8 Juni Memperingati Hari Laut Sedunia, Ini Sejarah dan Tujuan Peringatannya

Sejarah dan tujuan Hari Laut Sedunia 8 Juni. (freepik/freepik)
Sejarah dan tujuan Hari Laut Sedunia 8 Juni. (freepik/freepik)


Cgkata.blogspot.com - Setiap tanggal 8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Lalu, apa tujuan, dan bagaimana sejarah adanya peringatan hari Laut Sedunia?


Hari Laut Sedunia adalah hari peringatan tahunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diadakan pada tanggal 8 Juni yang menyoroti pentingnya melindungi dan mengelola lautan dengan cara yang berkelanjutan.


Hari itu digunakan untuk mengadvokasi pengelolaan sumber daya lautan yang berkelanjutan.


Hari peringatan internasional ini bertujuan untuk menginspirasi orang di seluruh dunia untuk belajar lebih banyak tentang masalah yang berhubungan dengan ekosistem laut dan mengambil tindakan untuk membuat perbedaan.


Dilansir cgkata.blogspot.com dari berbagai sumber, Peringatan Hari Laut Sedunia (World Oceans Day) pertama kali digagas di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Bumi di Rio de Jeneiro Brazil pada 1992 silam.


Seorang delegasi asal Kanada mengusulkan adanya satu hari khusus yang digunakan untuk memperingati laut. Kemudian usulan itu dilanjutkan pada 2002 ketika Komisi Oseanografi Antar Pemerintah (IOC) UNESCO mensponsori Jaringan Kelautan Dunia yang berperan penting dalam membangun dukungan terkait Hari Laut Sedunia.


Pada 5 Desember 2008, PBB secara resmi menetapkan 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) melalui resolusi 63/111.


Hari laut ditetapkan bukan tanpa alasan. PBB ingin meyakinkan bahwa laut memiliki hubungan yang kental dengan kehidupan manusia. Hari laut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran manusia untuk melindungi lautan.


Tema Hari Laut Sedunia dari Tahun ke Tahun selalu berubah. Setiap tahunnya perayaan Hari Laut Sedunia selalu mengangkat isu khusus yang diangkat sebagai tema peringatan hari Laut Sedunia (World Ocean Day).


Pemilihan dan penetapan tema Hari Laut Sedunia oleh PBB ini dengan maksud agar menjadi perhatian bagi warga dunia akan pentingnya air sebagai sumber kehidupan.


Dengan ditetapkannya peringatan World Oceans Day ini diharapkan kepada masyarakat agar bisa lebih menghargai betapa pentingnya lautan, semabagimana PBB ingin meyakinkan bahwa laut memiliki hubungan yang kental dengan kehidupan manusia. Hari laut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran manusia untuk melindungi lautan.


Demikian sejarah singkat hari Laut Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 juni setiap tahunnya.***


Penulis: Pengelola blog cgkata.

Tags

Post a Comment for "8 Juni Memperingati Hari Laut Sedunia, Ini Sejarah dan Tujuan Peringatannya"