Pengertian Ilmu Ekonomi

Ekonomi merupakan kata yang tidak asing karena sering kita dengar dan gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, golongan ekonomi lemah, kesulitan ekonomi, atau pertumbuhan ekonomi. Kata ekonomi berasal dari berasal dari bahasa Yunani, yaitu asal katanya adalah oikos yang berarti (rumah tangga) dan nomos (aturan, pengelolaan).


Menurut kamus besar bahasa Indonesia, ilmu adalah pengetahuan tentang suatau bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan). Sementara itu, ekonomi berhungan dengan asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan, seperti dalam hal keuangan, pendistribusian, dan perdagangan.


Terdapat beberapa para ahli mendefinisi ilmu ekonomi dalam konteks Indonesia sebagai berikut:
  1. Mubyarto menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu sosial atau ilmu kemasyarakatan yang harus diabadikan untuk kepentingan kemajuan kemanusiaan.
  2. Paul Samuelson menyatakan bahwa ilmu ekonomi ialah studi tentang cara masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam mengggunakan sumber daya produksi yang terbatas, tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk keperluan konsumsi saat ini atau dimasa mendatang, kepada berbagai orang atau kelompik dalam masyarakat.
  3. Albert L. Meyersmenyatakan bahwailmu ekonomi adalah ilmu yang memepersoalkan kebutuhan dan pemuasan kebutuhan manusia, dimana kata kunci dari definisi ini adalah merupakan kebutuhan atau suatu keperluan manusia terhadap barang-barang dan jasa-jasa yang sifat dan jenisnya sangat bermacam-macam dalam jumlah yang tidak terbatas.
  4. J.L. Meij mengemukakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu tentang usaha manusia kearah kemakmuran, di mana manusia sebagai mahluk ekonomi (Homo Economicus) pada hakekatnya mengarah kepada kemakmuran pencapaian kemakmuran.

Pengertian Ilmu Ekonomi
Pengertian Ilmu Ekonomi. (freepik/freepik)


Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang semakin kompleks dengan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada. Manusia harus bersifat dan bertindak yang rasional dalam memilih dan memutuskan apa saja yang menciptakan kemakmuran yang berkelanjutan baik saat ini maupun di masa yang akan datang.


Baca posts Sejarah Ilmu Ekonomi

Berdasarkan pengertian atau definisi yang dikemukakan para ahli tersebut, jelaslah sahabat cgkata.blogspot.com bahwa Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang semakin kompleks dengan memaksimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada.

Post a Comment for "Pengertian Ilmu Ekonomi"