PUASA RAMADHAN: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN MENUNAIKAN IBADAH PUASA

cgkata.blogspot.com: Puasa Ramadhan adalah suatu pokok dari rangkaian pembinaan iman.Puasa adalah suatu sendi (rukun) dari sendi-sendi Islam. Puasa di fardhukan atas umat islam yang mukallaf selama tidak ada halangan yang menghalangi pelaksanaannya. Bahwa puasa itu suatu fardhu yang tidak boleh di tinggalkan dan suatu syi’ar Agama Allah yang besar.


Maka berpuasa pada hakekatnya tidak semata-mata menahan diri dari makan dan minum, tetapi  juga menahan diri  segala perkataan atau tindakan yang menjauhkan diri dari tujuan ideal menjadi orang yang bertaqwa tersebut. (Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah Shallallahu Aalaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya puasa itu bukan menahan dari makan dan minum saja, puasa yang sebenarnya adalah menahan dari laghwu (ucapan sia-sia) dan rafats (ucapan kotor), maka apabila seseorang mencacimu atau berbuat tindakan kebodohan kepadamu katakanlah: "Sesungguhnya aku sedang berpuasa". (Shahih, HR Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Al-Hakim).  Keyakinan hikmah puasa seperti kata-kata mutiara di atas yang mesti kita pegang, kita tanam  dalam hati masing-masing  ketika melaksanakan, menunaikan dan menjalani ibadah shaum ramadhan tahun ini.


Baca: UCAPAN SELAMAT BULAN RAMADHAN DALAM KATA-KATA MUENYAMBUT PUASA TERBARU 2023/ 2024


Hukum puasa Ramadhan adalah wajib berdasarkan al-Qur’an, As-Sunnah dan Ijma’.


Kewajiban melaksanakan puasa merupakan kewajiban yang dibebankan kepada umat Islam yang telah baligh dan berakal, maka tidak ada alasan bagi umat Islam untuk tidak berpuasa pada bulan Ramadhan, kecuali apabila orang tersebut secara syara’ boleh diberikan keringanan (Rukhsah) untuk tidak melaksanakan puasa Ramadhan.


Jika seseorang yang tidak melaksanakan puasa, maka orang tersebut harus mengganti puasanya pada hari-hari lain setelah bulan Ramadhan berkahir. Hal ini berdasarkan firman Allah dalam surat al-baqarah ayat 185:


Artinya : Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.


Sambut Ramadan dengan hati yang tenang berharmoni dengan kebahagiaan. Semoga berkah Allah melindungi dan menuntun kita ke jalan-Nya. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa. Seluruh Ulama sepakat bahwa orang yang diwajibkan mengqadha (mengganti) hari-hari puasa yang ditinggalkan pada bulan Ramadhan, baik karena ada uzur (seperti sakit, perjalanan, haid dan sejenisnya) maupun tanpa ada uzur (misalnya tidak berniat, dengan sengaja maupun karena lupa, ia harus mengqadha’nya (menggantinya) pada tahun itu juga. Maksudnya, pada hari-hari antara Ramadhan yang ditinggalakan dengan Ramadhan yang berikutnya. Dan ia boleh memilih diantara hari-hari tersebut sesukanya, asalkan bukan pada hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa.


Ia wajib melaksanakan qadha tersebut dengan segera, mazhab Syafi’i memandang wajib melaksanakan qadha puasa dengan segera apabila pembatalan puasa di bulan Ramadhan itu terjadi tanpa uzur syar’i. Bagi orang yang belum mengqadha puasa Ramadhan yang lalu, kemudian sudah datang lagi Ramadhan berikutnya, maka harus dilihat dulu alasan penundaan (ta`khir) qadha tersebut. Jika penundaan itu karena ada udzur (alasan syar’i), hanya diwajibkan mengqadha puasanya saja.Demikian menurut seluruh Mazhab tanpa ada perbedaan pendapat, sebab yang bersangkutan dimaafkan karena ada udzur dalam penundaan qadha’nya.


Orang yang bisa (mampu) melaksanakan qadha’ pada celah-celah tahun itu juga. maka tidak mengqadha. Orang yang menunda qadha puasa sehingga masuk bulan Ramadhan yang berikutnya diwajibkan atasnya fidyah sebagai tambahan dari qadha, yaitu memberi makan orang miskin dari tiap hari dari hari-hari yang diqadhanya. Ukurannya adalah memberi makan satu orang miskin sebagai kafarat inilah kesepakatan Jumhur ulama (Malikiyah, Syafi’iyah, Hanabilah), selain Hanafiyah.


