KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI BATIK NASIONAL

CGKATA: Ucapan Selamat Memperingati Momentum Sejarah Hari Batik Nasional 2 Oktober. Batik merupakan salah satu jenis dari seni grafis tradisional dalam seni terapan dimana menggunakan media kain sebagai bahan dasar dan zat pewarna dari alam guna mempercantik tampilan unsur batik itu sendiri. Bahkan para ahli berpendapat bahwa pengertian seni Batik adalah sebuah teknik menggambar diatas kain dan memanfaatkan lilin dan canting sebagai bahan dan alat untuk membuatnya. Ini artinya, dibutuhkan seseorang yang memiliki jiwa seni tinggi dalam membatik. Berdasarkan asal usul batik di Indonesia, ini terkait erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit dan penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa. Dalam beberapa catatan sejarah Nasional, pengembangan batik banyak dilakukan berawal dari zaman Kesultanan Mataram, lalu berlanjut pada zaman Kasunanan Surakarta hingga Kesultanan Yogyakarta. Sejarah perkembangan batik tidak hanya berhenti sampai hari ini saja.


Peringatan Hari batik Nasional (HBN) misalnya, merupakan salah satu cara perintah Indonesia dalam mempromosikan dan mengenalkan pengembangan batik kepeda genarasi muda zaman sekarang. Bukan hanya itu, banyak teman pencinta seni budaya khususnya batik menggunakan berbagai pernik pelengkap penampilan dalam kehidupan sehari-hari seperti tas, sepatu, dasi, hingga helm, juga sudah menggunakan batik sebagai motifnya.


Pada Peringatan Hari batik Nasional (HBN) pemerintah telah membuat surat edaran sebagai himbauan dan harapan kepada masyarakat Indonesia untuk mengenakan / menggunakan pakaian bermotif batik untuk menyemarakkan HBN 2022 ini. Bukan hanya pakaian, pernik pelengkap dalam kehidupan sehari-hari seperti tas, hingga sepatu dengan motif batik juga sudah digunakan sehari pada tanggal 2 Oktober 2022, dimana tanggal ini merupakan tanggal Peringatan Hari batik Nasional (HBN) yang ke-13.



Dapat dikatakan bahwa Hari Batik Nasional (HBN)  juga dikenal dengan nama lain Inggris Batik Day adalah perayaan atau peringatan dengan tujuan untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO. Selain tujuan tersebut, yang paling utama adalah sebagai wujud penghormatan kita terhadap jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan serta melestarikan kebudayaan Indonesia, dengan terus melestarikan seni budaya membatik untuk Nusantara bagi generasi muda penerus bangsa.



Untuk menyambut Perayaan Nasional di Hari Batik Indonesia berikut tema kumpulan kata-kata mutiara, kata-kata bijak, kata puitis menyentuh hati dengan quotes motivasi inspirasional dari contoh kata ucapan hari batik tahun 2021 yang jatuh pada tanggl 2 Oktober sebagai hari raya Batik ini.




KUMPULAN KATA-KATA MUTIARA HARI BATIK NASIONAL SINGKAT BERMAKNA

Inilah contoh kumpulan kata-kata bijak dengan inspirasi juga motivasi kata mutiara tentang membatik di Hari Batik Nasional (HBN) 2 Oktober 2022 berupa quotes singkat dari yang terbaik.


Dalam Bahasa Inggris:
Love is like a batik created from many emotional colors, it is a fabric whose pattern and brightness may vary. Diane Ackerman, A Natural History of Love.

Artinya:
Cinta itu seperti batik yang dibuat dari banyak warna emosional, itu adalah kain yang pola dan kecerahannya mungkin berbeda-beda





Dalam Bahasa Inggris:
Make yourself joy of dressing with creative and an art wich cultural heritage .. 

Artinya:
Buat diri Anda bahagia berpakaian dengan kreatif dan seni yang warisan budaya ..




Dalam Bahasa Inggris:
What would it be like to have not only color vision but culture vision, the ability to see the multiple worlds of others. - Mary Catherine Bateson


Artinya:
Apa jadinya memiliki tidak hanya penglihatan terhadap warna tapi juga penglihatan terhadap budaya, kemampuan untuk melihat berbagai dunia orang-orang lain.




Dalam Bahasa Inggris:
Preservation of one’s own culture does not require contempt or disrespect for other cultures. - Cesar Chavez

Artinya:
Pelestarian budaya sendiri tidak perlu menghina atau tidak menghormati budaya lain.




Dalam Bahasa Inggris:
Culture of the mind must be subservient to the heart. -  Mahatma Gandhi

Artinya:
Budaya pikiran harus tunduk pada hati.



KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI BATIK NASIONAL
Gambar kumpulan kata mutiara untuk ucapan selamat hari batik nasional tahun 2022



KUMPULAN KATA UCAPAN SELAMAT UNTUK PERAYAAN HARI BATIK NASIONAL

Buat kamu yang ingin mengucapkan selamat hari peringatan atau perayaan Batik Nasional tahun 2022 2 Oktober dengan pesan, caption Instagram, status facebook dan dorongan mengajak mencintai produk Indonesia di hari bersejarah ini dengan ucapan-ucapan selamat mengangkat tema Batik Day tersebut.


Mulai hari ini memakai batik, harus ada kebanggaan terhadap Indonesia di dalamnya. Batik sudah di akui oleh dunia Internasional masa sebagai anak bangsa tidak bangga mengenakannya, jadi jangan pernah sungkan untuk memakai batik karena secara tidak disengaja batik merupakan pakaian eksklusif yang sudah mendunia. Selamat Hari Batik Nasional untuk teman semuanya





Ini Batik Ku ... Mana Batik Mu.... Meskipun beda motif kita tetap satu Indonesia, Selamat Hari Batik Nasional




Kalau menggunakan batik saja tidak pernah, bagaimana kebudayaan Nasional akan berkelanjutan dan selamat




Meskipun hari 2 Oktober 2009 itulah telah menjadi sejarah awal pengakuan batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia jangan hanya gunakan batik sehari namun ayo kenali dan kenakan dalam sehari hari reutama pada acara formal!!





Kenakan Batikmu, karena itu adalah identitas bangsa kita. cgkata mengucapkan Selamat Hari Batik nasional.


Berasal dari Jawa dan seluruh Nusantara, batik sudah menjadi pemersatu Indonesia. Setiap daerah di Indonesia memiliki motif batiknya sendiri. Dari Batik Aceh di Ujung Barat negeri, sampai Batik Papua di Ujung Timur Nusantara. Keragaman budaya itulah kekuatan Indonesia sebenarnya,  Selamat Hari Nasional Batik 2022.

Berdasarkan sejarah singkat, 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai salah satu perwakilan Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan & Nonbendawi. Bangga mengenakan Batik, karena batik bukan cuma buat kondangan. . . Selamat HBN 2022 2 Oktober


HARI BATIK NASIONAL DALAM MAKNA UCAPAN PUITIS TENTANG BATIK

Puisi- puisi budaya untuk menyemarakkan Peringatan Hari Batik Nasional serta menghargai warisan budaya indonesia yang sangat beragam perlu kita apresiasikan serta wujud penghormatan kita terhadap jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan serta melestarikan kebudayaan Indonesia, dengan terus melestarikan seni budaya membatik untuk Nusantara bagi generasi muda penerus bangsa.




BATIK

Ketika kulilitkan kain bermotif ditubuhku
Kutatap penuh setiap goresan sebuah canting negeriku
Indah ... Sungguh ... seni Luar biasa
Kini perlahan ku mengerti,
Tiap goresan yang dibuat penuh arti
Makna terselimut inspirasi kuat
Merekah dengan ciri khas pembuta yang tersirat
Ini adalah mutiara kisah

Aku tak bisa bersuara
Disaat semua tergerus zaman masa kini
Dan meninggalkan tradisi nusantara sendiri dengan seni budaya nuansa masa lalu
Lihatlah natural alami nan cantik tak kau sadari
Tarian canting-canting melukis indah mempesona
Masihkah hati ini malu mengenakannya
Sepanjang hari sepanjang waktu
Banyak bangsa lain mulai mencoba mengakui




JERITAN PERTIWI DI HARI BATIK

Karya : Susi Triyani

Semilir angin hari ini terasa
Dedaunan turut suka cita
Sorak gemuruh ikut serta

Kaya alamku
Warna menghiasi negeri
Berpadu satu jua untuk berjaya
Kulihat tenang mesra
Pontang panting kobaran jiwa ksatria

Di tengah-tengah zaman moderen
Tak terasa kita telah tergores
Uniknya canting turut berbicara
Perebutan hak milik pun jadi tragedi
Jiran, Negara Barat terpancing indahnya karya
Sungguh Maha Karya

Hati rakyat tak dalam
Tahukah arti budaya?
Apa lagi seni tak mau tahu

Lambat laun tanpa kita sadari
Gelombang memecahkan rumah
Goresan pena harus kita perdalam
Kesetiaan jiwa kita ukir
Tak mudah roboh oleh terpaan - terpaan
Jiwa kan tenang, budaya turut berkembang





cgkata.blogspot.com mengucapkan Selamat memperingati 2 Oktober di Event Budaya Hari Batik Nasional untuk teman Indonesia yang merayakannya!

Post a Comment for "KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI BATIK NASIONAL"