HARI AIR SEDUNIA 2020

cgkata.blogspot.com: 22 Maret setiap tahun diperingati sebagai Hari Air Sedunia oleh masyarakat Indonesia juga Internasional dengan memfokuskan perhatian pada pentingnya air tawar dan mengadvokasi untuk pengelolaan sumber daya air tawar yang berkelanjutan. Tema Hari Air Sedunia 2020 adalah “Air dan Perubahan Iklim” dalam Bahasa Inggris: “Water and Climate Change”.


Tema Hari Air Internasional ini bertujuan sebagai gerakan mempromosikan atau sarana edukasi untuk memfokuskan perhatian pada pentingnya air tawar dan mengadvokasi untuk pengelolaan sumber daya air tawar yang berkelanjutan. Hari ini adalah kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang masalah terkait air, terinspirasi untuk memberi tahu orang lain dan mengambil tindakan untuk membuat perbedaan. Dalam pengertian secara luas, bahwa Air adalah sumber daya kita yang paling berharga: kita harus menggunakannya dengan lebih bertanggung jawab. Kita harus menyeimbangkan semua kebutuhan air masyarakat sambil memastikan orang-orang termiskin tidak ketinggalan.


Hari ini pertama kali secara resmi diusulkan dalam Agenda 21 Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan 1992 di Rio de Janeiro. Pada bulan Desember 1992, Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi A / RES / 47/193 dimana 22 Maret setiap tahun dinyatakan sebagai Hari Air Sedunia.

https://cgkata.blogspot.com/
Gambar ucapan hari Air 2020 Sedunia Internasional


SEJARAH HARI AIR SEDUNIA

Asal-usul Peringatan Hari Air Sedunia Internasional dapat ditelusuri berdasarkan usulan secara resmi dalam Agenda 21 Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan 1992 di Rio de Janeiro. Pada bulan Desember 1992, Majelis Umum PBB mengadopsi resolusi A / RES / 47/193 dimana 22 Maret setiap tahun dinyatakan sebagai Hari Air Sedunia.


Singkatnya sejarah dunia mencatat: Hari internasional untuk merayakan air tawar direkomendasikan pada Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Lingkungan dan Pembangunan (UNCED) 1992 di Rio de Janeiro. Majelis Umum PBB menanggapi dengan menetapkan 22 Maret 1993 sebagai Hari Air Dunia pertama.


Hari Air Sedunia berlangsung setiap tahun pada tanggal 22 Maret, dan bertujuan untuk menggarisbawahi pentingnya air.


Hari Air Sedunia tahun 2020 adalah pada hari Minggu, 22 Maret (22/3/2020). Hari Air Sedunia adalah pada hari ke 82 tahun 2020. Ada 284 hari tersisa di tahun ini.


AIR DALAM EDUKASI CARA MENGHEMAT AIR DI RUMAH SEBAGAI LANGKAH GERAKAN PENTINGNYA KONSERVASI AIR TAWAR DI DUNIA

TUJUAN KONSERVASI AIR

Konservasi air penting karena menjaga air murni dan bersih sekaligus melindungi lingkungan. Hanya 2% dari pasokan air segar di Bumi terkunci di dalam es dan gletser, sementara 97,5% dari air di bumi adalah air asin. Konservasi air melibatkan menahan diri dari polusi air.


Pada dasarnya, semua kehidupan di dunia (Bumi) menggunakan membran yang memisahkan organisme dari lingkungannya. Dalam hal ini, air sangat penting hanya karena itu adalah cairan pada suhu seperti Bumi. Karena mengalir, air menyediakan cara yang efisien untuk mentransfer zat dari sel ke lingkungan sel.


Bahkan tubuh Anda menggunakan air di semua sel, organ, dan jaringannya untuk membantu mengatur suhu dan menjaga fungsi tubuh lainnya. Karena tubuh Anda kehilangan air melalui pernapasan, keringat, dan pencernaan, penting untuk rehidrasi dengan minum cairan dan makan makanan yang mengandung air.


