HARI KENAIKAN ISA ALMASIH (KENAIKAN YESUS KRISTUS)

cgkata.blogspot.com; Kenaikan, dalam kepercayaan Kristen adalah naiknya Yesus Kristus ke surga pada hari ke-40 setelah Kebangkitan-Nya (Paskah dianggap sebagai hari pertama). Hari Raya Kenaikan Yesus naik setelah serangkaian peristiwa sejarah dengan Natal, Paskah, dan Pentakosta dalam universalitas ketaatannya di antara orang Kristen. Perayaan ini telah dirayakan 40 hari setelah Paskah di Kristen Timur dan Barat sejak abad ke-4. Sebelum waktu itu, Kenaikan diperingati sebagai bagian dari perayaan turunnya Roh Kudus pada hari Pentakosta.


Hari raya Kristen Pentakosta, yang dirayakan lima puluh hari setelah Minggu Paskah, memperingati turunnya Roh Kudus ke atas para Rasul dan pengikut Yesus Kristus lainnya ketika mereka berada di Yerusalem untuk merayakan Pesta Minggu, sebagaimana dijelaskan dalam Kisah Para Rasul. (sesuai dengan Kisah Para Rasul 2: 1–31).


Di tahun 2022, memperingati turunnya Roh Kudus untuk perayaan hari Kenaikan Isa Almasih atau Yesus Kristus ke surga pada hari ke-40 setelah Kebangkitan-Nya akan jatuh pada Kamis tanggal 26 Mei 2022.

Gambar Hari Kenaikan Isa Almasih tema ucapan selamat merayakan Kenaikan Yesus Kristus 26 Mei 2022


Hari Kenaikan Yesus selalu jatuh pada hari Kamis, 40 hari setelah Hari Paskah/Kebangkitan Yesus yang selalu jatuh pada hari Minggu, atau 10 hari sebelum Hari Pentakosta/Hari Pencurahan Roh Kudus, yang juga selalu jatuh pada hari Minggu.


Hari kenaikan Tuhan Yesus ke surga adalah Hari Raya Kristen yang sangat penting untuk kita peringati, sebab hari kenaikanNya tersebut adalah bagian integral dari siklus hidup dan pelayanan Tuhan Yesus.


Inkarnasi (penjelmaan Tuhan Yesus sebagai manusia) dimulai dari kelahiranNya di dunia sebagai manusia (Natal). Kemudian Dia mengalami penderitaan, penyaliban dan kematian karena dosa-dosa kita (Jumat Agung). Namun pada hari yang ketiga Ia bangkit mengalahkan dosa dan maut (Paskah).


Isa Almasih dalam pengertian. Al-Masih (Arab: المسيح al-Masiyah, Ibrani מָשִׁיחַ Mesias (Mesiakh), Yunani Χριστός Kristus) adalah gelar yang ditujukan kepada Isa atau Yesus dalam keyakinan agama Abrahamik. Al-Masih memiliki arti "Yang membaptis, yang diurapi, mengusap atau membelai", berasal dari cgkata "masaha".


Nama Yesus ini dalam bahasa Arab adalah `Isa. Orang Kristen percaya bahwa Yesus adalah istilah Yunani dari Joshua, yang artinya Tuhan menyelamatkan. Nama Yesus menurut Kristen adalah pilihan dari Tuhan sendiri. Namun dalam agama Islam, Yesus disebut dengan istilah 'Isa.


Orang percaya menyembah Isa AlMasih sebagai Tuhan karena ini yang diajarkan dalam Taurat, Zabur, Kitab Nabi-Nabi dan Injil, “Isa AlMasih adalah Tuhan.”


Perayaan Kenaikan Tuhan dan Juruselamat Kami Yesus Kristus, yang juga dikenal sebagai Kamis Kenaikan, Kamis Kudus, atau Hari Kenaikan, memperingati Kenaikan Yesus ke surga. Hari tersebut merupakan salah satu perayaan ekumenis (dirayakan secara universal) dari gereja-gereja Kristen. Hari Kenaikan secara tradisional dirayakan pada hari Kamis, hari keempatpuluh setelah Paskah (sesuai dengan Kisah Para Rasul 1:3), meskipun beberapa denominasi Kristen memindahkan perayaan tersebut pada hari Minggu berikutnya.


Jelang Peringatan Hari Kenaikan Isa Almasih, umumnya Umat Katolik Mulai Dekor Altar dan Siapkan Acara, sehubung dengan pandemi Covid-19 ini persiapan tidak dilakukan. Berdasarkan pesan dari gereja-gereja Nasional, Kegiatan Ibadat Kenaikan Yesus Kristus (Kenaikan Isa Almasih) dilakukan secara online. Meskipun demikian dapat dikatakan bahwa misa yang akan dilakukan di Hari Kenikan Isa Almasih tentu membawa pesan positif dan membangun semangat kepedulian terutama dalam masa pandemi Covid-19 di tahun 2020.


Rangkaian acara Kegiatan Ibadat Kenaikan Yesus Kristus (Kenaikan Isa Almasih) yang umum dilakukan, di antaranya menyanyikan himne, doa-doa dan pujian. Salah satu contoh lagu pembuka (Bdk. Kis 1:11; PS 531):


1. Hai orang-orang Galilea, mengapa kamu tercengang, menengadah ke angkasa, bertanya-tanya tak reda. Tuhan Yesus Kristus sungguh bangkit, kini naik ke surga-Nya, megah di takhta yang mulia di sisi kanan Bapa-Nya.


2. Tetapi jangan kamu ragu, percayalah kepadaku: Tuhan akan datang lagi dengan megah tak terperi. Para malaikat bersukacita, orang kudus bersoraklah. Alleluya, alleluya! Alleluya, alleluya!


atau


Viri Galilæi, quid admiramini aspicientes in cælum? alleluia: quemadmodum vidistis eum ascendentum in cælum, ita veniet, alleluia, alleluia, alleluia.


Ayat. Mazmur 68:1.4‐8.18‐19.32‐33


Alleluia! keluarga besar cgkata.blogspot.com Selamat hari raya Kenaikan Yesus Kristus (Kenaikan Isa Almasih), semoga kasihNya selalu mendampingimu!!!

Post a Comment for "HARI KENAIKAN ISA ALMASIH (KENAIKAN YESUS KRISTUS)"