Pengertian Sinonim dan Antonim

Pengertian Sinonim dan Antonim.
Pengertian Sinonim dan Antonim. (ilustrasi)


Dalam bahasa Indonesia, sering kita temui adanya hubungan kemaknaan atau relasi semantik antara sebuah kata. Hubungan atau relasi kemaknaan ini adalah kesamaan makna (sinonim), dan kebalikan makna atau lawan dari makna (antonim). Menurut Rahardi (2010: 33) sinonim dan antonim memiliki pengertian sebagai berikut:


Kata bersinonim berarti sejenis, sepadan, sejajar, serumpun, dan memiliki arti sama. Secara lebih gampang dapat dikatakan bahwa sinonim sesungguhnya adalah persamaan makna kata. Adapun yang dimaksud adalah dua kata atau lebih yang berbeda bentuknya, ejaannya, pengucapan atau lafalnya, tetapi memiliki makna sama atau hampir sama.


Kata berantonim berlawanan dengan kata bersinonim. Bentuk kebahasaan tertentu akan dapat dikatakan berantonim kalau bentuk itu memiliki makna yang tidak sama dengan makna lainnya. Sobat cgkata.blogspot.com, dalam linguistik dijelaskan bahwa antonim menunjukkan bentuk-bentuk kebahasaan itu memiliki relasi antar makna yang wujud logisnya berbeda atau bertentangan antara satu dengan lainnya.

Baca juga : Definisi Sinonim Dan Contohnya

Secara etimologi, kata sinonim berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu onoma yang berarti "nama", dan syn yang berarti "dengan". Maka secara harfiah kata sinonimi berarti nama lain untuk benda atau hal yang sama.


Menurut Verhaar dalam Chaer (2009: 83), secara semantik sinonim didefinisikan sebagai ungkapan (bisa berupa kata, frase, atau kalimat) yang maknanya kurang lebih sama dengan makna ungkapan lainnya.


Sama halnya dengan sinonim, antonimin juga berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu onama yang artinya "nama", dan anti artinya "melawan". Secara harfiah antonim berarti nama lain untuk benda lain pula.


Menurut Vehaar dalam Chaer (2009: 89), mendefinisikan antonim sebagai: ungkapan (bisa berupa kata, frase, atau kalimat) yang maknanya dianggap kebalikan dari makna ungkapan lain.


Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwasannya sinonim adalah persamaan kata, dan antonim adalah lawan kata. Demikianlah Materi sinonim dan antonim, semoga bermanfaat bagi sobat cgkata.blogspot.com. Sobat, Meskipun dari pengertiannya, sinonim dan antonim mudah diingat. Namun, tidak jarang siswa yang salah mengartikan pengertian dari sinonim dan antonim. jadi untuh memudahkannya sobat cgkata.blogspot.com perlu ingat bahwa Sinonim menjadi lawan kata, sedangkan antonim menjadi persamaan kata.

Baca juga : Definisi Antonim Dan Contohnya

Penulis: Admin Blog Cgkata.

Cgkata.blogspot.com merupakan blog Kamus online populer dan terpercaya dengan lebih dari 1 juta kata. Temukan definisi, makna, sinonim, pengucapan, terjemahan, asal dan contoh.


Sumber: Nindia Darnoto, 2014. PENGGUNAAN METODE PERMAINAN BAHASA TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SINONIM DAN ANTONIM. Universitas Pendidikan Indonesia.


Sekian uraian tentang Pengertian Sinonim Antonim dan Contohnya Menurut Para Ahli, semoga bermanfaat.(*)

Post a Comment for "Pengertian Sinonim dan Antonim"