3 Karakter Wajib Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Dokter

3 Karakter Wajib Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Dokter


Profesi dokter termasuk ke dalam pekerjaan yang mulia namun berat, selain harus mampu memberikan pelayanan kesehatan kepada orang lain dalam keadaan apa pun, mereka juga harus mempunyai keahlian khusus serta berkarakter.


Meski telah banyak sekolah jurusan kedokteran mulai dari SMK hingga perguruan tinggi, namun tidak sedikit lulusan tersebut dapat bekerja menjadi seorang dokter.


Selain lowongan kerja dokter yang tidak sebanding dengan banyaknya peminat, berprofesi sebagai dokter harus mempunyai mental baja, karakter yang kuat, keahlian luar biasa serta sifat yang mencerminkan dokter sejati.


Membangun semuanya itu tidak bisa dilakukan dalam sekejap waktu, butuh waktu bertahun-tahun agar melekat seluruh keahlian, sifat, karakter dan mental pada seorang dokter.


Oleh sebab itu, bangun motivasi minimal 3 karakter dokter berikut ini untuk menjadi tenaga kesehatan yang profesional

Baca juga: Kumpulan 30 Kata Bijak untuk Dokter Yang Sangat Memotivasi

1. Kesantunan

Pondasi dasar yang harus dimiliki seorang dokter adalah kesantunan dalam berbahasa. Terdengar sederhana namun pada praktikkan hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan.


Seorang perawat harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik terhadap pasien, sejawat, dan tenaga kesehatan lainnya yang menjadi mitra kerja. Pada karakter ini dokter juga harus bertutur kata baik, sikap, dan bahasa tubuh yang baik.


Membangun karakter kesantunan harus dilakukan sedini mungkin bahkan sebelum mengambil sekolah kedokteran agar ketika menjadi seorang dokter dapat memberikan layanan kesehatan pada pasien dengan bertutur kata baik, sikap, dan bahasa tubuh yang baik.


2. Kesejawatan

Setelah mempunyai sifat atau karakter kesantunan, seseorang yang hendak menjadi dokter harus menjunjung tinggi etika profesi, dan meningkatkan kemampuan serta kompetensi bidang kedokteran.


Kesejawatan sebagai tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat dapat dipelajari di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Kedokteran atau perguruan tinggi Kedokteran seperti Diploma 3 (D3) dan Sarjana Muda (S1).


Menurut Kemenkes RI, kesejawatan mengandung arti bahwa seorang dokter harus mampu menjunjung tinggi etika profesi dan menjalankan amanat sebagai dokter berdasarkan sumpah dokter yang sebelumnya telah dijelaskan dan dipelajari.


Selain itu, karakter seorang dokter ini juga mencerminkan semangat dokter untuk terus berkembang dan meningkatkan kemampuannya dalam bidang kedokteran.


3. Kebersamaan

Karakter seorang dokter terakhir yang harus dimiliki adalah kebersamaan, yaitu seorang dokter tidak boleh bekerja sendiri, melainkan terkoneksi dengan profesi kesehatan lainnya agar tercipta interkonektivitas yang mampu menjadikan pelayanan kesehatan jadi lebih berkualitas.


Mengapa karakter ini penting? Alasannya cukup fundamental, agar pengetahuan di bidang kesehatan dapat semakin berkembang dengan adanya semangat kolaborasi lintas bidang.

Baca juga: 30 Kata-kata Bijak Untuk Dokter, Tumbuhkan Semangat Tenaga Kesehatan yang berkarakter profesional

Menurut Kemenkes RI sebagaimana dilansir cgkata.blogspot.com, 3 Karakter yang kemudian disingkat menjadi 3 K ini diwujudkan berdasarkan UU nomor 20 tahun 2013 yang bertujuan menghasilkan dokter berbudi luhur, bermartabat, bermutu dan berkompeten. "Kesantunan, Kesejawatan, dan Kebersamaan bagus didengungkan demi menjunjung profesi kedokteran." kata Kemenkes.


TAGS berkarakter jurnal karakter Karakter dokter karakter dokter islami karakteristik kedokteran karakteristik dokter makalah karakter dokter pengertian Dokter seorang dokter sikap dokter

Post a Comment for "3 Karakter Wajib Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Dokter"