IDUL FITRI DAN IDUL ADHA - 03 KATA-KATA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA YANG UMUM DIGUNAKAN

cgkata.blogspot.com: Idain atau lebaran adalah dua hari suci umat Islam yang dirayakan setahun sekali. Dua hari suci umat Islam yang dimaksud adalah Idul Fitri dan Idul Adha. Kedua lebaran ini dirayakan setahun sekali pada waktu yang sama dalam kalender hijriah (Islam) namun pada waktu yang sama dalam kalender Masehi. Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tanggal 1 Syawal dan tahun ini jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022 Masehi. Sedangkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dan tahun ini jatuh pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 2022 Masehi. Meskipun perayaan Idain atau lebaran dilaksanakan dalam waktu yang berbeda namun terdapat ibadah sunnah yang sama dilakukan dalam menyambut kedua hari raya tersebut, ialah Sholat Ied.


Sholat Ied adalah ibadah Sholat sunah yang dilakukan setiap hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Sholat Id termasuk dalam Sholat sunah muakkad, artinya Sholat ini walaupun bersifat sunah, tetapi sangat penting sehingga sangat dianjurkan untuk tidak meninggalkannya.


Selain Sholat tersebut, terdapat pula tradisi umum di Masyarakat Indonesia bahkan dunia dalam menyambut Idul adha dan Idul Fitri, ialah mengirim ucapan dalam menyambut kedua hari raya tersebut dengan kata-kata "Taqabbalallah minna wa minkum Minal 'aidin wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin." Mari ketahui ketiga kalimat atau ungkapan yang umum digunakan ini pada tulisan cgkata.blogspot.com menjelang hari lebaran atau Idain:


3 KATA-KATA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA YANG UMUM DIGUNAKAN

Ucapan 1: Taqabbalallah minna wa minkum pada tulisan Arab تَقَبَّلَ اللّٰهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ


Ungkapan cgkata "Taqabbalallah minna wa minkum" berarti "Semoga semua amal shaleh kita diterima oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala." Ada juga yang melengkapi maknanya dengan lebih spesifik, dengan ungkapan kalimat Taqabbalallah minna wa minkum (shiyamana wa shiyamakum) berarti "Semoga ibadah puasa kita diterima Allah Subhanahu wa Ta'ala"


Ucapan 2: Minal 'aidin wal Faizin pada tulisan Arab مِنَ الْعَائِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ

Ungkapan cgkata "Minal 'aidin wal Faizin" berarti "Semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala menjadikan kita semua termasuk golongan orang yang kembali menjadi suci dan beruntung mendapat surga." Ada juga yang melengkapi maknanya dengan lebih spesifik, dengan ungkapan kalimat Ja'alanallahu wa iyyakum minal a'idin wal fa'izin wal maqbulin kulla 'amin wa antum bikhoir berarti "Semoga ibadah puasa kita diterima Allah Subhanahu wa Ta'ala" berarti "semoga Allah menjadikan kami dan anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung, semoga Allah menerima amalan saya dan kamu, amalan puasa saya dan Anda."

https://cgkata.blogspot.com/


Ucapan 3: Mohon Maaf Lahir dan Bathin pada tulisan Arab نَسْتَعْفِيْكُمْ حَقَّ الْاِسْتِعْفَافِ ظَاهِرًا وَبَاطِنًا

Ungkapan cgkata "Mohon Maaf Lahir dan Bathin berarti "Permohonan maaf lahir dan bathin dalam bahasa Arab diwakili kata "al 'afwu", memaafkan hingga melupakan semua kesalahan." Ucapan Idul Fitri ini lahir dari pemahaman seorang muslim bahwa, meski semua dosa terhapus karena lulus dari pendidikan Ramadhan, ia tidak menghapus kesalahan sesama manusia, oleh sebab itu, permintaan maaf atas kesalahan sesama manusia (haq adamiy) lahir maupun bathin (al isti'faf dhahiran wa baathinan) merupakan hal yang lazim dilakukan orang yang berpuasa.

https://cgkata.blogspot.com/

Baca:


Kata-kata "Semangat" meminta maaf di ucapan selamat Idul Fitri ini sama sekali tidak berarti membenarkan bahwa permohonan maaf hanya di Idul Fitri. ucapan-ucapan minta maaf harus kita lakukan ketika kita berbuat salah di waktu itu juga.


Jadi itulah 3 kata-kata ucapan selamat hari raya yang umum digunakan dalam kata kata mutiara Islami menyongsong Idain atau lebaran Idul Fitri dan Idul Adha tahun 2022 di cgkata.blogspot.com semoga bermanfaat:

Post a Comment for "IDUL FITRI DAN IDUL ADHA - 03 KATA-KATA UCAPAN SELAMAT HARI RAYA YANG UMUM DIGUNAKAN"