Jenis-jenis Barang Menurut Kegunaanya

Berdasarkan kegunaannya, terdapat 2 macam barang yang perlu diketahui cgkata.blogspot.com, jenis jenis yang dimaksud cgkata yakni, Barang Produksi dan Barang Konsumsi.

Jenis-jenis Barang Menurut Kegunaanya
Jenis-jenis Barang Menurut Kegunaanya. (freepik/freepik)


2 Macam Barang Menurut Kegunaanya

1. Barang Produksi

Barang produksi sering disebut dengan barang modal.


Barang produksi merupakan barang yang digunakan dalam proses produksi. Disebut barang modal karena barang ini digunakan untuk menghasilkan barang lain. Barang produksi ada yang habis dalam satu kali proses produksi, misalnya tepung terigu untuk membuat roti. Tepung terigu akan habis dalam satu kali proses pembuatan roti. Barang produksi juga ada yang tidak akan habis dalam satu kali proses produksi, misalnya mesin-mesin dan peralatan pabrik.


Mesin dan peralatan pabrik dapat digunakan secara berulang-ulang.


2. Barang Konsumsi

Barang konsumsi merupakan barang yang secara langsung dapat diguanakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Baca juga Jenis-Jenis Kebutuhan Manusia

Barang konsumsi sering disebut dengan barang jadi atau barang siap pakai. Barang konsumsi ada yang habis dalam satu kali pemakaian, misalnya makanan dan minuman. Barang konsumsi juga ada yang dapat dipakai secara berulang-ulang, misalnya pakaian, perabot rumah tangga, dan kendaraan.


Itulah kedua macam barang yang perlu diketahui cgkata.blogspot.com, yakni Barang Produksi Barang Konsumsi dan contoh-contohnya.


Perlu diketahui sobat cgkata.blogspot.com, bahwa kegiatan ekonomi merupakan kegiatan untuk menghasilkan barang dan jasa yang memiliki nilai/manfaat. Untuk itu sobat, sumber daya manusia dan alam perlu dikelola secara efektif sehingga kepuasan dapat tercapai optimal.***

Post a Comment for "Jenis-jenis Barang Menurut Kegunaanya"