Orang yang sanggup untuk mengqadha puasa, tetapi dia menunda-nundanya sampai Ramadhan berikutnya, maka orang tersebut didenda untuk setiap harinya satu mud untuk orang miskin. Namun Syafi’iyah dan Hanabilah berbeda pendapat tentang penggandaan fidyah puasa sebab penundaan qadha tanpa uzur, sesuai dengan jumlah penundaan tahunnya dari qadha puasa yang belum dilaksanakan.


Baca: PANDUAN SHOLAT TARAWIH: KAPAN, MENGAPA, NIAT & BAGAIMANA CARA MELAKSANAKAN TARAWIH


Al-Ghazali berpendapat bahwa fidyah itu bisa mengalami penggandaan dengan bergantinya tahun apabila qadha belum dilaksanakan, Dari pendapat Al-Ghazali diatas, bahwa fidyahitu wajib bagi orang yang menunda qadha puasa tanpa uzur. Apabila puasanya belum diqadha sampai tahun yang kedua dan seterusnya, maka fidyahnya akan menyebabkan penggandaan sesuai dengan jumlah penundaan tahunnya.


Ibnu Qudamah berpendapat bahwa fidyah itu tidak mengalami penggandaan dengan bergantinya tahun


Pendapat yang dikemukan Ibnu Qudamah diatas, bahwa fidyah itu wajib bagi orang yang menunda qadha puasa tanpa uzur, apabila puasanya belum diqadha sampai tahun yang kedua dan seterusnya, maka fidyahnya tetap dan tidak menyebabkan penggandaan sesuai dengan jumlah penunudaan tahunnya.

https://cgkata.blogspot.com/
Gambar kata mutiara ucapan selamat melaksanakan ibadah puasa di bulan suci ramadhan tahun 1444 h 2023


Dari pendapat yang telah cgkata.blogspot.com kemukakan diatas didapati adanya perbedaan pendapat diantara Al-Ghazali dan Ibnu Qudamah. Perbedaan tersebut ada pada penetapan hukum tentang penggandaan fidyah puasa bagi seseorang yang menunda qadha puasa. Al-Ghazali berpendapat bahwa bagi orang yang menunda mengadha puasa tanpa uzur sehingga bertemu dengan Ramadhan yang lain (kedua dan seterusnya), maka akan menyebabkan penggandaan fidyah sesuai dengan jumlah penundaan tahunnya, sedangkan menurut Ibnu Qudamah bagi seseorang yang menunda puasanya tanpa uzur sehingga bertemu dengan Ramadhan yang lain(dua dan seterusnya), tidak menyebabkan penggandaan fidyah sesuai dengan penundaan tahunnya.


Marhaban ya ramadhan bulan suci kembali tiba. Saat yang tepat untuk menyucikan diri dari segala dosa. Tak perlu basa basi, mohon dimaafkan segala kesalahan. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Bulan Ramadhan adalah rajanya bulan yang dinanti oleh jutaan umat muslim. Selamat bulan Ramadhan, semoga menjadi insan yang penuh dengan harapan iman, takwa dan ihsan. Lewat doa yang tak terukur, kukirimkan senyum syukur semoga yang disana dah bangun tidur sebelum waktu imsak menegur, Selamat sahur!, Biarpun lauknya sederharna namun nikmat terasa karena ada aroma doa dirimu yang jauh di sana, selamat makan sahur dan selamat berpuasa. Berikut adalah kumpulan kata-kata, kata bijak, kutipan pesan Islami, kata-kata inspirasi, kata lucu, kata motivasi quotes mutiara menyentuh dengan ucapan selamat menunaikan dan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan di 2023 dalam tulisan cgkata.blogspot.com




KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN

teman-teman di cgkata.blogspot.com manyampaikan ucapan-ucapan Marhaban ya Ramadhan 1444 H, Selamat menunaikan ibadah puasa dengan iringan doa semoga puasa kita semakin meningkat kualitasnya ditahun ini bukan saja kualitas spiritualnya tetapi yang lebih penting membentuk pribadi sosial yang semakin handal.


Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan suci ramadan untuk pacar yang jauh disana, jangan jadikan Wabah Corona sebagai alasan untuk mengendurkan keimanan kita, Karena Ramadhan adalah bulan kemenangan. Fisik boleh terpenjarakan, badan boleh terisolasi tetapi iman dan ketaqwaan kita harus semakin meningkat dengan catatan ibadah dan doanya tetap dirumah aja, sayang!!


