Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia



Kebutuhan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk mencapai kamakmuran. Untuk mencapai kemakmuran tersebut dapat diperlukan keberadaan alat pemuas kebutuhan. Kebutuhan manusia dapat dikelompokkan berdasarkan jenis dan faktor-faktor yang memengaruhinya.


Jenis kebutuhan dapat dibedakan berdasarkan tingkat intensitasnya, subjek yang membutuhkan, waktu pemenuhan kebutuhan, dan sifat pemenuhan kebutuhan.


Jenis Kebutuhan Berdasarkan Tingkat Intensitas

1. Kebutuhan primer

Kebutuhan primer ialah kebutuhan manusia yang harus dipenuhi untuk menglangsungkan hidupnya. Agar dapat hidup layak, manusia harus makan, berpakaian, dan mempunyai tempat tinggal. Kebutuhan primer sering disebut juga sebagai kebutuhan alamiah atau kebutuhan utama.


2. Kebutuhan sekunder

Kebutuhan sekunder atau kebutuhan pelengkap ialah kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer. Contohnya, manusia perlu melengkapi diri dengan sepatu, tas, dan peralatan untuk bekerja.


3. Kebutuhan tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang bersifat mewah, umumnya tujuan pemenuhaan kebutuhan ini adalah untuk menaikkan status sosial kebutuhan mewah dipenuhi stelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi.


Sebagai contoh, penggunaan mobil mewah bukan lagi bertujuansebagai sarana transportasi, tetapi untuk menunjukan status sosial. Penggunaan perhiasan mahal atau tinggal di apertemen mewah juga dapat menaikkan status sosial pengguna.


Jenis kebutuhan berdasarkan subjek yang membutuhkan

1. Kebutuhan individu

Kebutuhan indvidu adalah kebutuhan yang berhubungan dengan berbagai individu yang berbeda. contoh seorang petani membutuhkan cangkul, benih, traktor, dan alat pertanian lainnya. Di lain pihak, guru membutuhkan alat tulis peraga, buku referensi, modul, dan prangkat mengjar lainnya.


2. Kebutuhan umum

Kebutuhan umum ialah kebutuhan yang berhubungan dengan masyarakat atau disebut juga kebutuhan sosial. Contohnya, jalan raya, jembatan penyebrangan, taman kota, jaringan listrik, dan fasilitas umum lainnya.


Jenis kebutuhan berdasarkan waktu

1. Kebutuhan sekarang

Kebutuhan sekarang atau kebutuhan saat ini ialah kebutuhan yang tidak dapat ditunda pemenuhannya dan harus dilakukan saat ini. Contoh, orang yang lapar harus segera makan dan orang sakit harus segera berobat atau dirawat di rumah sakit.


2. Kebutuhan masa mendatang

Kebutuhan masa mendatang atau kebutuhan masa depan ialah kebutuhanyang dirancang atau direncanakan untuk terpenuhi dimasa depan. Contoh, orang tua menabung atau mengikuti asuransi pendidikan untuk mempersiapkan biaya kuliah anaknya.


Jenis kebutuhan menurut sifat pemenuhan kebutuhan

  1. Kebutuhan jasmani atau kebutuhan fisik ialah kebutuhan yang berhubungan dengan tubuh manusia. Jenisnya antara lain pakaian, minuman, makanan, dan obat-obatan
  2. Kebutuhan rohani ialah kebutuhan yang berhubungan dengan kejiwaan seseorang. Sebagai Contoh, agar dapat bekerja lebih baik karyawan perlu mendapat nasihat, motivasi, dan latihan yang berhubungan dengan pengembangan kepribadian maupun keahlian kerja.


Baca posts Kumpulan Kata-kata Motivasi Belajar Giat untuk Siswa

Dengan demikian posts Jenis kebutuhan dapat dibedakan berdasarkan tingkat intensitasnya, subjek yang membutuhkan, waktu pemenuhan kebutuhan, dan sifat pemenuhan kebutuhan yang dapat dishare cgkata.blogspot.com dalam perkembangannya, kebutuhan manusia di mulai dari kebutuhan yang paling sederhana kemudian meningkat pada kebutuhan yang lebih komplek. Sudah menjadi sifat dasar manusia bahwa manusia tidak pernah puas dari apa yang pernah diperoleh sebelumnya. Dengan demikian manusia harus mencari cara agar kebutuhannya dapat tercukupi dengan baik dan berkelanjutan, contohnya seperti meminimalkan penggunaan SDA, serta pembuangan sampah dan polutan sehingga tidak membahayakan lingkungan.

Post a Comment for "Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia"