HARI ANAK 2020: UCAPAN DAN KATA TENTANG PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL

cgkata - Menyambut peringatan Hari Anak di 2020 dalam bahasa Inggris children's day adalah telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia bahkan dunia terutama dengan tujuan buat mempromosikan serta mengkampanyekan HAN tahun 2020.


Menurut tagline untuk Tema peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang diangkat "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" sebagaimana dikatakan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam Pedoman Pelaksanaan HAN tahun 2020 dengan Penyelenggaraan Acara Puncak HAN Tahun 2020 akan dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 23 Juli 2020, pukul 09.00 - 10.30 WIB, dengan memperhatikan kebijakan pemerintah untuk selalu memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pada semua kegiatan, termasuk kegiatan yang akan dilakukan secara virtual melalui media online. Olehkarenanya perayaan ini diselanggarakan di seluruh daerah di Indonesia mengikuti tema-tema utama tersebut tentu saja akan lebih bermakna apabila tema dirangkai dalam contoh kalimat ucapan selamat buat disampaikan ke teman di seluruh Indonesia bahkan dunia.


Adapun memaknai HAN untuk tujuan dari peringatan hari Anak Nasional di tahun 2020 adalah:
  1. Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, dengan mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dan utama dalam memberikan perlindungan kepada anak. Upaya ini akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia dan cinta tanah air di masa pandemi Covid-19.
  2. Peringatan HAN di masa pandemi Covid-19 ini adalah momentum untuk meningkatkan kepedulian semua pilar bangsa Indonesia, baik orangtua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media massa dan pemerintah terhadap pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Melalui kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi, serta memastikan segala hal yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan 79,55 juta anak Indonesia secara optimal (Profil Anak Indonesia 2019).



https://cgkata.blogspot.com/
Gambar logo, tema dan hashtag peringatan hari Anak Nasional (HAN) tahun 2020, 23 Juli




UCAPAN, PESAN DAN KATA BIJAK HARI ANAK NASIONAL TAHUN 2020

1. Ucapan Kutipan Hari Anak 2020 Nasional

Seorang anak selalu dapat mengajar orang dewasa tiga hal: untuk bahagia tanpa alasan, untuk selalu sibuk dengan sesuatu, dan untuk mengetahui bagaimana menuntut dengan sekuat tenaga apa yang diinginkannya. - Paulo Coelho


Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk memberi tahu anak Anda, "Aku mencintaimu". - Quote cgkata.blogspot.com


Perlakukan anak-anak Anda seperti kekasih selama lima tahun pertama. Selama lima tahun ke depan, tegur mereka. Pada saat mereka berusia enam belas tahun, perlakukan mereka seperti teman. Anak-anak Anda yang sudah dewasa adalah teman terbaik Anda. - Chanakya


Kebahagiaan pertama seorang anak adalah mengetahui bahwa ia dicintai. - Don Bosco


Tidak ada tujuh keajaiban dunia di mata seorang anak. Ada tujuh juta. - Walt Streightiff


Anda bisa belajar banyak hal dari anak-anak. Seberapa banyak kesabaran yang Anda miliki, misalnya. - Franklin P. Jones


Anak-anak adalah peniru ulung. Jadi beri mereka sesuatu yang bagus untuk ditiru. - Quote mutiara tentang anak-anak cgkata.blogspot.com


Seorang anak dapat mengajukan pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh orang bijak. - Quote kata bijak cgkata.blogspot.com


Sementara kita mencoba mengajari anak-anak kita tentang kehidupan, anak-anak kita mengajari kita tentang kehidupan. - Angela Schwindt


Semoga Tuhan Yang Maha Esa meridhoi upaya kita dalam mewujudkan dan menjamin kualitas dan keberlangsungan hidup serta perkembangan anak, baik secara fisik, mental, emosional, dan sosial. Selamat memperingati Hari Anak Nasional. - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam kata pengantar Pedoman Pelaksanaan Festival Gembira Rumah dam rangka HAN (Hari Anak Nasional) 2020


2. Pantun Ucapan children's day

Berjalan ditengah jalan
Lihat orang kepala botak
Memberi tuntunan dan teladan
Adalah bukti sayang anak-anak


Makan buah, buah salak
Baru dipetik dibagilah rata
Tetap awasi dan ajari anak
Karena mereka calon pemimpin kita


Memancing itu dapatnya ikan
Apalagi ikannya itu Bawal
Dari hati cgkata ucapkan
Selamat merayakan hari anak nasional


3. Pesan Hari Anak 2020 Nasional

Anak-anak menurut pesan pengertian para ahli dan pakar Nasional dan dunia.


Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan anak. bahwa anak adalah amanah dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, yang dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya; dan bahwa anak adalah tunas, potensi, dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa, memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara pada masa depan


Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh. Masa depan bangsa berada di tangan anak saat ini. Semakin baik kualitas anak saat ini maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa.


Pasal 28B ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak telah mengamanatkan Pemerintah untuk melakukan segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak atas hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.


Sebagaimana diamanahkan Pasal 59 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak bahwa Pemerintah, Pemerintah Daerah, dan Lembaga Negara lainnya berkewajiban dan bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan khusus kepada anak Indonesia yang dikategorikan lima belas jenis yaitu 1) anak dalam situasi darurat, 2) anak yang berhadapan dengan hukum, 3) anak kelompok minoritas dan terisolasi, 4) anak dengan dieksploitasi secara ekonomi dan/ atau seksual, 5) anak yang menjadi korban penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya, 6) anak yang menjadi korban pornografi, 7) anak dengan HIV/AIDS, 8) anak korban penculikan, penjualan, dan/atau perdagangan, 9) anak korban kekerasan fisik dan/atau psikis, 10) anak korban kejahatan seksual, 11) anak korban jaringan terosrisme, 12) anak penyandang disabilitas, 13) anak korban perlakuan salah dan penelantaran, 14) anak dengan perilaku sosial menyimpang, dan 15) anak yang menjadi korban stigmatisasi dari pelabelan terkait dengan kondisi sosial menyimpang.


Indonesia sebagai anggota PBB juga telah meratifikasi Konvensi Hak Anak (KHA) melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990 dan optional protocols terkait untuk meningkatkan komitmen pemenuhan dan perlindungan hak anak. Selain itu, Indonesia juga berpartisipasi melaksanakan Deklarasi PBB tentang A World Fit for Children (Dunia Yang Layak Bagi Anak) melalui pengembangan kebijakan Kabupaten/ Kota Layak Anak (KLA) dengan tujuan akhir Indonesia Layak Anak (IDOLA).


Dengan adanya kebijakan KLA maka diharapkan setiap wilayah kabupaten/kota hingga ke tingkat kecamatan dan desa/kelurahan dapat mengembangkan sistem pembangunan yang berbasis hak anak sebagai implementasi dari KHA di era otonomi daerah. Pelaksanaan kebijakan KLA dijabarkan ke dalam 5 (lima) klaster yaitu:
  • Hak sipil dan kebebasan;
  • Lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif;
  • Kesehatan dasar dan kesejahteraan;
  • Pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya; dan
  • Perlindungan khusus.


Namun demikian, upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak dalam masa pandemi Covid-19 menghadapai beberapa tantangan. Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) sebagai Bencana Nasional berimplikasi pada pelaksanaan berbagai kebijakan, program dan kegiatan penanganan dan pencegahan Covid-19 oleh kementerian/lembaga/pemda yang masih belum sepenuhnya dapat dilakukan secara optimal berpihak pada kepentingan terbaik anak. Beberapa dampak negatif bagi anak antara lain kehilangan pengasuhan, mengalami kekerasan baik verbal maupun non verbal, berkurangnya kesempatan anak untuk bermain, belajar, dan berkreasi akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar di rumah.


Oleh karena itu, seluruh kegiatan dalam rangkaian dan acara puncak Hari Anak Nasional Tahun 2020 didisain untuk mewujudkan anak Indonesia gembira di rumah selama pandemic Covid-19.