Selamat menunaikan Ibadah Puasa dari penulis cgkata.blogspot.com setulus hati inilah ucapan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa di Bulan suci ramadhan 1444 H atau 2023 M disampaikan degan kata-kata pesan "Mari jaga kesucian bulan ramadhan 1444 H / 2023 M, dalam bingkai persatuan dan kedamaian"


Selamat menjalankan puasa bapak dan ibu. Selamat melatih diri menuju pribadi yang mampu mengendalikan diri, menjadi pribadi yang bertakwa. Seperti yang diperintahkan Allah SWT dalam Al Quran, bahwa diwajibkan orang yang beriman untuk berpuasa, seperti juga diwajibkan kepada kaum-kaum sebelumnya untuk berpuasa, agar menjadi orang yang bertaqwa. (Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana puasa itu diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa. (QS al-Baqarah: 183).


Puasa ramadan adalah perisai dari segala macam anasir negatif/ jahat yang muncul dalam diri manusia. Puasa pada hakikatnya adalah menahan dari segala hawa nafsu, bukan semata-mata menahan makan, minum, dan berhubungan seksual pada siang hari. Puasa pada hakikatnya menahan diri dari segala godaan dari hal-hal yang memancing kejahatan. Apabila nafsu tidak dikendalikan akan menjerumuskan seseorang ke dalam kehinaan dan kesengsaraan. Namun sebaliknya, apabila nafsu tersebut berhasil dikendalikan atau ditundukkan akan membawa seseorang menuju kedudukan yang mulia. “Adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya). Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggal(nya). (QS. An-Naazi’aat: 37). Ucapan-ucapan menunaikan ibadah puasa dari cgkata.blogspot.com sampaikan kepada seluruh umat muslim di Indonesia dan dunia Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 H, mohon maaf lahir bathin.



KUMPULAN KATA-KATA UCAPAN PUASA RAMADHAN

Berikut adalah kumpulan kata-kata, kata bijak, kutipan pesan Islami, kata-kata inspirasi, kata lucu, kata motivasi quotes mutiara menyentuh dengan ucapan selamat berpuasa, sahur dan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan di 2023 dalam tulisan cgkata.blogspot.com


KATA UCAPAN SELAMAT BERBUKA PUASA

teman-teman di cgkata.blogspot.com manyampaikan ucapan-ucapan Marhaban ya Ramadhan 1444 H, Selamat menanti waktu berbuka puasa dengan iringan doa semoga puasa kita semakin meningkat kualitasnya ditahun ini bukan saja kualitas spiritualnya tetapi yang lebih penting membentuk pribadi sosial yang semakin handal.


Bedug maghrib mengiringi adzan,
Terdengar mengalun begitu merdunya,
Dengan BBM ini aku ucapkan,
Selamat menanti waktu berbuka puasa dari cgkata.blogspot.com


Perut melilit menahan lapar,
air liur menetes menjaga nafsu.
untung di sampingku ada sang kekasih
yuk mari berbuka puasa


Gerimis datang bersama hujan;
Mengiringi maghrib melantunkan azhan;
Menggambarkan aku dalam kesegaran;
Meskipun hatiku berbalut kerinduan;
Tetap kukirimkan salam senyuman;
Lewat do'aku untukmu yang kunantikan Semoga engkau selalu dalam kesehatan;
Selamat Berbuka Puasa Ramadhan! berbukalah dengan yang manis!!!.


Bukan mudah menahan diri...
Bukan sukar mengawal situasi...
Tekadkan nurani tegarkan diri...
Sampai jam berbuka sudah menanti.


Kita semua tahu bahwa kita disunahkan untuk berbuka dengan yang manis, itulah sebabnya kukirimkan sms ini buat kamu pas pada saat kamu buka puasa, biar kamu bisa buka puasa sambil baca BBM dari orang manis... met buka puasa sayang


Surya pamit keperaduan;
Meninggalkan mega kecupan;
Maghribpun mengumandangkan azhan;
Sangat merdu kedengaran;
Menandakan puasa wajib dibatalkan;
Selamat Berbuka Puasa Ramadhan!


Sehari sudah menahan dahaga,
sehari sudah menahan nafsu dunia,
kini saatnya telah tiba,
met berbuka puasa...sayang



Kamu itu ibarat adzan magrib deh, selalu kunanti dan kutunggu setiap hari.


Dimana pun engkau berada, tuk mengucapkan;
Met buka puasa yah sayang...
Mau bikin kolek buah pisang...
Jangan lupa santan dan gula...
Buatmu yang slalu kusayang...
Selamat Buka Puasa di akhir Ramadhan 2023 1444 H.


Sepiring cinta, semangkok sayang,
sepotong kasih, setoples rindu,
sepotong senyum, seiris hati
dan segelas perhatian telah kusiapkan untukmu,
Selamat berbuka puasa...


Kukirimkan manisnya senyum taqwa
Tulus dari hati merah warna
Kutuangkan dalam sucinya do'a
Untuk engkau yang slalu kucinta
Semoga kau dan keluarga tetap sehat-sehat saja
Dan Ramadhan memberimu banyak pahala
Selamat Berbuka Puasa !


Merdunya lantunan suara azhan...
Terdengar dari arah mushola...
Kuucap sapa dengan senyum iman...
Selamat Berbuka Puasa Teman-Teman.


Mungkin jarak telah memisahkan kita
namun setidaknya cgkata masih bisa mengucapkan
Selamat Berbuka Puasa


Semoga diterima amal ibadah kita berbuah manis rasa gula tapi lebih manis rasa madu, Kuucapkan selamat berbuka puasa Untuk engkau yang kurindu.


Saatnya berbuka puasa untuk orang ganteng dan orang cantik, kamu gak ngerasa ganteng/cantik ya?? cepetan buka puasa sana...! jagan baca status Whatsapp mulu haha.


KATA UCAPAN SELAMAT SAHUR PUASA

teman-teman di cgkata.blogspot.com manyampaikan ucapan-ucapan Marhaban ya Ramadhan 1444 H, Selamat menyantap sahur bersama keluarga dengan iringan doa semoga puasa kita semakin meningkat kualitasnya ditahun ini bukan saja kualitas spiritualnya tetapi yang lebih penting membentuk pribadi sosial yang semakin handal.


Marhaban ya ramadhan bulan suci kembali tiba. Saat yang tepat untuk menyucikan diri dari segala dosa. Tak perlu basa basi, mohon dimaafkan segala kesalahan.


Sebelum lidah keluh, sebelum hati kembali membeku, sebelum jempol kaku dan sulit hanya untuk sekedar minta maaf lewat chat sebelum semua operator sibuk. Mohon maaf atas semua khilaf yang telah ku lakukan. Maaf ya!


Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Bulan Ramadhan adalah rajanya bulan yang dinanti oleh jutaan umat muslim.


cgkata menyampaikan kata-kata selamat bulan Ramadhan, semoga menjadi insan yang penuh dengan harapan iman, takwa dan ihsan. Ramadhan adalah bulan yang sangat mulia. Bulan yang jadi bukti cinta seorang hamba akan senangnya melakukan amal ibadah dalam waktu tersebut. Ramadhan itu adalah bulan memberi pertolongan (syahrul muwasah) dan bulan Allah memberikan rizqi kepada mukmin di dalamnya. Selamat berpuasa, selamat sahur!


Makan sahur adalah barokah. maka janganlah kalian meninggalkannya meskipun salah seorang di antara kalian hanya minum seteguk air – Hadist Riwayat Ahmad


Mulailah makan sahurmu dengan mengucap basmalah supaya semua makanan yang kamu makan berkah dan memberi kekuatan beribadah pada Allah.


Biarpun lauknya sederharna namun nikmat terasa karena ada aroma doa dirimu yang jauh di sana, selamat makan sahur dan selamat berpuasa.


Untuk yang sedang sahur, semoga puasa anda hari ini lancar, menguatkan iman dan mendatangkan banyak kebaikan.


Kalau bangun sahur aja susah, gimana mau bangun rumah tangga bareng-bareng.


Sahur… Sahur… Sahur… Rasullah SAW bersabda “… Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan…” (HR. Bukhari).”


Ya Allah untukMu aku berpuasa, kepadaMu aku beriman dan dengan rizki dariMu aku berbuka, dengan rahmatMu wahai Yang Maha Penyayang.


Suasana ramadhan sungguh indah karena berhiasan cahaya ibadah, menerangi hati semakin cerah buat kita tersenyum Alhamdulillah, bersyukur kepada Allah Yang Maha Pemurah sebelum imsak menegur. Selamat sahur!


Baca Al-quran sambil menunggu imsyak jauh lebih keren ketimbang nonton Tv walupun hanya beberapa ayat saja.


Yang sulit saat puasa bukan menahan lapar dan dahaga, melainkan menjaga mata, mulu,tangan, kaki dan hati, selamat sahur.


Alangkah indahnya sebelum sahur sholat malam dahulu atau sholat malamnya setelah sahur sambil menunggu imsyak.


Ada orang bangga berkata tanpa sahur dia gagah berpuasa, padahal sahur itu sunah dan berkah, dan dia telah rugi.


Janganlah engkau tidur sehabis sahur, karena akan membuat hatimu menjadi keras. Selamat sahur!


