Pengertian Gizi Dan Manfaatnya

Gizi - Nutrisi padanan kata (sinonim) dengan gizi. Cgkata Istilah gizi berasal dari bahasa Arab giza yang berarti zat makanan, dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah nutrition yang berarti bahan makanan atau zat gizi atau sering diartikan sebagai ilmu gizi. Pengertian lebih luas bahwa gizi diartikan sebagai proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses pencernaan, penyerapan, transportasi, penyimpanan, metabolisme, dan pengeluaran zat gizi untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal organ tubuh serta untuk menghasilkan tenaga (Djoko Pekik Irianto, 2006:2).


I Dewa Nyoman Suparisa dkk (2002: 17-18) Menjelaskan bahwa gizi adalah suatu proses organisme menggunakan makanan yang dikonsumsi secara normal melalui proses degesti, absorpsi, transportasi. Penyimpanan, metabolisme dan pengeluaran zat yang tidak digunakan untuk mempertahankan kehidupan, pertumbuhan, dan fungsi normal dari organ-organ serta menghasilkan energi.


Sementara itu, Sunita Almatsier (2002: 3) mengungkapkan bahwa zat gizi adalah ikatan kimia yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya, yaitu menghasilkan energi, membangun sel-sel yang mati atau rusak, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses pencernakan, penyerapan, tranportasi, penyimpanan, metabolisme, dan pengeluaran zat gizi untuk mempertahan kehidupan, pertumbuhan dan fungsi normal organ tubuh, serta menghasilkan tenaga.


WHO (World Health Organization, dalam Soekirman, (2000: 4) mengartikan ilmu gizi sebagai ilmu yang mempelajari proses yang terjadi pada organisme hidup untuk kembali dan mengolah zat-zat padat dan cair dari makanan yang diperlukan untuk memelihara kehidupan, pertumbuhan, berfungsinya organ tubuh, dan menghasilkan energi.


Antonim adalah hubungan semantik antara dua buah satuan ujaran yang maknanya menyatakan kebalikan, pertentangan atau kontras antara yang satu dengan yang lain (Chaer, 2003:299).


Gizi adalah zat yang memiliki berbagai fungsi untuk kelangsungan hidup manusia. Diantaranya berfungsi untuk meningkatkan proses pertumbuhan, menjaga dan memulihkan jaringan tubuh (Cahyo Saparinto, Ida Purnomowati, dan Diana Hidayati, 2006).

Pengertian Gizi Dan Manfaatnya
Gambar: Pengertian Gizi dan Prinsipnya


Berdasarkan pendapat-pendapat di atas, admin cgkata.blogspot.com mengacu pada pendapat yang diungapkan Cahyo Saparinto, dkk bahwa gizi adalah zat yang memiliki berbagai fungsi untuk kelangsungan hidup manusia. Diantaranya berfungsi untuk meningkatkan proses pertumbuhan, menjaga dan memulihkan jaringan tubuh.


Berdasarkan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh, zat gizi terbagi menjadi dua, yaitu zat gizi makro dan zat gizi mikro. Zat gizi makro adalah zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah besar dengan satuan gram. Zat gizi yang termasuk kelompok zat gizi makro adalah karbohidrat, lemak, dan protein.

Baca juga PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL 2023 : PROTEIN HEWANI CEGAH STUNTING

Adapun fungsi utama zat gizi adalah untuk menghasilkan energi, membangun dan memelihara jaringan, serta mengatur proses-proses kehidupan (Sunita almatsier, 2009: 4).


Manfaat dan Fungsi Zat Gizi:
  1. Sumber energi
  2. Perbaiki sel-sel yang rusak
  3. Pengatur dan pendukung dari proses metabolisme (stimulansia)
  4. Melindungi fungsi organ tubuh
  5. Sumber pertumbuhan dan perkembangan
  6. Membentuk atau memperbaiki organ-organ pada membran tubuh
  7. Menjaga keseimbangan metabolisme


Baca juga: SEJARAH HARI GIZI DAN MAKANAN NASIONAL TANGGAL 25 JANUARI

Penulis: Admin Blog Cgkata.

cgkata.blogspot.com merupakan blog Kamus online populer dan terpercaya dengan lebih dari 1 juta kata. Temukan definisi, makna, sinonim, pengucapan, terjemahan, asal dan contoh.


Sumber: Berbagai sumber


Sekian uraian tentang Pengertian Gizi Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Pengertian Gizi Dan Manfaatnya"