Barang Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan

Alat pemuas kebutuhan ada yang berwujud dan tidak berwujud. Jasa merupakan alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud, sedangkan barang merupakan alat pemuas kebutuhan yang berwujud.


Menurut Sudarno, dkk 2016 ada beberapa alat pemuas kebutuhan yang berwujud barang antara lain sebagai berikut:

Barang Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan


Baca juga Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

1. Barang Ekonomi

Hampir semua barang di muka bumi adalah barang ekonomi. Barang ekonomi merupakan barang yang memiliki kegunaan sebagai alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas. Jumlah barang tersebut lebih sedikit jika dibandingkan dengan kebutuhan manusia sehingga untuk mendapatkannya manusia memerlukan pengorbanan. Misalnya, untuk memperoleh makanan, pakaian, dan pemenuhan manusia mengeluarkan uang dan untuk memperoleh uang, manusia harus mengorbankan barang, waktu, tenaga, dan pikirannya.


2. Barang Bebas

Barang bebas merupakan barang alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya tidak terbatas sehingga menuasia untuk mendapatkannya tidak perlu mengeluakan biaya. barang bebas tersedia dalam jumlah yang melimpah dan manusia dapat langsung mengambilnya dari alam, misalnya udara, sinar matahari, pasir di padang pasir, dan air laut di pantai. Semua ini merupakan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa uang harus kita syukuri, beberapa uang yang harus kita keluarkan seandainya semua barang seperti udara segara, air, sinar matahri yang tersedia secara melimpah di Negara kita tercinta ini harus kita beli.


Suatu barang adakalanya termasuk barang bebas, namun pada saat yang lain sebagai barang ekonomi. Hal tersebut dipengaruhi oleh situasi dan kondisi tertentu. Hal tersebut dipengaruhi oleh situasi dan kondisi tertentu. Misalnya, air bagi masyarakat perdesaan merupakan barang bebas dan dapat langsung diambil di alam. Namun, bagi masyarakat kota besar, air merupakan barang ekonomi karena untuk memperolehnya mereka harus membeli dari perusahaan air minum.


Dari pembahasan posts mengenai "Barang Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan" di cgkata.blogspot.com dapat disimpulkan bahwa alat pemuas kebutuhan ada yang berwujud dan tidak berwujud sementara jasa merupakan alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud. Sedangkan barang merupakan alat pemuas kebutuhan yang berwujud.***

Post a Comment for "Barang Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan"