Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Guru

Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Guru yang Sangat Memotivasi


Terlepas dari peran pendidik, guru adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah siswa dapat kembali terinspirasi dalam belajar dan menerangkan jalan bagi orang lain.


Guru mempunyai tanggung jawab yang berat, ia harus memiliki banyak keahlian, kesabaran, cinta dan kasih sayang. Tidak heran gelar “Pahlawan tanpa tanda Jasa” sering disematkan untuk profesi satu ini.


Tidak hanya mendidik dan mengajar, guru juga bertugas membimbing dan mengarahkan siswa ke jalur yang benar. Terutama dalam hal proses belajar mengajar. Jika siswa mengalami kebingungan dan kesulitan, guru bisa memberi bimbingan dan pengarahan. Guru dan siswa bersama-sama memecahkan masalah yang dihadapi siswa.


Meski begitu, Ibu Bapak guru adalah pentransfer ilmu, maka sepatutnya dia memiliki modal dasar berupa ilmu yang akan diajarkan kepada peserta didiknya.


Meski begitu, Ibu Bapak guru tetap saja guru. Ia sama seperti manusia pada umumnya yang bisa merasakan rasa capek, lelah, frustasi, sakit hati dan lain sebagainya.


Menurut Sardiman (1992), peran guru dalam proses pembelajaran adalah sebagai Informator, Organisator, Motivator, Pengarah/Direktor, Inisiator, Transmiter, Fasilitator, Mediator, dan Evaluator.


Guru berperan sebagai emansipator ketika siswa yang dicampakkan secara moril dan mengalami berbagai kesulitan, guru membangkitkan kembali pribadi yang percaya diri.

Baca juga: 5 Sifat Wajib Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Guru


10 Kata-kata Bijak untuk Guru

Berikut 10 kata-kata bijak untuk guru yang dapat memotivasi agar semakin semangat dan pantang menyerah saat bekerja.


1. Meski seragam guru tidak semenarik seragam perawat atau dokter, namun seragam yang kami kenakan telah disumpah untuk tidak membedakan siswa baik dari segi keturunan, pangkat, ekonomi, suku, ras dan lain sebagainya.


2. Menjadi seorang guru tidak hanya bertugas untuk menjadi Informator, Organisator, Motivator, Pengarah/Direktor, Inisiator, Transmiter, Fasilitator, Mediator, dan Evaluator saja, lebih dari itu kami wajib memastikan masa depan anak bangsa dan kesuksesan itu nyata.


3. Bagaimana mungkin guru dapat menyakiti sedangkan tugas kami adalah mendidik?


4. Tidak ada senyum paling tulus dari senyum seorang ibu dan bapak guru. Ia dengan ikhlas mendidik sepenuh hati tanpa pamrih.


5. Pengorbanan seorang guru honorer begitu berat, Modal semangat saja tidak akan cukup.


6. Sebuah bangunan tidak dapat berdiri kokoh tanpa adanya fondasi. Begitu pula pendidikan tidak akan berdiri kuat tanpa guru yang profesional.


7. Menjadi guru wajib berbangga, tanpa seorang guru mau jadi apalah dunia ini?


8. Bukan berapa banyak yang dapat guru lakukan tetapi berapa banyak pengabdian tulus telah hadir kepada siswa sebagai generasi bangsa?


9. Guru itu bak mentari, menyinari semua orang tanpa pernah memilih siapa yang harus disinari dan tulus memberi kehangatan dari hati yang terdalam.


10. Bukan tugas seorang guru untuk memberikan kepastian. Tugas guru adalah memastikan semangat dan harapan kepada siswa bawa sukses selalu bisa diraih.

Baca juga: 10 Karakter Wajib Yang Harus Dimiliki Seorang Guru 10 Prinsip Etika dalam Dunia Keguruan yang Wajib Dimiliki Pengertian Profesi Guru Menurut Para Ahli Yang Wajib Kamu Tahu



CGKATA adalah salah satu blog Kata kata terbaru dan terbaik yang menawarkan ribuan Kata kata di setiap kategori seperti pendidikan, kutipan mutiara, motivasi, lucu, pribahasa, pepatah, dan banyak lagi. CGKATA.blogspot.com itu juga salah satu direktori Kata kata paling terbaik di web blogspot yang menyediakan pesan gratis dengan opsi berbagi sosial.


Jika kamu menyukai situs blog ini karena menyediakan berbagai macam Kata kata, sindiran, dan peribahasa yang terbaru terbaik dan berkualitas tinggi, jangan lupa terus mambacanya tiap hari.

TAGS caption guru instagram kata bijak untuk calon guru kata bijak untuk guru kata mutiara cinta guru kata mutiara guru seorang guru kata guru kata guru untuk siswa kata-kata mutiara guru kata-kata guru kata-kata guru baper kata-kata guru untuk siswa

Post a Comment for "Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Guru"