasarkan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika dan UUD 1945 sehingga mampu memberikan kontribusi positif pada masyarakat.

Post a Comment for "KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI PANCASILA"