5 Pilihan Doa untuk Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan

5 Pilihan Doa untuk Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan


Cgkata.blogspot.com -- Berbuka puasa, setelah menahan haus dan lapar sejak fajar hingga matahari terbenam, membawa kebahagiaan yang tak terkira. Mengucapkan rasa syukur dan doa sudah sepatutnya kita lakukan saat berbuka puasa.


Sebelumnya, perlu dipahami bahwa puasa adalah saat di mana doa kita memiliki peluang yang lebih besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT. Ini didasarkan pada hadist berikut ini:


Ada tiga jenis orang yang doanya tidak pernah ditolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika berbuka, dan doa orang yang tertindas yang sampai di atas awan dan membuka pintu-pintu langit.


Menurut pepatah, ada tiga orang yang doanya akan selalu diterima: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa saat berbuka puasa, dan orang yang mendoakan orang yang tertindas. Doa-doa mereka akan diangkat ke awan dan pintu-pintu langit akan dibukakan untuk mereka. Hal ini tercatat dalam Hadits Tirmidzi no. 2449.


Doa yang diucapkan sangat sering dilakukan dan tidak terbatas, selama doa tersebut memiliki makna yang baik. Dalam konteks berbuka, Imam al-Nawawi (w. 676 H.) dalam buku karyanya al-Adzkar memuat 5 jenis doa yang berbeda.


Pertama, doa yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari sahabat Ibnu Umar ra, menyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW biasa membaca doa berikut ini ketika berbuka puasa:


Rasa haus telah hilang, urat-urat menjadi lembab, dan pahala sudah pasti, insya Allah.


(Dengan karunia Allah, perjalanan telah selesai, dan pahala akan dijamin, insya Allah).


Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Haus telah dipuaskan, tenggorokan telah dibasahi, dan pahala telah dijanjikan oleh Allah." (Diriwayatkan oleh Abu Daud no. 2010)


Kedua, riwayat dari Abu Daud melalui Mu'adz bin Zahrah, ia menceritakan kisah doa Nabi saat berbuka puasa sebagai berikut:


Ya Allah, aku telah menahan diri untuk-Mu, dan aku telah berbuka dengan rizki-Mu.


Aku telah mengabdikan diriku kepada-Mu, ya Allah, dan aku telah membuka rezekiku dari karunia-Mu.


"Ya Allah, aku berpuasa karena-Mu dan berbuka dengan berkah-Mu." (Diriwayatkan oleh Abu Daud, no. 2011)


Dalam masyarakat kita, ada tambahan untuk doa ini, dan itu tidak menjadi masalah. Sekali lagi, doa tidak terbatas pada tradisi. Kita bebas mengekspresikan doa selama itu baik. Tambahannya adalah:


Ya Allah, aku telah berdiam diri untuk-Mu, beriman kepada-Mu, dan berbuka dengan rizki-Mu, wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang. (Allahummalakasumtu wabika aamantu wa'alarizqika afthortu birohmatikaya ar-hamarrahimin)


Artinya "Ya Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, aku berpuasa untuk-Mu dan dengan rezeki dan rahmat-Mu aku berbuka."


Ketiga, riwayat Ibnu Sunni dari Mu'adz bin Zahrah dapat ditelusuri kembali.


Segala puji bagi Allah, yang telah menolong saya untuk tetap diam dan memberi saya rezeki untuk berbuka puasa.


Segala puji bagi Allah, yang telah menolong saya sehingga saya merasa lega, dan mencukupi kebutuhan saya sehingga saya bersyukur.


Segala puji bagi Allah yang telah menolongku untuk berpuasa dan memberiku rezeki untuk berbuka (HR. Ibnu Sunni).


Keempat, ini masih diriwayatkan oleh Ibnu Sunni, tetapi dari Sahabat Ibnu Abbas:


Ya Allah, kami berpuasa untuk-Mu dan berbuka dengan rezeki-Mu. Terimalah dari kami, karena Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.


(Kami berdoa kepada-Mu, ya Allah, dan dengan ketentuan-Mu kami telah dipilih. Terimalah dari kami, karena Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).


Artinya: "Ya Allah, karena Engkaulah kami berpuasa, dan dengan rizki-Mu kami berbuka, maka terimalah puasa kami, karena Engkaulah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (Diriwayatkan oleh Ibnu Sunni)


Menurut riwayat Ibnu Majah dan Ibnu Sunni, doa kelima ini berasal dari doa Ibnu Umar:


Ya Tuhan, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu, yang meliputi segala sesuatu, untuk mengampuniku.


(Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, ampunilah aku).

Baca juga : UCAPAN-UCAPAN SELAMAT BERBUKA PUASA DI BULAN SUCI RAMADAN

Seperti yang dinyatakan, "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, ampunilah aku." (Lihat: An-Nawawi, al-Adzkar, hal. 190)


Berikut adalah beberapa jenis doa yang dapat dibaca saat berbuka puasa. Tidak ada kekhawatiran atau kegelisahan tentang riwayat yang paling sahih. Kelima doa di atas dapat dibaca saat menjalankan ibadah berbuka puasa.


Mungkin akan terasa memberatkan jika kita harus melafalkan kelima bacaan tersebut sekaligus saat berbuka puasa. Solusinya adalah dengan memilih satu atau dua doa yang paling nyaman dan mudah untuk kita hafalkan dan ucapkan. Hanya Allah yang tahu yang terbaik.

Post a Comment for "5 Pilihan Doa untuk Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan"