KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI BELA NEGARA

CGKATA: Ucapan Selamat Memperingati Momentum Sejarah Hari Bela Negara Nasional Indonesia 19 Desember. Belanegara merupakan sikap dan perilaku warga yang dijiwai oleh kecintaannya kepada tanah air, dengan membela sesuai profesinya. Bahkan para ahli berpendapat bahwa pengertian Bela Negara menurut dewan ketahanan nasional adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Ini artinya, Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. Hal tersebut merupakan wujud kecintaan seorang warga negara pada tanah air yang sudah memberikan kehidupan padanya. Hal ini terjadi sejak seseorang lahir, tumbuh dewasa serta dalam upayanya mencari penghidupan. Dalam beberapa catatan sejarah Nasional, latar belakang bela negara berawal dari peristiwa sejarah deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) yang dibentuk pada 19 Desember 1948 di Bukittingi, Sumatera Barat oleh Syafruddin Prawiranegara. Sejarah perkembangan upaya pendidikan bela negara tidak hanya berhenti sampai hari ini saja.


Peringatan Hari Bela Negara (HBN) misalnya, merupakan salah satu cara perintah Indonesia dalam mempromosikan dan mengenalkan pengertian, unsur, fungsi, tujuan, contoh dan manfaat Bela Negara kepada genarasi muda zaman sekarang. Bukan hanya itu, upaya juang pembelaan negara merupakan hak dan kewajiban kita semua sebagai warga negara. Selama lebih dari 76 tahun Indonesia merdeka, telah banyak contoh upaya pembelaan negara yang telah dilakukan oleh segenap komponen bangsa Indonesia. Peran warga negara dalam pembelaan negara memiliki tingkat kewajiban yang berbeda sesuai dengan kedudukan dan tugasnya masing-masing. Bela negara merupakan kegiatan yang dilahirkan oleh setiap warga negara sebagai penunaian hak dan kewajiban dalam rangka penyelenggaraan pertahanan negara. Masih ada persepsi bahwa bela negara adalah tugas TNI dan POLRI, sedangkan bela negara dalam pengertian umum merupakan tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh rasa kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara. Olehkarenanya untuk pendidikan sehari-hari, melalui keppres nomor 28 tahun 2006, Negara Indonesia menetapkan tanggal 19 Desember sebagai tanggal peringatan HBN berdasarkan sejarah deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI), dimana pada tanggal 19 Desember 2021 peristiwa perjuangan tersebut telah memasuki Peringatan Hari Bela Negara (HBN) yang ke-73 tahun.


Dapat dikatakan bahwa Hari Bela Negara (HBN) adalah peringatan tahunan dari agenda Pertahanan Nasional dengan tujuan untuk menumbuhkan karakter disiplin, optimisme, taat hukum, bekerja keras untuk negara dan bangsa, melaksanakan perintah Tuhan sesuai agamanya masing-masing guna turut menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.


Untuk menyambut peringatan Nasional di Hari Belanegara Indonesia berikut tema kumpulan kata-kata mutiara, kata-kata bijak, kata puitis menyentuh hati dengan quotes motivasi inspirasional dari contoh kata ucapan hari Bela Negara tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 19 Desember sebagai hari pendidikan bela negeri ini.




KUMPULAN KATA-KATA MUTIARA HARI BELA NEGARA SINGKAT BERMAKNA

Inilah contoh kumpulan kata-kata bijak dengan caption ig inspirasi juga motivasi kata mutiara tentang cinta tanah air dan semangat perjuangan pahlawan di Hari Bela Negara (HBN) 19 Desember 2021 berupa quotes singkat tokoh Nasional juga dunia dari yang terbaik.


Jika kamu mencintai negaramu, kamu harus rela mempertahankannya dari penipuan, kefanatikan, dan kecerobohan - bahkan dari seorang presiden





Patriotisme tidak sama dengan nasionalisme, karena cinta negara tidak sama dengan ibadah negara. -John Chandler Quote




Cinta negara seseorang adalah hal yang luar biasa. Tetapi mengapa cinta harus berhenti di perbatasan?. - Pablo Casals Quote




Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat. - Tema Hari Bela Negara tahun 2019 ke 71 Tahun




Semangat Bela Negara Wujudkan SDM Tangguh dan Unggul. - Tema Hari Bela Negara tahun 2020 ke 72 Tahun




Negara kita adalah di mana pun kita berada. - Marcus Tullius Cicero Quote




KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI BELA NEGARA
Gambar kumpulan kata mutiara tema ucapan selamat hari bela negara tahun 2021




5 Nilai Bela Negara:
  1. Cinta Tanah Air;
  2. Sadar Berbangsa Dan Bernegara;
  3. Yakin Pancasila Sebagai Ideologi Negara;
  4. Rela Berkroban untuk Bangsa Dan Negara;
  5. Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara.

Jatuh bangunnya negara ini sangat tergantung dengan bangsa ini sendiri. Makin pudar persatuan dan kepedulian, Indonesia hanyalah sekedar nama dan gambar seuntai pulau di peta  - kata Mutiara Mohammad Hatta quote



KUMPULAN KATA UCAPAN SELAMAT UNTUK PERINGATAN HARI BELA NEGARA

Buat kamu yang ingin mengucapkan selamat hari peringatan atau perayaan bela negara tahun 2021 19 desember dengan pesan, caption Instagram, status facebook dan motivasi mengajak mencintai tanah air Indonesia di hari bersejarah ini dengan ucapan-ucapan selamat mengangkat tema Belanegara tersebut.


cgkata.blogspot.com mengucapkan selamat hari bela negara!. Bela Negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.





