Definisi Nominalis dan Macamnya

Nominalis


Definisi nominalis ialah menjelaskan sebuah kata dengan kata lain yang lebih umum dimengerti. Jadi, sekadar menjelaskan kata sebagai tanda, bukan menjelaskan hal yang ditandai. Definisi nominalis terutama dipakai pada permulaan sesuatu pembicaraan atau diskusi. Definisi nominalis ada 6 macam, yaitu definisi sinonim, definisi simbolik, definisi etimologik, definisi semantik, definisi stipulatif, dan definisi denotatif.


Dalam membuat definisi nominalis ada 3 syarat yang perlu diperhatikan, yaitu:
  • Jika sesuatu kata hanya mempunyai sesuatu arti tertentu harus selalu diikuti menurut arti dan pengertiannya yang sangat biasa,
  • Jangan menggunakan kata untuk mendefinisikan jika tidak tahu artinya secara tepat
  • Jika arti sesuatu istilah menjadi objek pembicaraan maka harus tetap diakui oleh kedua pihak yang berdebat.



Susanto dalam bukunya menjelaskan definisi nominalis merupakan penjelasan atas sesuatu istilah dengan menggunakan kata lain yang lebih dikenal.


Definisi nominalis setidaknya dapat dibedakan menjadi dua yaitu definisi sinonim dan definisi etimologis.


Pada definisi sinonim, penjelasan diberikan dengan menggunakan persamaan kata atau memberikan penjelasan dengan kata yang lebih dikenal. Contoh, harimau adalah binatang yang mirip kucing yang sangat besar. Sedangkan definisi etimologisnya merupakan penjelasan dengan cara mengetengahkan asal-usul istilahnya. Contoh, dalam menjelaskan kata demokrasi. Kata demokrasi berasal dari kata ‘demos’ dan ‘kratos’, demos artinya rakyat, dan kratos yang artinya kekuasaan. Jadi demokrasi artinya kekuasaan rakyat, atau kekuasaan yang berasal dari, oleh, dan untuk rakyat.


Definisi nominalis pada umumnya mudah disusun dengan mencarinya di kamus-kamus. Untuk para pemula dalam dunia ilmu membuat batasan telaah dengan menggunakan definisi nominalis dapat ditolerir. Akan tetapi bagi para ilmuwan lanjut, penggunaan definisi nominalis menjadi indikator lemahnya pengetahuan yang dimiliki oleh yang bersangkutan karena biasanya sesuatu istilah itu telah berkembang demikian pesat sehingga maknanya sudah bergeser jauh. Yang mungkin masih relevan bagi ilmuwan lanjut ini dengan menggunakan penjelasan ensiklopedia historis, ensiklopedia sistematis, atau handbook, juga menurut perkembangan konsep yang berbeda-beda antara para ahli. Perkembangan konsep tersebut dianjurkan didefinisikan dengan menggunakan definisi realis atau definisi praktis.


Penulis : Pengelola blog, cgkata.blogspot.com

Sumber : Susanto, 2011. Filsafat Ilmu. Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Jakarta : Bumi Aksara

Post a Comment for "Definisi Nominalis dan Macamnya"