Oleh karena itu sangat penting menggunakan teknik hemat air dapat menghemat uang dan mengalihkan lebih sedikit air dari sungai, teluk, dan muara kami, yang membantu menjaga lingkungan tetap sehat. Ini juga dapat mengurangi biaya pengolahan air dan air limbah serta jumlah energi yang digunakan untuk mengolah, memompa, dan memanaskan air. Berikut adalah tips mudah dalam penghematan Air dalam kehidupan sehar-hari dari cgkata.blogspot.com!


LANGKAH-LANGKAH MENGHEMAT AIR DI RUMAH

1. Periksa semua keran, toilet, dan pancuran untuk mencari kebocoran.

Anda akan terkejut dengan jumlah air yang bisa terbuang dari kebocoran kecil sekalipun. Konsultasikan dengan tukang ledeng untuk memperbaiki kebocoran besar dan kecil.

2. Lindungi pipa air Anda.

Mudah dan murah untuk mengisolasi pipa air Anda dengan insulasi pipa busa pra-celah. Anda akan mendapatkan air panas lebih cepat dan menghindari air terbuang saat memanas.

3. Pasang shower lebih rendah.

shower dengan aliran rendah adalah cara terbaik untuk menghemat air dan uang. showerhead jenis ini, yang relatif murah, bekerja dengan memberikan lebih sedikit galon air per menit (gpm) dibandingkan showerhead konvensional. Shower aliran rendah menghasilkan sekitar 1,6 gpm, dibandingkan dengan sekitar 5 gpm head konvensional.

4. Pasang toilet hemat air.

Toilet hemat air menggunakan 1-2 galon per flush, bukan 3-5 galon. Mengganti toilet 5-galon per-siram dengan model ultra-volume rendah (ULV) 1,5-galon-siram mewakili penghematan air 70% dan akan mengurangi konsumsi air dalam ruangan sekitar 30%.

5. Cuci Kendaraan Anda dengan cara hemat air.

Hemat hingga 150 galon air setiap kali Anda mencuci kemdaraan hanya dengan mematikan selang di antara bilasan.

6. Pasang aerator keran aliran rendah.

Aerator keran aliran rendah sangat murah, hanya sekitar dibawah 100 ribu. Mereka bekerja dengan mencampur udara ke dalam aliran air dan dapat mengurangi konsumsi air di rumah Anda hingga 50%.

7. Gunakan mesin cuci piring hanya jika sudah penuh.

Satu siklus mesin cuci piring menggunakan jumlah air yang luar biasa, jadi usahakan ekstra untuk mengisinya sebelum Anda mulai menekan.

8. Matikan faucet saat mencuci piring.

Saat Anda mencuci piring, cukup gosok setiap item (dengan faucet off) dan sisihkan. Saat semua piring telah digosok, nyalakan air untuk membilas kotoran dan sabun. Ini menggunakan air jauh lebih sedikit daripada menyabuni dan menggosok piring saat keran bekerja.

9. Matikan faucet saat Anda menyikat gigi!

Bisakah Anda bayangkan jika satu orang per rumah tangga di seluruh Indonesia mulai mempertahankan kebiasaan ini? Penghematan air akan luar biasa. Seperti disebutkan di atas, ini adalah salah satu cara termudah untuk menghemat air, dan mudah untuk menjadikannya kebiasaan.

10. Jadilah sadar air!

Menjadi sadar air secara umum saat di rumah dan jauh adalah cara yang efektif untuk menghemat air. Mulailah memperhatikan tren dan kebiasaan Anda terkait penggunaan air dan ubah pola apa pun yang boros.


22 Maret diperingati sebagai Hari Air Sedunia sebagai langkah untuk memfokuskan perhatian pada pentingnya air tawar dan mengadvokasi untuk pengelolaan sumber daya air tawar yang berkelanjutan.


Akhir tulisan cgkata.blogspot.com menyampaikan ucapan selamat peringatan Hari Air Sedunia, 2020 22 Maret!!!

Post a Comment for "HARI AIR SEDUNIA 2020"