Mengenal Rukun Iman

Rukun Iman. / Freepik
Rukun Iman. / Freepik


Cgkata.blogspot.com--- Arti rukun iman. Rukun artinya dasar atau pondasi, sementara iman artinya yakin atau percaya. Jadi rukun iman artinya dasar-dasar kepercayaan kita sebagai orang muslim.


Orang yang beriman disebut mukmin. Sebagai orang Islam kita harus beriman kepada Allah Swt.

Rukun Iman. / Freepik
Rukun Iman. / Freepik


Rukun iman ada 6 yaitu:


1. Iman kepada Allah

Iman kepada Allah Ta'ala adalah mempercayai dan meyakini dengan pasti tentang eksistensi Allah, rububiyah, uluhiyah, nama-nama dan sifat-Nya.


2. Iman kepada malaikat

Iman kepada malaikat adalah mempercayai dan meyakini bahwa Allah SWT telah menciptakan malaikat yang diberi tugas untuk mengatur alam dan mengurus perjalanan alam semesta dan tugas tertentu lainnya.


3. Iman kepada kitab-kitab Allah

Iman kepada kitab Allah Swt. artinya meyakini sepenuh hati bahwa Allah Swt. telah menurunkan kitab kepada nabi atau rasul yang berisi wahyu untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia.


4. Iman kepada rasul

Iman kepada rasul adalah meyakini bahwa rasul itu benar-benar utusan Allah Swt. yang ditugaskan untuk membimbing umat-Nya ke jalan yang benar agar selamat di dunia dan akhirat.


5. Iman kepada hari akhir

Beriman kepada hari akhir adalah rukun kelima dari rukun iman. Artinya adalah meyakini dengan pasti kebenaran setiap hal yang diberitakan oleh Allah dalam kitab suciNya dan setiap hal yang diberitakan oleh RosulNya mulai dari apa yang akan terjadi sesudah mati, fitnah kubur, adzab dan nikmat kubur, dan apa yang terjadi sesudah itu seperti kebangkitan dari kubur, tempat berkumpul di akhirat (mahsyar), catatan amal (shuhuf), perhitungan (hisab), timbangan (mizan), telaga (haudh), titian (sirath), pertolongan (syafaat), surga dan neraka serta apa-apa yang djanjikan Allah bagi penghuninya.


6. Iman kepada qada' dan qadar

Iman kepada qada dan qadar merupakan rukun keenam dari rukun iman. Iman kepada qada dan qadar berarti percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah Swt. telah menentukan segala sesuatu yang akan terjadi untuk makhluknya (qada' dan qadar).


Dengan pengenalan dasar atau pondasi iman dalam posts cgkata.blogspot.com diatas, semoga kamu makin yakin atau percaya dalam menjalankan dasar-dasar kepercayaan kita sebagai orang muslim.

Post a Comment for "Mengenal Rukun Iman"