3 ISI SUMPAH PEMUDA MEMAKNAI HARI PEMUDA NASIONAL INDONESIA

Hari Pemuda adalah hari yang sangat bersejarah dalam perjalanan kemerdekaan Indonesia. Karena hari ini tepat pada tanggal 28 Oktober 1928, putra putri Indonesia menguatkan tekad dalam persatuan sebagai bentuk ikrar/sumpah mereka untuk setia pada tanah air. cgkata.blogspot.com, Dalam pengertian singkat, Sumpah pemuda merupakan sebuah pergerakan-pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dimana dilakukan oleh para pemuda-pemudi di Indonesia dengan menyatakan ikrar satu tanah air, satu bangsa dan juga satu bahasa Indonesia. Arti dan makna sumpah pemuda sangatlah penting bagi generasi muda, para pelajar dan juga masyarakat Indonesia.sumpah pemuda sendiri dapat diartikan dimana para pemuda putra dan putri Indonesia bersumpah dalam tiga hal yang menjadi dasar dari persatuan dan nasionalisme di Indonesia. Seluruh rakyat bersumpah bahwa bertumpah darah satu tanah Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjungjung bahasa persatuan bahasa Indonesia. Sedangkan makna sumpah pemuda sendiri adalah agar para pelajar di Indonesia diberikan penekanan dengan adanya sumpah pemuda agar turut aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

https://cgkata.blogspot.com/
Gambar isi ikrar atau teks sumpah pemuda tema ucapan hari pemuda 2020, 28 Oktober


Berikut adalah Isi atau Ikrar Sumpah Pemuda dalam memaknai peringatan Hari Pemuda nasional Indonesia pada 28 Oktober 2020.


SUMPAH PEMUDA

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Adapun isinya sebagai berikut:
  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia
  2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia



Sebagai sambutan Hari Pemuda Nasional di Indonesia, di dalam Sumpah Pemuda tersebut pasti memiliki Makna masing masing.


1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

Kata-kata ini mengandung arti bahwa setiap pemuda Indonesia berjuang sampai darah penghabisan untuk menjunjung tinggi tanah air Indonesia.


2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kata-kata ini mengandung arti bahwa para pemuda indonesia mengikrarkan bahwa diri mereka dan tumpah darah Indonesia menjunjung tinggi bangsa Indonesia. Perjuangan untuk berkorban kepada satu-satunya bangsa tercinta yaitu bangsa Indonesia.


3. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kata-cgkata ini mengandung makna bahwa Indonesia memiliki keragaman bahasa dari berbagai suku dan budaya.




Tentu saja dalam memaknai Hari Pemuda Nasional Indonesia untuk Sumpah Pemuda bukan hanya sekedar ucapan, menetapan logo dan tema atau agenda kegiatan upacara semata. Namun bagaimana cara kita mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Demikianlah dari tema cgkata.blogspot.com, tentang hari Nasional 2020 yang jatuh pada tanggal 28 Oktober setiap tahun, semoga bermanfaat!

Post a Comment for "3 ISI SUMPAH PEMUDA MEMAKNAI HARI PEMUDA NASIONAL INDONESIA"