HARI ISRA MI'RAJ 2023

cgkata.blogspot.com: 27 Rajab setiap tahun kalender Islam diperingati sebagai Hari Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW oleh masyarakat muslim dunia termasuk Indonesia. Banyak amalan juga kegiatan acara mengangkat Tema Hari Isra Mi'raj 2023 disiapkan untuk mengingat perjalanan peristiwa sejarah Lailat al Mi'raj Rasulullah.


Tema Peringatan hari besar Islam (PHBI) untuk memperingati Isra Mi'raj ini bertujuan untuk menyegarkan kembali ingatan umat muslim kepada peristiwa bersejarah tersebut sekaligus menginspirasi atau mendorong keinginan untuk mengambil manfaat dan pelajaran agar dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam pengertian secara umum, bahwa Hikmah Peringatan Hari Isra Mi'raj adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

https://cgkata.blogspot.com/
Gambar kata mutiara bertema ucapan selamat hari Isra Mi'raj 1444 H/ 2023



SEJARAH HARI ISRA MI'RAJ

Asal-usul kisah Hari Isra Mi'raj dapat ditelusuri berdasarkan dua peristiwa yang berbeda, namun terjadi dalam satu malam dengan latar belakang tanda-tanda Keagungan Allah SWT. Sebagaimana Allah Mengatakan dalam Al-Quran tentang Peristiwa kisah perjalanan kurang dari satu malam Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang dijelaskan dan diabadikan dalam surat Al-Isra ayat 1 yang berbunyi:

Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa yang Kami berkahi sekelilingnya supaya Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda Keagungan Kami. Sesungguhnya, Dia adalah Maha Mendengar dan Maha Melihat.


Meskipun banyak perbedaan pendapat ahli sufi agama Islam mengenai tanggal terjadinya kisah Hari Isra Mi'raj Baginda Rasulullah SAW, namun secara umum mengatakan bahwa Isra dan Mikraj jatuh pada 27 Rajab. Inilah alasan mengapa PHBI untuk memperingati Isra Mi'raj digelar pada tanggal 27 Rajab setiap tahun kalender Islam.


Di 2023, Pemerintah Indonesia telah menetapkan bahwa tanggal 27 Rajab untuk peringatan Isra Mi'raj jatuh pada tanggal 18 Februari 2023 tepatnya pada hari Sabtu. 



Hari Isra Mi'raj bertujuan untuk mengingat perjalanan peristiwa sejarah Lailat al Mi'raj Rasulullah dan mengambil hikmah dan keutamaan dari memperingatinya. Sehingga kita dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, dan berbangsa.


ISRA MI'RAJ DALAM PENGERTIAN KATA: ISRA DAN MIRAJ


Isra dan Miraj adalah sebuah perjalanan di malam hari yang dilakukan oleh Nabi Muhamamd SAW dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjidil Aqsa di kota Syam, kemudia dilanjutkan menuju ke langit tertinggi yakni Sidratul Muntaha dengan tujuan bertemu Allah SWT dan menerima wahyu sholat lima waktu sehari semalam. Sebagian orang meyakini Isra Mi'raj terjadi pada bulan Rajab.

Pengertian Isra' Mi'raj Menurut Bahasa dan Istilah

Isra' menurut cgkata bahasa Arab diartikan sebagai perjalanan disebagian malam hari dalam waktu yang singkat. Dalam Isra', untuk kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW., berarti "diperjalankan" oleh Allah SWT dari Masjidil Haram di Makkah sampai pada Masjidil Aqsha di Palestina.


Sedangkan Mi'raj menurut cgkata bahasa Arab adalah tangga alat naik. Dalam Mi'raj untuk kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW., berarti Rasulullah dinaikkan ke langit atas izin Allah menggunakan kendaraan Buraq sampai ke Sidratul Muntaha yang merupakan tempat tertinggi.


Peristiwa pejalanan hari bersejarah ini memiliki tujuan, adalah untuk menunjukkan sebagian dari tanda kekuasaan dan kebesaran Allah SWT, di bumi dan di langit serta menerima perintah sebagai puncak ibadah yakni shalat yang merupakan Rukun Islam yang kedua.


Adapun yang kedua, pengertian Isra' Mi'raj Menurut Istilah sebagaimana cgkata.blogspot rangkum dar berbagai sumber. Ke-2 Peristiwa pejalanan hari Isra' Mi'raj menurut istilah adalah peristiwa menakjubkan perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsha atau Baytul Maqdis di Palestina, kemudian Rasulullah SAW naik ke Sidratul Muntaha dan kembali lagi ke Masjidil Haram di Mekkah di suatu malam dalam waktu yang singkat. Sebelum Rasulullah SAW diperjalankan pada malam hari itu, dalam hatinya diisi iman dan hikmah, agar beliau tahan menghadapi segala macam cobaan dan tabah dalam melaksanakan perinah-perintah Allah SWT. Peristiwa Isra' ini juga sudah diabadikan dan dijelaskan oleh Allah diantaranya pada Al-Qur'an dalam surat Al-Isra (17) : 1 dan 78, sementara Mi'raj disebut pada Al-Qur'an dalam surat Al-Isra At-Takwir (81) : 19-23 dan Al-Qur'an dalam surat Al-Najm (53) : 7-18.


Dari ayat-ayat di surat tersebut menggambarkan secara jelas bahwa Isra' dan Mi'raj Rasulullah SAW ini diabadikan dalam Al-Qur'an. Yang artinya ini menunjukkan bahwa peristiwa itu benar-benar terjadi dan kita sebagai orang beriman wajib mempercayainya. Hal penting yang pasti disepakati bahwa Isra' dan mikraj adalah benar terjadi dan merupakan salah satu dari mukjizat Rasul yang wajib kita imani.


27 Rajab diperingati sebagai Hari Isra Mi'raj Nabi Muhammad oleh masyarakat muslim Indonesia termasuk Dunia, untuk mengingat perjalanan peristiwa sejarah Lailat al Mi'raj Rasulullah SAW.


Akhir tulisan cgkata.blogspot.com menyampaikan ucapan selamat Peringatan Hari Isra Mi'raj 27 Rajab 1444 Hijriah yang jatuh pada tanggal 20 Febriari 2020 tepatnya pada hari Minggu untuk seluruh sahabat dan keluarga Muslim yang merayakannya!.


Semoga dengan event peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW ini mampu membangkitkan iman dan taqwa untuk mendapatkan kemuliaan di hadapan Allah SWT, Aamiin!!!

Post a Comment for "HARI ISRA MI'RAJ 2023"