Pengertian Al-Qur'an dan Hadits

Pengertian Al-Qur'an dan Hadits. /freepik
Pengertian Al-Qur'an dan Hadits. /freepik


Cgkata.blogspot.com--- Menurut etimologi, kata Al-Qur'an berasal dari kata qara'a yang berarti “membaca, menelaah, mempelajari, dan mengumpulkan.

Baca posts 17 KATA/ KUTIPAN MAULID NABI

Menurut terminologi, dapat dipahami dari beberapa pendapat ulama sebagai berikut:
  1. Manna' al-Qaththan dalam bukunya Mabahits Fiy 'Ulum Al-Qur‟an menulis: Al-Qur‟an ialah firman Allah yang diturunkan kepada Muhammad saw, dan yang membacannya adalah ibadah.
  2. Dr. Muhammad Salim Muhsin Dalam Bukunya Tarikh Al-Qur'an Al-Karim menulis: Al-Qur'an Adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, yang tertulis dalam mushaf-mushaf, dinukilkan dengan mutawatir, membacanya merupakan ibadah, dan sebagai tantangan (bagi orang-orang yang tidak percaya) walaupun dengan surah yang terpendek.
  3. Muhammad 'Aliy Al-Shabuniy dalam kitabnya, Al-Tibayan Fil' Ulim Al-Qur'an menulis: Al-Qur'an ialah firman Allah menjadi mukjizat yang diturunkan kepada akhir nabi-nabi dan rasul-rasul dengan perantaran al-amin, Jibril as., tertulis dalam musafar-musafar, dinukilnya secara mutawatir, membacanya sebagai ibadah, dimulai surah al-fatihah dan di akhiri surah Al-Nas.


Baca posts NUZULUL QUR'AN: HIKMAH TURUNNYA AL-QURAN SECARA BERTAHAP

Setelah memahami pengertiannya, sahabat cgkata.blogspot.com mari pahami pengertian Hadits.


Adapun kata hadits sudah menjadi bahasa Indonesia yang baku. Ia berasal dari bahasa arab, yaitu Hadits. Ia berbentuk mufrad. Bentuk jamaknya Hadits.


Dalam Al-Qur'an terdapat banyak kata hadits. Disebutkan sebanyak 23 (dua puluh tiga) kali dalam bentuk mufrad dan 5 (lima) kali dalam bentuk jamak. Dalam kamus terdapat juga kata hadits yang berarti “baru” yang muda, perkataan, percakapan, berita, ceritera, dan hikayat.


Dari keterangan di atas sahabat, cgkata.blogspot.com dapat dipahami bahwa kata hadits, dilihat dari segi etimologi mempunyai banyak arti. Diantarannya berarti kalimat, perkataan, berita, informasi yang baru, percakapan, dan mimpi.


Setelah memahami pengertiannya, sahabat cgkata.blogspot.com mari pahami pengertian Hadis dalam Islam.

Baca posts 100 KATA MUTIARA UCAPAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Sebagai landasan hujah dan dalil dalam menetapkan ajaran-ajaran Islam dan mengamalkannya. Ia menepati tempat kedua sedudah Al-Qur'an yang menempati tempat yang pertama dan yang paling utama. Hal ini didasarkan atas perintah Allah untuk mentaatinya dan mentaati Rasul-Nya, Muhammad saw. Serta nilai keorisionalannya. Al-Qur'an adalah qath'I al-wurud dari Allah, sedangkan hadits atau hadis adalah dzaniy al-wurud dari Rasul-Nya. Juga karena Al-Qur'an adalah wahyu langsung dari Allah kepada Rasul-Nya melalui Jibril. Dengan demikian sobat cgkata.blogspot.com, selayaknya kalau yang berasal dari Allah kedudukannya lebih tinggi dan terhormat dari yang berasal dari Rasul-Nya (hadits).***

Post a Comment for "Pengertian Al-Qur'an dan Hadits"