PERAYAAN DAN MAKNA NATAL

Tema Natal 2022 dan tahun baru 2023.
Tema Natal 2022 dan tahun baru 2023. (Cgkata/Kristiani)


Cgkata.blogspot.com - Tanggal 25 Desember merupakan hari yang sangat penting bagi umat Kristiani adalah hari Natal. Karena dalam perayaan Natal umat kristiani bisa saling berbagi kasih sayang dan sayang terhadap sesama. Selama pada masa Natal orang-orang kristen saling bertukar kado dan menghiasi rumah mereka dengan daun holly, mistletoe, dan juga pohon Natal.


Baca Juga: KATA - KATA UCAPAN SELAMAT NATAL 2022 DAN TAHUN BARU 2023

Walau bagaimanapun kepercayaan dan keyakinan umat kristiani, yang menyakini bahwa perayaan Natal adalah sebagai peringatan hari kelahiran Yesus. Oleh karena itu, Natal dirayakan dengan semeriah mungkin. Lagu-lagu Natal dan Ornamen Natal dengan pohon Natalnya yang khas telah dipajang di gereja-gereja, pusat-pusat perbelanjaan, perkantoran dan lain sebagainya, jauh-jauh hari sebelum Natal tiba. Hal ini sangat terasa sekali maknanya ketika saling cgkata mengucapkan Selamat Hari Natal & Tahun Baru serta saling memberikan kado-kado ataupun hadiah-hadiah yang telah disiapkan sebelumnya. Acara yang paling penting dari seluruh kegiatan Natal adalah “The Christmas Shopping Season” yaitu Musim Belanja Natal. yang dilakukan dengan cara membeli dan tukar menukar hadiah.


Seminggu sebelum Natal dirayakan, mayoritas umat kristiani telah menyiapkan berbagai persiapan dan kebutuhan-kebutuhan, seperti membeli kado-kado yang akan diberikan kepada orang spesial, menyiapkan tempat-tempat untuk berlibur, menyiapkan berbagai alat peribadatan untuk persiapan malam Natalnya dan juga menyiapkan pernak-pernik untuk digantungkan dalam pembuatan pohon Natal. Tradisi saling memberi dan bertukar kado berasal dari tradisi Barat yang ditandai dengan bertukar hadiah antara teman dan anggota keluarga serta datangnya Santa Claus atau Sinterklas. Sinterklas adalah ciptaan seorang pastur yang bernama “Santo Nicholas”yang hidup pada abad ke 4 M.


Selanjutnya waktu menjelang Natal yaitu pada waktu malam Natal. Karena pada dasarnya malam Natal adalah hari raya keagamaan, hari tersebut tidak dianggap sebagai hari libur resmi. Gereja-gereja mengadakan perayaan pada malam itu. Orang-orang memperhatikan gua Natal atau yang disebut dengan replika dari kandang domba tempat Yesus lahir, dengan patung-patung Yesus, Maria, Yosef, Gembala-gembala dan hewan-hewan. (Sambil menyanyikan lagu-lagu Natal) seperti contoh:

Jingle bells, jingle bells, jingle all the way! Oh what fun it is to ride in a one horse open sleigh,


atau contoh lirik lagu lainnya :

Dashing Through the snow in a one horse open sleigh o'er the hills we go laughing all the way bells on bobtail ring making spirits bright what fun it is to ride and sing a sleighing song tonight.



Natal cenderung dirayakan sebagai tradisi mendunia, namun umat kristiani sendiri memperingati Natal Kristus ini dengan lebih berfokus pada rasa syukur dengan khidmat kepada Allah yang telah rela merendahkan diri-Nya sebagai manusia. Kelahiran Yesus di dunia mempunyai suatu titik awal yang paling penting dalam misi Kristus. Dilahirkan bukan dari campuran laki-laki dan perempuan, melainkan campur tangan Allah yakni diperankan oleh kuasa Roh Allah.


Kelahiran Yesus Kristus adalah sebagai berikut: pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan denga Yusuf ternyata ia mengandung dari roh kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri (Matius 1:18)



Baca: Pesan Natal Bersama (PGI dan KWI) 2022

Maria, Dia seorang gadis saleh, mendapat kehormatan sebagai perantara kedatangan Sang Mesias.


