10 Prinsip Etika dalam Dunia Kedokteran yang Wajib Dimiliki

10 Prinsip Etika Kedokteran


Etika kedokteran atau yang sekarang lebih banyak dikenal dengan istilah Bioetika adalah sikap etis yang wajib dimiliki oleh seluruh dokter sebagai bagian dari integritas selama bertugas menjalankan profesi dokter dengan menerapkan norma-norma kedokteran dalam kehidupan bermasyarakat.


Sebagai calon dokter kita perlu mengetahui apa saja etika dan hukum dalam profesi kita dalam menjalankan tugas kita sebagai dokter yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. karena itu, Cgkata merangkum 10 prinsip etika kedokteran dalam melaksanakan praktik kedokteran kepada para pasien baik secara individu, kelompok atau masyarakat yang lebih luas.


10 Etika Kedokteran yang Wajib Kita Ketahui

1. Autonomy (Kemandirian)

Sebagai seorang dokter yang profesional haruslah mampu berpikir logis dan cepat dalam mengambil keputusan. Selain itu, seorang perawat juga harus menghormati dan menghargai orang lain khususnya pasien.


2. Beneficence (Berbuat Baik)

Berbuat baik harus dilakukan kepada siapa saja tanpa membeda-bedakan, khususnya ketika sedang memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien.


Perbuatan baik yang dilakukan oleh seorang dokter haruslah berlandaskan kepada ilmu dan kiat kedokteran.


3. Justice (Keadilan)

Menjunjung tinggi keadilan harus selalu dilakukan oleh para dokter, sebagai contoh ketika ada pasien baru masuk dan di waktu yang sama ada pasien yang membutuhkan bantuan segera maka dokter harus segera mempertimbangkan berbagai faktor sesuai dengan asas keadilan.


4. Non-Maleficence (Tidak Merugikan)

Pada prinsipnya seorang dokter harus selalu melakukan tindakan pelayanan kesehatan sesuai dengan ilmu kedokteran dan kiat kedokteran yang telah dimiliki dengan tidak merugikan dan menimbulkan bahaya pada pasien.


5. Veracity (Kejujuran)

Bagaimana pun, kejujuran harus dimiliki oleh semua orang. Pada seorang dokter kejujuran adalah hal yang wajib diberikan kepada pasien, hal ini karena pasien mempunyai hak otonomi sehingga ia berhak untuk mengetahui berbagai informasi yang ia inginkan.


Walau pada kondisi tertentu hal ini sangat sulit mengingat banyak hal yang harus dijaga untuk kebaikan pasien namun sebagai seorang dokter harus pintar dalam memberikan informasi kepada pasien meski pun itu pahit.


6. Fidelity (Menepati Janji)

Dibutuhkan komitmen yang tinggi dalam menepati janji kepada orang lain khususnya pasien dan perawat.


Hal ini karena tugas dan tanggung jawab seorang dokter yang menuntutnya untuk dapat meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, memulihkan kesehatan dan meminimalkan penderitaan pasien.


7. Confidentiality (Kerahasiaan)

Dokter harus benar-benar menjaga kerahasiaan yang dimiliki oleh pasien meski pun banyak orang mendesak untuk membeberkan informasi mengenai kesehatan pasien.


Seorang dokter harus berani menolak untuk memberikan informasi jika di luar wilayah pelayanan kesehatan secara tegas.


8. Accountability (Akuntabilitas)

Tanggung jawab seorang dokter amatlah berat, hal ini karena setiap tindakan yang dilakukan oleh dokter kepada pasien harus sesuai dan tepat tanpa kecuali.


Sebagai contoh ketika dokter memberikan obat dosis kepada pasien, jika hal tersebut salah sedikit saja dan menimbulkan kerugian pada pasien maka dapat digugat di pengadilan.


9. Freedom (Kebebasan)

Setiap orang apa pun profesinya mempunyai hak atas suatu kebebasan. Kebebasan menentukan pilihan atau langkah yang hendak ia ambil.


Begitu pula menjadi dokter, seorang dokter harus secara bebas bekerja menjalankan profesinya tanpa ada tekanan atau paksaan dalam menentukan sesuatu dari luar dirinya.


10. Advocacy (Advokasi)

Sebagai seorang dokter yang langsung berinteraksi dengan pasien atau pun keluarga pasien maka perawat harus bisa melindungi hak-hak klien.


Peran advokasi yang harus dimiliki seorang dokter ini berasal dari etika beneficience (kewajiban untuk berbuat baik) dan nonmaleficence (kewajiban tidak merugikan).


Mengenal Bioetika kedokteran

Dirangkum cgkatablogspotcom dari berbagai sumber pengertian, Bioetika kedokteran merupakan salah satu etika khusus dan etika sosial dalam kedokteran yang memenuhi kaidah praksiologik (praktis) dan filsafat moral (normatif) yang berfungsi sebagai pedoman (das sollen) maupun sikap kritis reflektif (das sein), yang bersumber pada 4 kaidah dasar moral (kaidah dasar bioetika-KDB) beserta kaidah turunannya. Kaidah dasar moral bersama dengan teori etika dan sistematika etika yang memuat nilai-nilai dasar etika merupakan landasan etika profesi luhur kedokteran.


Itulah bahasan mengenai dokter yang dapat dibagikan cgkata.blogspot.com! temukan beragam kata-kata kedokteran terbaik dengan begitu dapat menginpirasi diri sendiri terutama sebagai calon dokter kita perlu mengetahui apa saja etika dan hukum dalam profesi kita dalam menjalankan tugas kita sebagai dokter yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat


TAGS Etika kedokteran Etika dokter Etika profesi dokter Dokter Prinsip kedokteran!

Post a Comment for "10 Prinsip Etika dalam Dunia Kedokteran yang Wajib Dimiliki"