KATA-KATA BIJAK HARI ANAK 2020 NASIONAL

Anak adalah kebanggaan bagi keluarga, agama dan bangsa. Anak adalah cahaya yang akan menyinari suramnya masa depan negeri ini. cgkata mengucapkan Selamat Hari Anak Nasional 23 juli 2020. Semoga jaya anak-anak Indonesia


Bagi saya, kamu adalah berkat yang paling berharga. Dan saya menghargai setiap momen yang saya habiskan bersama Anda. Selamat Hari Anak, anakku tersayang!


Selamat Hari Anak, di HAN bersama ibu kamu! Percayalah pada diri sendiri dan ikuti impianmu. Dan ingat, Anda dicintai hari ini dan selamanya!


Semoga kamu merayakan Hari Anak-anak yang sangat bahagia, selamat buah hari saya - kamu mengingatkan saya pada masa kecil saya yang menyenangkan.


Setiap lelucon yang kamu tarik membuat saya percaya bahwa kamu adalah anak saya sendiri! Dan setelah menjadi ibumu, aku memiliki rasa hormat yang baru ditemukan untuk orang tuaku!


Sayangku, kamu adalah hal terbaik yang terjadi padaku. Jadilah anak yang imut dan nakal seperti dirimu, dan tumbuh menjadi orang baik, seperti ibumu! * mengedipkan mata * Selamat Hari Anak-Anak!


Masa kanak-kanak adalah tempat yang menyenangkan, jadi nikmati masa kecilmu dan buat kenangan indah! kamu akan menghargai mereka ketika kamu dewasa. Selamat Hari Anak-Anak! dengan ucapan hari anak-anak Nasional Indonesia


Ada kehangatan dan kepolosan dalam senyum anak-anak bahwa setiap kali mereka tersenyum, ada sukacita di udara dan cinta di antara sesama. Apa yang bisa dilakukan oleh senyum kecilmu! Selamat Hari Anak, anak kecilku!


Kami merasa beruntung memiliki kau dalam hidup kami. Satu senyumanmu sudah cukup untuk membuat kita melupakan semua hal yang tidak perlu yang kita khawatirkan. Terima kasih telah membawa kegembiraan ke dalam hidup kita. cgkata sampaikan kata-kata Selamat Hari Anak-anak yang luar biasa.


Sayangku, aku merasa diberkati untuk memiliki kamu. Kamu lucu, gokil, dan bijaksana. Saya ingin tahu siapa yang mewariskan sifat-sifat ini kepadamu, tetapi kemudian saya tahu itu adalah saya. Semoga Hari Anak-anak sangat bahagia, selamat ya jogoan kecil mama!



LAGU UCAPAN PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL TAHUN 2020

Contoh lagu tema kegiatan HAN Tahun 2020 yang cocok untuk kumpulan acara memperingati HUT Hari Anak adalah Aku Anak Indonesia.


Lirik Lagu Aku Anak Indonesia

Penyanyi: Tasya
Penulis lagu: A.t. Mahmud

Aku anak Indonesia
Anak yang merdeka
Satu nusaku
Satu bangsaku
Satu bahasaku
Indonesia
Indonesia
Aku bangga menjadi
Anak Indonesia
Pending di khatulistiwa
Tanahku Indonesia
Ribu pulaunya
Ragam sukunya
Satu jiwa raganya
Indonesia
Indonesia
Aku bangga menjadi
Anak Indonesia
Aku anak Indonesia
Anak yang merdeka
Satu nusaku
Satu bangsaku
Satu bahasaku
Indonesia
Indonesia
Aku bangga menjadi
Anak Indonesia

Baca: KATA UCAPAN SELAMAT HARI ANAK TERBARU

Akhir tulisan cgkata.blogspot.com mengucapkan Selamat HAN untuk seluruh Anak-anak di Indonesia yang Tahun 2020 Ayo bikin dunia selalu ceria!!

Post a Comment for "HARI ANAK 2020: UCAPAN DAN KATA TENTANG PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL"