Logo dan Pedoman Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Link dan Maknanya

Logo dan Pedoman Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Link dan Maknanya
logo dan pedoman Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 (harlahpancasila.bpip.go.id)


Cgkata.blogspot.com - Memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tahun yang jatuh pada tanggal 1 Juni setiap tahun. Hal ini adalah untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berkeperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.


Hari Lahir Pancasila sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 1 Juni namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan. Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya seyogianya terinspirasi semangat Pancasila dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan oleh kita semua untuk memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berkeperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.


Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa yang digali dan ditetapkan oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.


Pancasila merupakan alat pemersatu bangsa. Dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada.


Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.


Berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah penuntun keberagaman yang dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.


Secara harfiah, Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan menjadi “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun berbeda-beda, tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap satu kesatuan. Semboyan ini dipakai sebagai gambaran persatuan dan kesatuan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Dengan adanya semboyan Bhineka Tunggal Ika, masyarakat Indonesia memiliki semangat persatuan dan persaudaraan yang menghargai segala bentuk perbedaan. Dengan demikian, Bhineka Tunggal Ika memiliki peran strategis dalam upaya meningkatkan semangat persatuan dan persaudaraan dalam segala bentuk perbedaan.


Sebagaimana pengertian Persatuan adalah konsep menyatukan berbagai macam perbedaan baik kebudayaan, sosial, agama, ras, suku bangsa dalam satu wadah Nusantara. Konsep kesatuan wilayah mencakup beberapa hal diantaranya adalah kesatuan hukum, kesatuan politik, kesatuan sosial budaya dan kesatuan pertahanan keamanan.


Dari pengertian diatas, tentu saja dapat dikatakan bahwa berkat Pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah penuntun keberagaman yang dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika. Karena itu, Pancasila bukan hanya telah mempersatukan seluruh warga Indonesia, tetapi telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi ujian termasuk tantangan pembangunan peradaban dan pertumbuhan global. Hal ini bisa dilakukan dalam semangat gotong royong yang menjadi salah satu contoh bagian sejarah perjalanan bangsa, sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita anak bangsa telah sepakat berlandaskan pada Pancasila. Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2023 “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.


Maksud dan tujuan memperingati Hari Lahir Pancasila adalah untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berkeperilaku dalam kehidupan bermasyarakat. membangun ingatan kolektif untuk kemudian menggerakkan kesadaran masyarakat agar mau mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Merperkuat Persatuan dan kesatuan bangsa dengan dilandasi semangat dan nilai Pancasila dalam bingkai Negara kesatuan Republik Indonesia, meningkatkan rasa kecintaan serta kebangggaan sebagai bangsa dan negara Indonesia.


Sobat Cgkata.blogspot.com berikut ini infografis lainnya mengenai Hari Lahir Pancasila



Semoga bermanfaat ya Sobat Cgkata:) )

Post a Comment for "Logo dan Pedoman Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Link dan Maknanya"