HARI BIDAN NASIONAL

cgkata.blogspot.com: 24 Juni setiap tahun diperingati sebagai Hari Bidan Nasional oleh masyarakat khususnya dunia kesehatan Indonesia. Tema Hari Bidan Nasional 2022 adalah “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju”.


Definisi Bidan menurut Ikatan Bidan Indonesia (IBI) tahun 2016, Bidan adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan bidan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi di wilayah negara Republik Indonesia serta memiliki kompetensi dan kualifikasi untuk diregister, sertifikasi, dan secara sah mendapat lisensi untuk menjalankan praktik bidan. Sedang definisi bidan menurut Permenkes nomor 28 pada tahun 2017, Bidan adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan bidan yang telah teregistrasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


Tentunya tema HUT Ke-71 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ini bertujuan sebagai harapan bahwa Bidan sebagai profesi dapat memberikan pelayanan kebidanan kepada seluruh rakyat Indonesia sesuai kompetensi dan memenuhi standar praktik kebidanan berdasarkan cita-cita luhur, niat yang murni untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat tanpa membeda-bedakan dalam memenuhi perannya sebagai pemberi pelayanan kebidanan. Dalam pengertian secara umum, bahwa Bidan yang hebat adalah Bidan yang terampil, cerdas, komunikatif, serta dapat menjalankan tugas peran dan fungsinya dengan baik sesuai kode etik kebidanan.


SEJARAH HARI BIDAN NASIONAL

Asal-usul Peringatan Hari Bidan Nasional dapat ditelusuri berdasarkan berdirinya organisasi IBI (singkatan dari: Ikatan Bidan Indonesia) pada 24 Juni 1951 dengan latar belakang kebulatan tekad spirit yang sama dicetuskan oleh perintis perawat bahwa tenaga keperawatan harus berada pada wadah / organisasi nasional baik dalam fungsi dan federasi dengan memenuhi ketentuan perundangan yang berlaku tentang Organisasi Kemasyarakatan di Indonesia berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Tekad tersebut menjadi awal secara resmi lahirnya Organisasi Profesi Kebidanan di Indonesia skala Nasional. Hari Bidan Nasional bersama dirayakannya ulang tahun (HUT) IBI pada tahun 1951 dan hingga hari ini setiap tahun yang jatuh pada 24 Juni diperingati sebagai Hari Bidan Nasional.


Hari Bidan Nasional bertujuan untuk untuk mengembangkan dan meningkatkan praktik dunia kebidanan yang aman, kompeten, berkualitas dan profesional bagi masyarakat Indonesia.

HARI BIDAN NASIONAL 2020

SEJARAH HARI BIDAN SEDUNIA

Tanggal 5 Mei adalah tanggal yang penting bagi semua bidan di seluruh dunia karena diperingati sebagai Hari Bidan Sedunia atau International Day of The Midwife.


Penetapan tanggal 5 Mei sebagai Hari Bidan Sedunia sudah dimulai sejak tahun 80-an, tetapi secara formal diresmikan pada tahun 1992.


Salah satu tujuan diperingatinya Hari Bidan Sedunia ini adalah untuk mengkampanyekan peran penting bidan dalam kehidupan manusia terutama yang berhubungan dengan persalinan dan juga kesehatan reproduksi.


Selain itu, Hari Bidan Sedunia juga dimanfaatkan sebagai tolak ukur peningkatan kualitas bidan yang ada saat ini di mana bidan memiliki peran yang sangat penting tidak hanya untuk wanita yang hamil tetapi juga untuk keluarga Indonesia.


BIDAN DALAM PERAN DAN FUNGSI DI INDONESIA

PERAN BIDAN

Definisi Bidan dalam Heni, P.W., Asmar Y.Z., 2005 berpendapat bahwa Bidan adalah seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan kebidanan yang diakui dan mendapatkan lisensi untuk melaksanakan praktek kebidanan. Dalam perannya, seseorang yang telah menyelesaikan program pendidikan bidan yang diakui oleh Negara serta memperoleh kualifikasi dan diberi ijin untuk menjalankan praktek kebidanan di negara itu. Adapun peran-peran bidan mencakup diantaranya:
  • Profesi bidan berperan sebagai pelaksana tugas. Yang artinya bidan memiliki 3 kategori tugas yaitu tugas mandiri, tugas kolaborasi, dan tugas ketergantungan.
  • Profesi bidan berperan ssebagai pengelola. Yang artinya Bidan mengembangkan pelayanan dasar kesehatan terutama pelayanan kebidanan untuk individu, keluarga, kelompok khusus dan masyarakat di wilayah kerja dengan melibatkan masyarakat/ klien.
  • Profesi bidan berperan sebagai pendidik. Yang artinya Bidan memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan kepada individu, keluarga, masyarakat tentang penanggulangan masalah kesehatan khususnyan yang berhubungan dengan pihak terkait dengan kesehatan ibu, anak dan Keluarga Berencana.
  • Profesi bidan berperan sebaagai peneliti. Yang artinya Bidan Melakukan investigasi atau penelitian terapan dalam bidan kesehatan baik secara mandiri ataupun secara kelompok.