Malam-malamku bagai malam seribu bintang, bila kau di sini untuk sekedar menemani, tuk melintasi wangi di bulan ramadhin ini yang selalu tersaji di hati, selamat sahur untuk kau di sana.


Lewat doa yang tak terukur, kukirimkan senyum syukur semoga yang disana dah bangun tidur sebelum waktu imsak menegur, Selamat sahur!


Biarpun lauknya sederharna namun nikmat terasa karena ada aroma doa dirimu yang jauh di sana, selamat makan sahur dan selamat berpuasa dari cgkata.blogspot.com.


KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN MENJALANKAN IBADAH PUASA DI BULAN SUCI RAMADHAN

Selamat Menjalankan Ibadah Puasa pada bulan suci Ramadhan 1444 H/2023 M cgkata.blogspot.com sampaikan ucapan-ucapan selamat untuk teman-teman, kelauarga dan pacar dengan harapan dan doa terbaik. Ya Allah selamatkanlah aku (agar bisa berjumpa) dengan Ramadan, selamatkanlah aku (agar berhasil) menjalani Ramadan, dan terimalah amalku. Aamiin. Semoga Allah Senantiasa memberikan petunjuk dan melindungi kita semua. Aamiin!!!


Mari Sambut Ramadan dengan hati yang tenang berharmoni dengan keselamatan dan kebahagiaan. Semoga berkah Allah melindungi dan menuntun kita ke jalan-Nya. Marhaban ya Ramadan. Selamat menjalankan menunaikan ibadah puasa, Semoga Allah Senantiasa memberikan melindungi kita semua. Jika seluruh bulan adalah noda maka Ramadan adalah pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. cgkata.blogspot.com sampaikan ucapan-ucapan selamat datang Puasa Ramadan! Maraban Ya Ramadhan 1444 H/2023 M

DOA RAMADAN PERPISAHAN DENGAN BULAN PUASA RAMADAN

Salah satu adab melepaskan bulan Ramadhan sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada para pengikutnya adalah membacakan doa perpisahan. Doa Perpisahan tersebut sebaiknya dibaca pada malam terakhir Ramadhan. Namun, sekiranya ada kekhawatiran malam terakhir Ramadhan akan berlalu tanpa diketahui, maka dianjurkan untuk membacanya pada kedua malam terakhir Ramadhan, ialah malam ke 29 (malam ini) dan ke 30.


Dari Jabir bin Abdillah ra dari Muhammad al Mustafa, Rasulullah bersabda, “Siapa yang membaca doa ini di malam terakhir Ramadhan, dia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan: Menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah.”


Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai puasa yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang sia-sia semata.

https://cgkata.blogspot.com/


Taqabbalallahu minna waminkum, wakullu ‘aamin wa antum bikhairin. cgkata.blogspot.com menyampaikan kata ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri, Minal Aidzin wal Faidzin. Mohon Maaf lahir dan batin, Semoga Allah SWT menerima semua amal ibadah kita di bulan Ramadhan


KESIMPULAN PUASA RAMADHAN: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN MENUNAIKAN IBADAH PUASA

Bulan Ramadhan adalah bulan yang suci dan penuh berkah. Pada bulan inilah pahala akan digandakan dan dosa-dosa akan dihapus. Karenanya pada bulan ini jua, umat muslim disarankan untuk banyak beribadah dan beramal. Ibadah dan amal yang dimaksudkan tidak terbatas definisinya. Bentuk dari ibadah dan amal tersebut pun dapat beragam. Baik kecil maupun besar, sederhana maupun agung, tiap ibadah dan amal akan dicatat sebagai kebaikan yang juga akan mendatangkan pahala dan kebaikan bagi tiap orang yang terlibat.


Bukan hanya itu, bulan Ramadhan juga bulan yang spesial dan unik. Di Indonesia, ada tradisi dan budaya yang tak bisa dilepas dari tiap-tiap hari di bulan Ramadhan. Tiap detik di bulan Ramadhan memiliki sisi spesialnya sendiri. Dan juga selalu ada keunikan tersendiri yang hanya ada di bulan ini, dan tidak ada di bulan-bulan lainnya. Rupa-rupa dari keunikan itu ialah makanan dan aktivitas sebagai contohnya. Sahur hingga Buka puasa bersama adalah rupa dari keunikan tersebut yang dilaksanakan hanya dalam bulan Ramadhan.***

Post a Comment for "PUASA RAMADHAN: KUMPULAN KATA MUTIARA UCAPAN MENUNAIKAN IBADAH PUASA"