Ini Tema Hari Laut Sedunia 2023 yang Diperingati Setiap Tanggal 8 Juni, Lengkap dengan Makna dan Tujuannya

Tema peringatan Hari Laut Sedunia 2023. (freepik/freepik)
Tema peringatan Hari Laut Sedunia 2023. (freepik/freepik)


Cgkata.blogspot.com - Tanggal 8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia atau World Oceans Day.


Peringatan ini pertama kali digagas di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Bumi di Rio de Jeneiro Brazil pada 1992 silam.


Seorang delegasi asal Kanada mengusulkan adanya satu hari khusus yang digunakan untuk memperingati laut. Kemudian usulan itu dilanjutkan pada 2002 ketika Komisi Oseanografi Antar Pemerintah (IOC) UNESCO mensponsori Jaringan Kelautan Dunia yang berperan penting dalam membangun dukungan terkait Hari Laut Sedunia.


Pada 5 Desember 2008, PBB secara resmi menetapkan 8 Juni sebagai Hari Laut Sedunia (World Ocean Day) melalui resolusi 63/111.


Hari laut ditetapkan bukan tanpa alasan. PBB ingin meyakinkan bahwa laut memiliki hubungan yang kental dengan kehidupan manusia. Hari laut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran manusia untuk melindungi lautan.


Tema peringatan Hari Laut Sedunia setiap tahunnya akan berbeda-beda.


Baca Juga: 8 Juni Memperingati Hari Laut Sedunia, Ini Sejarah dan Tujuan Peringatannya


Pada tahun 2023, tema Hari Laut Sedunia atau World Water Day 2022 adalah "Planet Ocean: Tides are Changing".


Tema tersebut memiliki makna bahwa melindungi sumber daya lautan sangatlah penting.


Selain itu, melalui tema ini juga menjelaskan peran penting lautan sebagai sumber kehidupan. Sebagaimana dilansir cgkata.blogspot.com dari laman resmi PBB, Lautan menutupi lebih dari 70% planet ini. Itu adalah sumber kehidupan kita, mendukung kelangsungan umat manusia dan setiap organisme lain di bumi.


Lautan menghasilkan setidaknya 50% oksigen planet ini, merupakan rumah bagi sebagian besar keanekaragaman hayati bumi, dan merupakan sumber protein utama bagi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Belum lagi, laut adalah kunci ekonomi kita dengan perkiraan 40 juta orang dipekerjakan oleh industri berbasis laut pada tahun 2030.

Baca juga: 10 Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Laut Sedunia 2023 yang Berkesan dan Penuh Makna

Meski banyak manfaatnya, laut kini membutuhkan dukungan.


Dengan 90% populasi ikan besar habis, dan 50% terumbu karang hancur, kita mengambil lebih banyak dari lautan daripada yang dapat diisi kembali. Kita perlu bekerja sama untuk menciptakan keseimbangan baru dengan lautan yang tidak lagi menguras kekayaannya, melainkan mengembalikan semangatnya dan memberinya kehidupan baru.


"Planet Ocean: Tides are Changing", adalah tema Hari Laut Sedunia 2023 dan PBB bergabung dengan para pembuat keputusan, pemimpin adat, ilmuwan, eksekutif sektor swasta, masyarakat sipil, selebritas, dan aktivis pemuda untuk mengutamakan lautan.


Adapun salah satu tujuan adanya peringatan Hari Laut Sedunia ini adalah untuk dukungan atas peran penting lautan sebagai sumber kehidupan dan mengupayakan terciptanya keseimbangan baru dengan lautan yang tidak lagi menguras kekayaannya, melainkan mengembalikan semangatnya dan memberinya kehidupan baru.***


Penulis: Pengelola blog Cgkata.

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Post a Comment for "Ini Tema Hari Laut Sedunia 2023 yang Diperingati Setiap Tanggal 8 Juni, Lengkap dengan Makna dan Tujuannya"