Hari Buku Nasional 2023: Sejarah, Tema, Makna dan Kata Bijak

Hari Buku Nasional dirayakan setiap tahun pada tanggal 17 Mei untuk menumbuhkan minat baca buku masyarakat di Indonesia. Tujuan ini penting dalam meningkatkan kesadaran akan literasi dan pendidikan dan mendorong membaca. Taukah sobat cgkata.blogspot.com, bahwa hari ini juga menekankan Pemerintah serta semua pihak terkait supaya terus berusaha mengatasi Permasalahan terkait minat baca masyarakat yang rendah melalui kebijakan yang dikeluarkan mereka. Salah satu contohnya yaitu menggalakkan program gerakan literasi di sekolah-sekolah dengan diikuti pembenahan terkait sarana dan prasarana yang mendukung program tersebut sobat, cgkata.blogspot.com.

Hari Buku Nasional 2023: Sejarah, Tema, Tujuan dan Kata Bijak
Gambar: Ilustrasi


Hari Buku Nasional adalah acara tahunan yang dirayakan pada 17 Mei. Berbeda dengan tujuan Hari Buku dunia yang dirayakan pada 23 April, Hari ini dirayakan untuk menumbuhkan minat baca buku masyarakat di Indonesia. Sedangkan, tujuan Buku dunia yang dirayakan pada 23 April secara Internasional untuk mempromosikan mintat untuk membaca, menulis, menerbitkan, dan hak cipta.

Pada Hari Buku Nasional ini berbagai kegiatan diselenggarakan di seluruh Indonesia untuk mempromosikan hasrat akan cinta untuk buku dan membaca. Hari ini juga berupaya upaya Pemerintah serta semua pihak terkait dalam menciptakan kesadaran dan pentingnya pendidikan dan literasi.


Makna


Hari Buku Nasional atau Harbuknas memiliki arti penting. Hari Buku ini diperingati guna mempromosikan pentingnya pendidikan dan literasi khususnya untuk menumbuhkan minat baca buku masyarakat di Indonesia skala Nasional. Buku adalah sumber pengetahuan dan membaca yang penting adalah keterampilan mendasar yang diperlukan untuk orang-orang dari semua lapisan masyarakat Indonesia.

Baca juga 10 KATA-KATA UCAPAN SELAMAT HARI BUKU SEDUNIA 2023

Hari ini lebih dimaknai sebagai upaya dalam menggalakkan program gerakan literasi Nasional (GLN). GLN merupakan upaya untuk memperkuat sinergi antarunit utama pelaku gerakan literasi dengan menghimpun semua potensi dan memperluas keterlibatan publik dalam menumbuhkembangkan dan membudayakan literasi di Indonesia. Gerakan tersebut meliputi tiga tahapan, yakni (1) menumbuhkan minat baca, (2) meningkatkan kemampuan literasi buku pengayaan, dan 3) meningkatkan kemampuan literasi buku pelajaran (D.D. Kemdikbud, 2016). Gerakan literasi juga dilakukan oleh taman baca masyarakat di berbagai daerah dan desa-desa terpencil. Hari Buku Nasional membantu meningkatkan kesadaran akan masalah terkait minat baca masyarakat yang rendah melalui kebijakan yang dikeluarkan mereka ini dan tentu saja membaca dan buku adalah permukaan bentuk teknik dan fisik dari literasi. Sementara Esensi literasi adalah bagaimana masyarakat Indonesia mendapatkan pengetahuan dan belajar untuk mendapatkan pengetahuan.


Tema


Adapun tema untuk Hari Buku Nasional 2023 adalah 'Membaca Untuk Masa Depan.' Tema ini untuk menumbuhkan minat baca buku masyarakat di Indonesia, supaya bisa mendapatkan ilmu dan berbagai manfaat lainnya yang dapat menunjang masa depan kita.


Hari Buku Nasional 2023: Kumpulan Kata Bijaksana tentang Buku


- "Sebuah buku adalah senjata paling efektif melawan intoleransi dan ketidaktahuan" - Lyndon B. Johnson.


- "Buku adalah teman yang paling tenang dan paling konstan; Kumpulan Buku-buku adalah konselor yang paling mudah diakses, dan yang paling sabar dari seorang guru" - Charles William Eliot.


- "Buku-buku yang harus dibaca bukanlah yang berpikir untuk Anda tetapi yang membuat Anda berpikir"- Harper Lee.


- "Buku-buku yang disebut dunia tidak bermoral adalah kumpulan Buku-buku yang menunjukkan kepada dunia rasa malu sendiri" - Oscar Wilde.


- "Sebuah Buku adalah mimpi yang Anda pegang di tangan Anda" - Neil Gaiman.

Post a Comment for "Hari Buku Nasional 2023: Sejarah, Tema, Makna dan Kata Bijak"