FUNGSI BIDAN

Fungsi adalah kegunaan suatu hal, daya guna, jabatan (pekerjaan) yang dilakukan, kerja bagian tubuh (Tim Media Pena, 2002:117)


Berdasarkan peran Bidan yang dikemukakan diatas, maka fungsi bidan sebagai berikut

1.Fungsi Pelaksana

Fungsi bidan pelaksana mencakup:
  • Melakukan bimbingan dan penyuluhan kepada individu, keluarga, serta masyarakat (khususnya kaum remaja) pada masa praperkawinan.
  • Melakukan asuhan kebidanan untuk proses kehamilan normal, kehamilan dengan kasus patologis tertentu, dan kehamilan dengan risiko tinggi.
  • Menolong persalinan normal dan kasus persalinan patologis tertentu.
  • Merawat bayi segera setelah lahir normal dan bayi dengan risiko tinggi
  • Melakukan asuhan kebidanan pada ibu nifas.
  • Memelihara kesehatan ibu dalam masa menyusui
  • Melakukan pelayanan kesehatan pada anak balita dan pcasekolah
  • Memberi pelayanan keluarga berencanasesuai dengan wewenangnya.
  • Memberi bimbingan dan pelayanan kesehatan untuk kasus gangguan sistem reproduksi, termasuk wanita pada masa klimakterium internal dan menopause sesuai dengan wewenangnya.


2. Fungsi Pengelola

Fungsi bidan sebagai pengelola mencakup:kelompok masyarakat, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat setempat yang didukung oleh partisipasi masyarakat. Seperti contoh:
  • Mengembangkan konsep kegiatan pelayanan kebidanan bagi individu, keluarga, kelompok masyarakat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat setempat
  • Menyusun rencana pelaksanaan pelayanan kebidanan di lingkungan unit kerjanya.
  • Memimpin koordinasi kegiatan pelayanan kebidanan.
  • Melakukan kerja sama serta komunikasi inter dan antarsektor yang terkait dengan pelayanan kebidanan
  • Memimpin evaluasi hasil kegiatan tim atau unit pelayanan kebidanan.



3. Fungsi Pendidik

Fungsi bidan sebagai pendidik mencakup:
  • Memberi penyuluhan kepada individu, keluarga, dan kelompok masyarakat terkait dengan pelayanan kebidanan dalam lingkup kesehatan serta KB
  • Membimbing dan melatih dukun bayi serta kader kesehatan sesuai dengan tanggung jawab bidan.
  • Memberi bimbingan kepada para peserta didik bidan dalam kegiatan praktik di klinik dan di masyarakat.
  • Mendidik peserta didik bidan atau tenaga kesehatan lainnya sesuai dengan bidang keahliannya.


4. Fungsi Peneliti

Fungsi bidan sebagai peneliti mencakup:
  • Melakukan evaluasi, pengkajian, survei, dan penelitian yang dilakukan sendiri atau berkelompok dalam lingkup pelayanan kebidanan.
  • Melakukan penelitian kesehatan keluarga dan keluarga berencana





24 Juni diperingati sebagai Hari Perawat Nasional sekaligus HUT PPNI sebagai harapan bahwa perawat sebagai profesi dapat memberikan pelayanan keperawatan kepada seluruh rakyat Indonesia sesuai kompetensi dan memenuhi standar praktik keperawatan berdasarkan cita-cita luhur, niat yang murni untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat tanpa membeda-bedakan dalam memenuhi perannya sebagai pemberi pelayanan keperawatan


Akhir tulisan cgkata.blogspot.com menyampaikan ucapan selamat Dirgahayu untuk HUT Ke-69 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Selamat Hari Bidan Nasional Indonesia, 2022 24 Juni!!!

Post a Comment for "HARI BIDAN NASIONAL"