HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA (5 JUNI)

cgkata.blogspot.com: Setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia (dalam Bahasa Inggris: world environmental day) olah Masyarakat Internasional termasuk Indonesia. Hari ini adalah hari sejarah dunia perlindungan alam dan lingkungan. Menurut Undang Undang Nomor 23 Tahun 1997, lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Lingkungan hidup sendiri terbentuk menjadi dua macam jenis lingkungan, yaitu lingkungan alami dan lingkungan buatan. Lingkungan alami adalah lingkungan yang terbentuk murni karena proses alam, sedangkan lingkungan buatan adalah lingkungan yang terbentuk dikarenakan aktivitas oleh manusia.


Lingkungan sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup karena lingkungan merupakan daya dukung kehidupan. Oleh sebab itu, makhluk hidup tak akan bisa dipisahkan dari lingkungannya. Dan khusus bagi manusia, lingkungan merupakan tempat untuk melakukan aktifitas sosial, politik, ekonomi, budaya dan lain lain. Masalah lingkungan hidup di dunia Internasional termasuk Indonesia terkait dengan penduduk yang tinggi dan industrialisasi yang pesat, dan mereka sering memberikan prioritas yang lebih rendah kepada masalah lingkungan hidup karena tingkat kemiskinan yang tinggi, dan tata kelola sumber daya yang rendah.


Lingkungan Hidup Dunia didirikan oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1972 pada hari pertama Konferensi Stockholm tentang Lingkungan Manusia, yang dihasilkan dari diskusi tentang integrasi interaksi manusia dan lingkungan. Sejak itu, setiap tahun pada tanggal 5 Juni, Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati dalam skala Internasional.


Tujuan Hari Lingkungan Hidup, seperti Hari kepedulian Internasional lain adalah:
  • Untuk mempromosikan kepedulian pada isu-isu lingkungan di seluruh dunia.
  • Untuk membuat orang sadar akan nilai penting dari alam dan lingkungan.
  • Untuk untuk mengubah sikap terhadap lingkungan dan menganjurkan kemitraan antara setiap manusia dan setiap masyarakat untuk memastikan masa depan yang aman.
  • Untuk mempromosikan kewaspadaan mengenai isu-isu global yang mencemari lingkungan, perubahan iklim yang drastis, efek rumah kaca, pemanasan global, seluruh efek hitam dll, di antara manusia di planet Bumi.


Singkat cerita, Hari Lingkungan adalah acara tahunan yang membahas topik Internasional untuk membangkitkan kesadaran tentang pentingnya Lingkungan Hidup, bagaimana mereka memainkan peran penting dari alam sekitar dan perubahan yang dibawa lingkungan dalam kehidupan makhluk hidup.


Program Lingkungan PBB (UNEP) setiap tahun menyelenggarakan acara untuk Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang mendorong kesadaran dan tindakan dunia untuk perlindungan lingkungan. Dirayakan pada tanggal 5 Juni di lebih dari 100 negara.


Hari Lingkungan hidup setiap tahun akan mengangkat tema yang berfokus pada hubungan antara isu-isu global yang mencemari lingkungan, perubahan iklim yang drastis, efek rumah kaca, pemanasan global, seluruh efek hitam dll, di antara manusia di planet Bumi termasuk perlindungan dan dunia lingkungan hidup, dan bagaimana dampak pada isu-isu lingkungan di seluruh dunia.


Pesan sambutan perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni, bersama cgkata.blogspot.com mari pelajari sejarah, kata-kata, quotes inspirasi, kata bijak, kata mutiara, dan kutipan pesan tentang alam dan lingkungan ini.

https://cgkata.blogspot.com/
Gambar kata mutiara tentang ucapan hari lingkungan hidup sedunia di 2020






SEJARAH HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

Hari lingkungan hidup dunia diprakarsai oleh oleh Majelis Umum PBB pada tahun 1972 pada hari pertama Konferensi Stockholm tentang Lingkungan Manusia, yang dihasilkan dari diskusi tentang integrasi interaksi manusia dan lingkungan. Dua tahun kemudian, pada 1974 Hari lingkungan hidup Internasional pertama diadakan dengan tema "Only One Earth". Hari ini ditandai dengan mengadakan berbagai acara peduli lingkungan hidup nasional dan internasional. Salah satu acara yang paling menarik adalah peredaran Pesan Internasional Hari lingkungan hidup Dunia ke dunia. Tokoh dunia membagikan refleksinya tentang tema Lingkungan hidup.


Hari ini dirayakan untuk meningkatkan kesadaran global tentang pentingnya lingkungan yang sehat dan untuk menyelesaikan berbagai masalah lingkungan dengan menerapkan beberapa tindakan untuk melindungi lingkungan alam dan Bumi, yang mengarah ke lingkungan yang positif dan sehat untuk semua.


TUJUAN MERAYAKAN HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA

Tujuan Hari Lingkungan Hidup Dunia adalah
  • Untuk mempromosikan kepedulian pada isu-isu lingkungan di seluruh dunia.
  • Untuk membuat orang sadar akan nilai penting dari alam dan lingkungan.
  • Untuk untuk mengubah sikap terhadap lingkungan dan menganjurkan kemitraan antara setiap manusia dan setiap masyarakat untuk memastikan masa depan yang aman.
  • Untuk mempromosikan kewaspadaan mengenai isu-isu global yang mencemari lingkungan, perubahan iklim yang drastis, efek rumah kaca, pemanasan global, seluruh efek hitam dll, di antara manusia di planet Bumi.



UNEP PBB UNTUK HARI LINGKUNGAN INTERNASIONAL

United Nations Environment Programme (UNEP) yang didirikan pada tahun 1972 merupakan organisasi utama PBB di bidang lingkungan hidup, yang pada dasarnya melakukan pemantauan dan penelitian secara ilmiah pada tingkat global dan regional serta memberikan rekomendasi kebijakan kepada pemerintah. Dari referensi yang cgkata.blogspot.com dapatkan bahwa Pusat-pusat UNEP terletak di berbagai lokasi di seluruh dunia dan bekerja secara nasional dan internasional di bidang juga melakukan kemitraan dan dukungan kapasitas pada tingkat nasional, dengan tujuan untuk mengangkat isu lingkungan dalam pembangunan (environment for development) termasuk untuk menandai hari ini. Setiap tahun PBB menyelenggarakan Hari lingkungan hidup Sedunia di berbagai negara dunia




Warga dunia telah menyelenggarakan banyak acara seperti:
  1. Pembersihan Lingkungan;
  2. Aksi melawan Kejahatan Margasatwa;
  3. Penanaman Kembali Hutan;
  4. Perlindungan terhadap penebangan pohon secara ilegal

Faktor utama yang memengaruhi Lingkungan kita seperti:
  1. Polusi udara;
  2. Populasi berlebihan;
  3. Penggundulan hutan;
  4. Perubahan iklim;
  5. Pemanasan global( Global warming )

Kita adalah bagian dari alam dan ya kita sangat bergantung padanya jadi mulailah menanam pohon dan menyelamatkan lingkungan kita.



Mari kita berkomitmen untuk melindungi alam kita pada hari Lingkungan ini !!



PESAN KATA/ KUTIPAN MUTIARA INTERNASIONAL: KATA-KATA HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 2020

Setiap tahun tokoh-tokoh dunia, terutama dari relawan peduli lingkungan menyampaikan pesan kata-kata mutiara Hari Lingkungan Hidup Sedunia. kata-kata internasional Hari Lingkungan Hidup Sedunia biasanya disampaikan oleh majelis umum PBB. kata pesan bijak Program Lingkungan PBB (UNEP) tahun ini mengatakan bahwa  Tema untuk Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020 adalah, 'Waktu untuk Alam,' dengan fokus pada perannya dalam menyediakan infrastruktur penting yang mendukung kehidupan di Bumi dan pembangunan manusia. Fokus ini diharapkan dapat memberikan kesempatan untuk mengarahkan momentum dan kesadaran publik tentang alam sebagai aspek kunci dalam menuju pertemuan ke 15 Para Pihak (COP 15) dengan Konvensi Keanekaragaman Hayati (CBD). COP 15 diharapkan berlangsung pada Oktober 2020, tetapi akan dijadwalkan kembali untuk 2021, karena pandemi COVID-19.



Kata-kata mutiara Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2020

Sebagai Pesan perayaan hari lingkungan hidup dunia 2020 tentu dapat disampaikan melalui media sosial seperti contoh status Facebook, gambar whatsapp maupun caption instagram untuk mengajak teman-teman juga Masyarakat Internasional termasuk Indonesia agar meningkatkan kesadaran publik tentang alam dan lingkungan. Sebaimana isi pesan pada situs resmi Hari Lingkungan Hidup Sedunia PBB di  https://www.worldenvironmentday.global/

Makanan yang kita makan, udara yang kita hirup, air yang kita minum, dan iklim yang membuat planet kita layak huni semuanya berasal dari alam.
Namun, ini adalah waktu yang luar biasa di mana alam mengirimkan pesan kepada kami:
Untuk merawat diri kita sendiri, kita harus memelihara alam.
Sudah waktunya untuk bangun. Untuk memperhatikan. Untuk mengangkat suara kita.
Sudah waktunya untuk membangun kembali dengan lebih baik untuk manusia dan Planet.
Hari Lingkungan Dunia Ini, Saatnya untuk Alam.


"Pemerintah juga semakin nyata mendorong bahwa lingkungan dan sumber daya alam dapat menjadi sumber bagi pertumbuhan wilayah." - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.



Akhir kata inspirasi dalam tulisan cgkata.blogspot.com menyampaikan ucapan selamat hari Lingkungan Hidup Sedunia untuk semua teman dan pecinta lingkungan alam Indonesia yang Indah: berbudaya, berbangsa, cintai lingkungan untuk pertumbuhan Indonesia Maju.

Post a Comment for "HARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA (5 JUNI)"