SEJARAH HARI BUKU NASIONAL, TUMBUHKAN MINAT BACA BUKU TAMBAH LITERASI

“Buku adalah mimpi yang kau genggam dalam tanganmu.“ (Neil Gaiman)
“Buku adalah mimpi yang kau genggam dalam tanganmu.“ (Neil Gaiman)



Dalam Dunia Literasi Bulan Mei menjadi momentum yang selalu dikaitkan dengan hari Buku Nasional. Peringatan hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei ini dapat menjadi suatu penilaian terhadap minat baca masyarakat. Peringatan Hari Buku Nasional, selain bertujuan meningkatkan minat baca juga bertujuan mengingatkan pentingnya membaca. Membaca nantinya mampu membuat masyarakat lebih melek keadaan dunia dan paham bidang apa yang akan dipelajari di masa depan.


Abdul Malik Fadjar mencetuskan peringatan ini lantaran untuk menumbuhkan minat baca dan literasi di kalangan masyarakat Indonesia yang saat itu masih dalam kategori rendah. Menurut data yang dilaporkan UNESCO pada 2002, tingkat melek huruf orang dewasa atau penduduk berusia diatas 15 tahun berkisar di angka 87,9 persen. Angka ini jauh dibanding negara-negara kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia (88,7 persen), Vietnam (90,3 persen), dan Thailand (92,6 persen).


Penetapan Hari Buku Nasional sendiri diharapkan dapat menumbuhkan budaya membaca dikalangan masyarakat serta meningkatkan minat baca masyarakat, seperti yang diketahui bahwa minat membaca masyarakat Indonesia masih rendah. Berbagai hasil survey membuktikan hal tersebut, seperti hasil survey UNESCO pada tahun 2011 menunjukkan indeks tingkat membaca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen artinya hanya ada satu orang dari 1000 penduduk yang masih mau membaca buku secara serius. Hasil survey lainnya yaitu menurut PISA (Programme for International Students Assesment) dalam hal minat baca, Indonesia berada di urutan 57 dari 65 negara yang diteliti.

Baca juga 25 KATA-KATA/KUTIPAN BIJAK TENTANG BUKU DAN MEMBACA

Bahkan yang baru dirilis oleh Most Literate Nations pada maret 2016 terkait pemeringkatan literasi internasional yang menempatkan Indonesia berada di urutan ke-60 diantara total 61 negara.


Jadi, Ayo sobat cgkata.blogspot.com di Peringatan hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei ini, mari tingkatkan minat baca kita sebagai masyarakat Indonesia, dikarenakan masyarakat dengan kemampuan literasi lebih baik, cenderung akan lebih siap menghadapi segala tantangan dunia. Mulai dari membaca buku guna menambah literasi hari ini, karena Buku adalah mimpi yang kau genggam dalam tanganmu sobat, cgkata.blogspot.com.***

Post a Comment for "SEJARAH HARI BUKU NASIONAL, TUMBUHKAN MINAT BACA BUKU TAMBAH LITERASI"