Pengertian Sinonim Dan Contohnya

Sinonim - Antonim berbeda dengan sinonim. Sinonim adalah persamaan arti atau makna, atau dua kata atau lebih yang memiliki makna sama. Sinonim ialah dua kata atau lebih yang maknanya (1) sama atau (2) hampir sama atau mirip - Soedjito (1989).


Melansir 'Kamus Pintar Sinonim Antonim dan EYD Indonesia' karya Aisyah Atikah, sinonim adalah suatu kata yang memiliki bentuk yang berbeda, tetapi memiliki arti yang sama atau mirip.


Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sinonim adalah bentuk bahasa yang maknanya mirip atau sama dengan bentuk bahasa lain. Bentuk kebahasaannya sendiri adalah persepakatan antara dua unsur bahasa untuk memperlihatkan persamaan arti.


Sementara itu, Badudu dan Zain (1996:1331) mengungkapkan bahwa antonim adalah kata yang sama atau hampir sama artinya. Misalnya, sudah dengan telah, besar dengan agung.


Sinonim adalah ungkapan (biasanya sebuah kata tetapi dapat pula frasa atau malah kalimat) yang kurang lebih sama maknanya dengan suatu ungkapan lain (Verhaar, 1983:132).


Sinonim
Gambar: Pengertian Sinonim



Berdasarkan pendapat-pendapat di atas, admin cgkata.blogspot.com mengacu pada pendapat yang diungapkan Verhaar bahwa definisi sinonim adalah ungkapan (biasanya sebuah kata tetapi dapat pula frasa atau malah kalimat) yang kurang lebih sama maknanya dengan suatu ungkapan lain.


Padanan kata yang kurang lebih sama maknanya dengan suatu ungkapan lain menurut taraf keberadaan bentuk dapat dibedakan atas empat macam, yaitu:
  1. Sinonim antarkalimat, misalnya, Ahmad melihat Ali dan Ali melihat Ahmad.
  2. Sinonim antarfrasa, misalnya kata rumah bagus itu dan rumah yang bagus itu.
  3. Sinonim pada antarkata, misalnya kata nasib dan takdir, kata memuaskan dan menyenangkan.
  4. Sinonim pada antarmorfem (terikat dan bebas), misalnya buku-bukunya dan buku-buku mereka; kulihat dan saya lihat - Verhaar (1982:132).



Contoh Antonim:
  • sudah = telah
  • besar = agung
  • nasib = takdir
  • memuaskan = menyenangkan
  • Makna = definisi
  • Pendapat = opini
  • Fundamental = Mendasar
  • Ahli = Pakar
  • Sumber = Asal Muasal
  • Baca = Mengucapkan


Baca juga: Pengertian Antonim Dan Contohnya

Penulis: Admin Blog Cgkata.

cgkata.blogspot.com merupakan blog Kamus online populer dan terpercaya dengan lebih dari 1 juta kata. Temukan definisi, makna, sinonim, pengucapan, terjemahan, asal dan contoh.

Sumber: Berbagai Sumber

Sekian uraian tentang Pengertian Sinonim Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Pengertian Sinonim Dan Contohnya"