UCAPAN/ KATA DAN SEJARAH PERINGATAN HARI BHAKTI TNI AU KE-73 TAHUN 2020

TNI AU (Angkatan Udara) Republik Indonesia, cgkata.blogspot.com - Di Indonesia, Tentara Nasional Indonesia (singkat: TNI) merupakan alat negara di bidang pertahanan memiliki tugas yang harus diemban. Sesuai dengan Undang-Undang Nomor. 34 tahun 2004 tentang TNI pasal 7 ayat (1), tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.


TNI dibagi Menjadi 3 Matra/Angkatan yaitu Tentara Nasional Angkatan Darat (TNI-AD), Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI-AL), dan Tentara Nasional Angkatan Udara (TNI-AU).


Hari ini jatuh pada tanggal 29 Juli 2020, Jajaran TNI-AU memperingati ”Hari Berkabung” TNI AU yang kemudian seiring perkembangannya mulai tahun 1962 diubah menjadi Hari Bhakti TNI AU.


Hari Bhakti TNI AU adalah Salah satu Sejarah monumental yang selalu diperingati jajaran TNI AU tiap tahun. Peringatan Hari Bhakti TNI AU Ke-73 Tahun 2020, 29 Juli memiliki latar belakang sejarah berkabungnya Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara atas gugurnya tokoh-tokoh TNI AU seperti Komodor Muda Udara Adisucipto, Komodor Muda Udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh dan Opsir Muda Udara Adisumarmo pada 29 Juli 1947 dalam mengemban tugas untuk mengadakan serangan udara balasan setelah hari-hari sebelumnya serangan besar-besaran dilakukan oleh Belanda ke berbagai wilayah Indonesia, termasuk di beberapa pangkalan udara dan yang menjadi sasaran utamanya adalah Pangkalan Udara Maguwo Yogyakarta, sebab dianggap sebagai pusat kekuatan udara RI.


Untuk meningkatkan semangat juang bangsa Indonesia dan menambah rasa percaya diri, pengakuan atas keberadaan dan kedaulatan Negara Republik Indonesia di masyarakat dunia dan agar keberadaan Angkatan Udara RI diperhitungkan oleh Pemerintah Belanda, maka serangan udara balasan dilakukan. Singkat cerita dalam peristiwa serangan pada pada 29 Juli 1947, mamakan korban tokoh-tokoh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara. Pengorbanan tokoh perintis TNI AU adalah bentuk bukti dan bhakti pengabdian yang diberikan TNI AU kepada bangsa dan negara.


Dan peristiwa pada 29 Juli 1947 inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Hari Bakti TNI-AU dperingati setiap tanggal 29 Juli. Dari sejarah dalam tulisan cgkata.blogspot.com ini dapat diketahui bahwa Peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara bukanlah Hari lahirnya Tentara Nasional Indonesia AU. Karena Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (atau biasa disingkat TNI Angkatan Udara atau TNI-AU)lahir, dibentuk dan mulai berdiri sendiri pada tanggal 9 April 1946 bersamaan dengan dibentuknya Tentara Republik Indonesia (TRI Angkatan Udara) sesuai dengan Penetapan Pemerintah Nomor 6/SD Tahun 1946.


Peringati Hari Bhakti TNI AU ke-73 Tahun 2020, setelah mengetahui sejarahnya, mari semarakkan peringatan Bhakti TNI AU dengan menyampaikan ucapan kata selamat kepada jajaran TNI khususnya untuk prajurit dan jajaran TNI di Indonesia.