Apabila ingin negara terus merdeka mari junjung tinggi persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Selamat Hari Bela Negara Nasional




Kalau bela negeri aja masih ragu bagaimana kesatuan negara republik Indonesia akan berkelanjutan dan selamat



KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI BELA NEGARA


cgkata mengucapkan selamat memperingati hari bela negara Indonesia!. Bersedia mengorbankan waktu dan pikiran utntuk kemajuan bangsa dan negara merupakan indikator kita cinta negara




Menegakkan dan mematuhi hukum di tengah ketidakadilan yang nampak jelas adalah bagian dari Bela Negara. Karena Bela Negara tak harus dengan angkat senjata. cgkata mengucapkan Selamat Hari Bela Negara Nasional Indonesia!.



Indonesia Indah, Negeri yang Kaya, Tempat kita mengejar asa yang dimerdekakan para pejuang bangsa, Kita wajib bela segenap hati dan tenaga Mari Peringati Hari Bela Negara 19 Desember 2021!!!



Melalui tema Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat semoga dapat meningkatkan semangat juang kita Untuk Indonesia. Selamat Bela Negara 2021, 19 Desember!





Selamat Bela Negara untuk hari sejarah 19 Desember! Menegakkan dan mematuhi hukum di tengah ketidakadilan yang nampak jelas adalah bagian dari Bela Negara. Karena Bela Negara tak harus dengan angkat senjata.



Salah satu hak dan kewajiban saya, kamu, kalian, kami warga negara Indonesia ialah membela tanah airnya. Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2021 yang ke 73 Tahun!



Pada Hari Bela Negara kali ini, cgkata.blogspot.com berharap, semua yang mencintai Bangsa ini, jangan diam, mari bersuara untuk Indonesia yang damai dan toleran, jika ada kelompok-kelompok kecil yang mencoba merongrong keutuhan NKRI dan Pancasila, bersuaralah, agar mereka tidak makin menjadi. Terimakasih




Mari membela dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, pertebal rasa cinta tanah air dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai tugas dan profesi masing-masing.. . . Selamat HBN 2021 19 Desember





HARI BELA NEGARA DALAM MAKNA UCAPAN PUITIS TENTANG BELANEGARA

Puisi- puisi cinta tanah air untuk menyemarakkan Peringatan Hari Bela Negara Indonesia secara Nasional sebagai kata selamat dengan ucapan puisi-puisi perjuangan singkat namun bermakna tentang belanegara, berikut contohnya:




PUISI BELA NEGARA INDONESIA

Duhai bumi pertiwiku yang cantik ...
Indonesia Tanah Tumpah Darahku ...
Memang betul ...
Disinilah aku berdiri bersimbah peluh menjagamu ...
Disinilah aku hadapkan hati dan wajahku untuk senantiasa menjaga Negeri ini dari segala kemungkaran tangan tangan Jahilliyyah yang bodoh dan manusia dzolim yang ingkar akan cinta tanah air indonesia ...
Pertiwiku yang cantik ...
Tahukah kamu ...
Bahwa kita tengah diburu .... diadu domaba....
Agar kita menjadi lelah dan lemah ..
Dengan cara mengejar siapa saja yg menjadi penghalang bagi durjana yang haus darah ...
hingga serakah tak jadi salah ...
Tetaplah tegakkan hatimu duhai Pertiwiku yang cantik ...
Bela Agamamu ....
Bela Negaramu  ....
Niscaya Allah akan membela NKRI ...
Jangan pernah mati ...





PUISI AKU CINTA TANAH AIR INDONESIA DI HARI BELA NEGARA

Karya : Reni Monika

Jika tetes darah mengucur demi merdekanya bangsamu
Tak cukup berharga bagimu
Lalu dengan apa kamu mencintai tanah air?
Jika ribuan nyawa melayang demi merah putih Tak juga berarti untukmu
Lalu dengan apa kau mencintai negarimu?
Di negeri dimana kita lahir,
Tumbuh menyulam impian masa kecil
Ditanah negeri ini kita hidup
Dari air bumi ini kita minum
Dari udara alam ini kita bernapas
Jika semua ini tak cukup bermakna bagimu
Lalu dengan apa lagi kau akan membanggakan bangsamu?
Bukan harta yang mereka impikan
Bukan pangkat berbintang yang mereka harapkan
Bukan gelar pahlawan yang mereka inginkan
Tapi sebuah cinta, Cinta yang hadir dalam hati kita
Untuk mencintai negeri ini Untuk mencintai tanah air ini
Untuk mencintai Indonesia yang kini merintih perih
Aku Cinta Indonesia Indonesia yang diperjuangkan oleh bangsa Indonesia yang merdeka oleh tetesan darah dan air mata
Hingga ujung nyawa
Tetaplah cinta pada bangsa
Karena Tuhan tak pernah lupa
Pada mereka yang mencintai bangsanya





cgkata.blogspot.com mengucapkan Selamat memperingati 19 Desember di Event Bela negeri Indonesia di Hari Bela Negara Nasional untuk teman nusantara dimanapun berada!

Post a Comment for "KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN HARI BELA NEGARA"