Definisi Praktis dan Macamnya

Praktis


Definisi Praktis ialah penjelasan tentang sesuatu hal ditinjau dari segi kegunaan atau tujuan, yang dibedakan atas 3 macam, definisi operasional, definisi fungsional, dan definisi persuasif.


Definisi operasional, yakni penjelasan suatu term dengan cara menegaskan langkah-langkah pengujian khusus yang harus dilaksanakan atau dengan metode pengukuran serta menunjukkan bagaimana hasil yang dapat diamati.


Definisi fungsional, yakni penjelasan sesuatu hal dengan cara menunjukkan kegunaan atau tujuannya.


Definisi persuasif, yakni penjelasan dengan cara merumuskan suatu pernyataan yang dapat mempengaruhi orang lain. Definisi persuasif pada hakikatnya merupakan alat untuk membujuk atau teknik untuk menganjurkan dilakukannya perbuatan tertentu.


Susanto dalam bukunya menjelaskan tujuan praktis menjadi ciri khas penjelasannya. Definisi yang mementingkan praktis menjadi ciri khas penjelasannya. Definisi yang mementingkan praktis menjadi ciri khas penjelasannya. Definisi yang mementingkan penjelasan kegunaannya atau fungsional. Contoh, termometer adalah alat untuk mengetahui panas badan. Definisi tersebut menjadi definisi konotatif ketika orang berpikir hendak membedakan antara temperatur tubuh. Barometer adalah alat pengukur temperatur udara. Kegunaan praktis dari suatu definisi dapat pula ditampilkan berwujud definisi operasional.


Mungkin operasional dalam makna agar mudah terdeskripsikan ketika hendak digunakan untuk mengumpulkan data misalnya wanita karir adalah wanita yang menjalankan pekerjaan yang memberi efek pada status sosial dan ekonomi pada yang bersangkutan. Mungkin pula dalam makna menunjukkan cara pengujiannya, misalnya anak jenius adalah anak yang usia intelegensinya jauh di atas usia tahunnya, dan jauh di atas rata-rata anak cerdas.


Penulis : Pengelola blog, cgkata.blogspot.com

Sumber : Susanto, 2011. Filsafat Ilmu. Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Jakarta : Bumi Aksara

Post a Comment for "Definisi Praktis dan Macamnya"