Dalam bulan keenam Allah menyuruh Malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret. Kepada seorang perawan yang bertuangan dengan seorang yang bernama Yusuf dari keluarga Daud; berkata: ... Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau‟. Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. Kata Malaikat itu kepadanya: ... Jangan takut hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia dihadapan Allah‟. Sesungghunya engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut anak Allah yang Maha Tinggi, dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya tahta Daud, bapa leluhurny-Nya. Dan ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan”. (Luk: 1:26-33).



Sebenarnya Natal adalah suatu pemberian Allah yang paling besar bagi umat manusia. Natal merupakan wujud Kasih Allah pada manusia.


“Karena begitu besar kasih Allah akan mendunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yoh: 3:16)



Natal merupakan motivasi Allah untuk membantu umat manusia. Natal sebagai kabar baik bagi semua orang di sekitarnya, bahwa Allah telah membuktikan kasih-Nya bagi dunia ini dalam diri Yesus Kristus, dan semoga dengan Natal bisa menjadi berkat bagi semua umat manusia, terlebih bagi umat Allah yang sedah ditebus-Nya. Kelahiran Yesus atauperayaan Natal memang tidak ditulis bahkan tidak ada anjuran dalam Alkitab, untuk merayakan kelahiran-Nya dengan berpesta dan bersenang-senang, memasang pohon dan lain-lain. Untuk mengungkapkan rasa syukur manusia terhadap-Nya. Tetapi memperingati kelahiran Yesus itu harus dan mutlak dalam kehidupan setiap orang yang mempercayai tentang kedatangan-Nya di dunia yang bertujuan untuk menyelamatkan manusia.


Makna yang terpenting dalam Natal adalah lebih kepada kelahiran Yesus Kristus, tidak kepada perayaannya, pesta-pesta atau maknanya melainkan karena peristiwa kelahiran Yesus Kristus adalan bentuk kasih sayang Allah kepada umat-Nya, yang menginginkan umat-Nya bisa diselamatkan dari dosa-dosanya dan bisa hidup kekal. Natal sesungguhnya peristiwa peristiwa maha penting dari serangkaian tindakan Allah dalam upaya penyelamatan manusia dari kematian kekal akibat dosa. Allah adalah pencipta masuk dalam sejarah manusia makhlik ciptaan. Ia maha besar dan maha kuasa berinkarnasi dalam bayi Yesus yang harus tunduk kepada hukum alam yaitu berasa dalam rahim Maria sebagaimana layaknya manusia pada umumnya.


Baca: SEJARAH PERAYAAN NATAL


Makna Natal selanjutnya yang terkandung dalam Natal adalah sosial, melihat dari berbagai pengertian makna di atas cgkata.blogspot.com yaitu tentang kasih Allah kepada umatnya dan kasih manusia terhadap sesamanya. Seperti yang dikatakan Rasul Paulus bahwa:

Hidup kita tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga menjadi berkat bagi orang lain, apa artinya kebebasan, kebahagiaan, kekayaan, kemakmuran jika itu akhirnya akan melukai rasa keadilan orang.



Baca: SELAMAT NATAL 2022! KATA, UCAPAN, PESAN, TEMA DAN SEMUA INFORMASI PERAYAAN YANG PERLU ANDA KETAHUI


Natal menjadi momen yang berhubungan dengan misi penyelamatan Allah, seharusnya semua umat Tuhan di ingatkan kembali tentang tujuan kelahiran Yesus Kristus, yaitu untuk, membawa kemuliaan bagi Allah serta kasih yang damai sejahtera kepada semua manusia yang berkenan kepada-Nya.


Kemuliaan bagi Allah di temat yang Maha tinggi dan damai sejahtera di bumi diantara manusia yang berkenan kepada-Nya.(Luk 2:14).



Tujuan ini diungkapkan dengan jelas oleh sejumlah bala tentara sorga dan malaikat melalui pujian mereka kepada Allah, inilah yang dikehendai Allah saat umat-Nya merayakan Natal.


Demikialah makna dan tema Natal 2022 dan tahun baru 2023 di cgkata.blogspot.com Mari sambut tanggal 25 Desember karena ini merupakan hari yang sangat penting bagi umat Kristiani adalah memaknai hari Natal Tahun 2022!.

Post a Comment for "PERAYAAN DAN MAKNA NATAL"