Makna Tema dan Logo Hari Anak Nasional 2023

Hari Anak Nasional 2023
Logo Hari Anak Nasional 2023 (kemenpppa.go.id)



CGKATA- Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tahunnya pada 23 Juli. Tema tahun ini diambil belatar belakang semangat guna mendorong para pihak baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan, dunia pendidikan, dan media massa untuk terus bersama-sama melakukan kerja-kerja aktif yang berimplikasi terhadap tumbuh kembang anak dengan cara melakukan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak sesuai tugas dan kewenangan masing-masing, termasuk dalam pemberian identitas, pengasuhan yang layak, layanan kesehatan dan jaminan sosial, pendidikan dan pemanfaatan waktu luang, serta mendapatkan perlindungan khusus menuju Indonesia Layak Anak (IDOLA) Tahun 2030. Oleh karena itu, tema HAN tahun 2023 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”.


Anak-anak Indonesia yang berjumlah 29,5 % atau 79,7 juta berdasarkan data tahun 2021 atau 30,73% berdasarkan data BPS tahun 2022 yang ada saat ini memegang peranan strategis ketika 100 tahun Indonesia merdeka di tahun 2045. Mereka adalah calon pemimpin bangsa ke depan yang diharapkan menjadi generasi emas yang cerdas, sehat, unggul, berkarakter dan dalam suka cita yang bersendikan kepada nilai-nilai moral yang kuat.


Dilansir dari laman kemenpppa oleh Cgkata.blogspot.com, logo HAN 2023 memperlihatkan siluet tiga orang anak yang sedang memegang bendera merah putih. Arti logo ini adalah bahwa Setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian (cita-cita) yang dapat diraih dengan doa, semangat dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan sangsaka merah putih.


Warna merah dan putih yang mendominasi logo ini Menjadi kebersamaan dan nasionalisme anak-anak Indonesia untuk tetap kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.


Sementara itu, garis abu-abu yang terdapat di tengah logo mempresentasikan situasi endemi COVID-19 yang berdampak pada dunia anak dengan perubahan pola hidup, tetap harus diupayakan terpenuhi hak anak, bergembira dan penuh kreativitas dalam perlindungan keluarga.


Penulis : Pengelola blog Cgkata,

Sumber : Pedoman Penyelenggaraan Peringatan Hari Anak (HAN) Ke-39 Tahun 2023, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (kemenpppa)

Post a Comment for "Makna Tema dan Logo Hari Anak Nasional 2023"