Dan ucapan kata sejarah peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-73 Tahun 2020 yang terdapat dalam tulisan cgkata.blogspot.com mengangkat tema kata-kata bijak, kata inspirasi dan ucapan kata yang dapat Anda sampaikan melalui status maupun caption di media sosial, sebagai kata-kata peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-73 Tahun 2020.

https://cgkata.blogspot.com/

UCAPAN

Temukan ucapan-ucapan peringatan Hari Bhakti TNI AU ke-73 Tahun 2020 di cgkata.blogspot.com untuk ucapan selamat Hari Bakti TNI AU ke-73 Tahun 2020, 29 Juli untuk disampaikan kepada keluarga, pacar dan teman Anda yang menjadi anggota prajurit TNI Angkata Udara berikut gambar menyertainya:


Keluarga cgkata.blogspot.com mengucapkan selamat memperingati Hari Bhakti TNI AU ke-73 Tahun 2020 untuk Anda dan keluarga besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara di wilayah Anda. Meski jasad telah 73 tahun di peluk ibu pertiwi, namun semangat, dedikasi dan pengabdian sebagian ”tentara langit” selaku sayap tanah air tidak pernah pudar dan peristiwa 29 Juli 1947 semoga dapat diteladani dari para perintis TNI AU untuk generasi penerus TNI AU hari ini dalam melaksanakan tugas selanjutnya.


Selamat memperingati Hari Bhakti TNI AU ke-73 Tahun 2020!. Mari tunjukkan bukti dan bhakti pengabdian yang diberikan TNI AURI kepada bangsa dan negara dengan tetap teguh menjalankan tugas dalam mengawal kedaulatan NKRI.


Selamat 29 Juli 2020. Hari Bakti TNI Angkatan Udara merupakan bukti keberanian sejati tidak datang dari mulut dan ucapan. Mereka yang mengambil jalan prajurit dan bertugas di perbatasan adalah bukti keberanian dalam jiwa masih hidup.


Selamat Hari Bakti TNI AU 2020! Jaga selalu angkasa Indonesia. Jaya selalu TNI AU


cgkata mengucapkan selamat Hari Bakti TNI AU ke-73. (29 Juli 1947 - 29 Juli 2020) Jayalah selalu TNI AU, kembangkan sayapmu demi mengemban amanah untuk persatuan Tanah Air Indonesia.


Selamat Pagi, Selamat Hari Bakti Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara! Ucapan Terimakasih atas segala pikiran dan tenaga yang tercurahkan untuk Bangsa, sayap perlindungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jaya Selalu TNI AU


Hari ini (29/07/2020), 73 tahun silam, merupakan hari yang sangat bersejarah, membanggakan sekaligus menyedihkan dimana generasi muda TNI AU berhasil menyerang tangsi Belanda namun sore harinya harus kehilangan para pendiri dan pendahulu TNI AU.


Selamat Hari Bhakti TNI AURI. Terima kasih untuk penerbangan pemberani yang menjaga kehormatan bangsa di udara.


Selamat Hari Bakti ke-73 TNI AU. Jaya selalu dalam melindungi tanah air. Terima kasih cgkata.blogspot.com ucap untuk kalian para pejuang kedaulatan negeri. Swa Bhuwana Paksa


Serangan udara ke tangsi Belanda di Semarang, Ambarawa dan Salatiga oleh AURI membuka mata dunia bahwa Indonesia punya Angkatan Udara TNI!, maka jangan dilupakan bahwa aksi heroik 3 Kadet AURI harus dibayar mahal dengan gugurnya putra-putra terbaik AURI pada sore hari 29 Juli 1947. Hari ini mari teguhkan tekad untuk melanjutkan Bakti Pada negeri sebagaimana yang ditunjukkan oleh putra-putra terbaik TNI AU dimasa silam. Selamat Hari Bhakti ke-73 TNI AU 29 Juli tahun 2020!




Selamat Hari Bakti TNI AU! Jayalah Swa Bhuwana Paksa — Sayap Pelindung Tanah Air!


Selamat Hari Bakti TNI Angkatan Udara. Cgkata mendukung profesionalisme TNI Angkatan Udara menjaga kedaulatan wilayah udara Republik Indonesia. Bersama Rakyat, TNI Kuat.


Jadi itulah tema ucapan, sejarah dan kata peringatan Hari Bhakti TNI AU (Angkatan Udara) Republik Indonesia ke-73 Tahun 2020 dari cgkata.blogspot.com semoga bermanfaat "Swa Bhuwana Paksa" !!!!

Post a Comment for "UCAPAN/ KATA DAN SEJARAH PERINGATAN HARI BHAKTI TNI AU KE-73 TAHUN 2020"