HARI HUTAN SEDUNIA

cgkata.blogspot.com: Area dengan kepadatan pohon yang tinggi umumnya disebut hutan. Hutan secara keseluruhan menampung sekitar 30% dari total luas lahan. Namun ada pengurangan besar yang awalnya mencakup total sekitar 50% dari total luas lahan. Hutan-hutan ini pada dasarnya berfungsi sebagai habitat bagi organisme, modulator aliran hidrologi, dan konservasi tanah, yang merupakan salah satu aspek terpenting dari biosfer bumi. Hutan membantu mengendalikan suhu planet kita, memberi kita oksigen dan menyerap polusi. Ini bukan hanya rumah bagi semua spesies hidup tetapi juga hutan adalah salah satu sumber nutrisi kaya yang terbaik dan berkelanjutan. Mempelajari secara mendalam akan membuat kita menyadari bahwa tempat yang kita tinggali saat ini awalnya adalah kawasan hutan.

Akan lebih bijaksana sebagai langkah awal, mari pelajari tentang tema sejarah hari hutan Internasional dan bagaimana peran penting hutan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dikatakan bahwa Sember daya Alam ini mampu meningkatkan kesejahteraan lingkungan, hewan, dan Masyarakat Dunia. Dapaitkan uraian singkat tersebut hanya di cgkata.blogspot.com:


https://cgkata.blogspot.com/
Gambar kata mutiara tema ucapan hari hutan sedunia tahun 2023




SEJARAH HARI KEHUTANAN SEDUNIA

Hari Kehutanan Sedunia (dalam bahasa Inggris: International Day of Forest) telah dirayakan atau diperingati di seluruh dunia pada tanggal 21 Maret setiap tahun untuk mengingatkan orang-orang di masyarakat global termasuk Indonesia tentang peran penting dan fungsi hutan dengan sejumlah manfaat yang diperoleh dari mereka. Dalam catatan sejarah, Asal usul konsep Peringatan Hari Hutan Dunia ini berawal dari pertemuan ke-23 Konfederasi Pertanian Eropa pada tahun 1971. Tujuan Perayaan Hari Hutan sedunia adalah untuk melibatkan kesadaran masyarakat tentang anatomi kehutanan seperti perlindungan, produksi, rekreasi, dan kontribusi utama untuk organisme hidup. Adapun alasan mengapa 21 Maret dipilih untuk diperingati sebagai Hari Hutan Dunia karena ini merupakan titik balik musim gugur di Belahan Bumi Selatan dan titik balik musim semi di Belahan Bumi Utara. Oleh sebab itu, merupakan tugas setiap individu untuk berpartisipasi dalam penghijauan hutan-hutan dan penciptaan hutan baru.


PERAN PENTING HUTAN

Peran penting dan fungsi hutan dapat dilihat dari tanggal jauh sebelum zaman prasejarah. Hutan mempromosikan atau meningkatkan kesejahteraan lingkungan, manusia, dan hewan. Saat ini pengembangan dalam domain industri adalah dengan mengorbankan hutan dengan eksploitasi berlebihan dan dengan demikian berdampak pada pengurangan vegetasi. Sebagai contoh, Hutan adalah sumber utama furnitur, rumah, kapal dan bantalan kereta api, kayu lapis, kayu bakar atau arang, kertas, produk kayu olahan seperti plastik, plastik, serat sintetis seperti rayon dan nilon, karet dari lateks pohon karet. Terlepas dari manfaat hutan bagi umat manusia, Fungsi hutan secara umum adalah sebagai paru-paru dunia, sumber ekonomi, habitat flora dan fauna, pengendali bencana seperti dalam mencegah banjir di mana akar pohon menyatukan tanah dan dengan demikian membantu melestarikan tanah dengan mencegah limpasan air yang cepat setelah hujan deras. Pengelolaan Hutan Berkelanjutan telah diakui dalam KTT Bumi di Rio dan telah ditekankan perlunya meningkatkan penanaman pohon menjadi 33% pada 2012 untuk memerangi pemanasan global.


Hari Hutan Internasional menyatukan para peserta dari beragam pemangku kepentingan hutan, akademisi dan pengambil keputusan dari seluruh dunia, untuk membahas isu-isu kunci yang membahas tentang hutan dan masalah-masalah yang terkait dengannya. Ada tema yang diputuskan untuk hari itu setiap tahun dan para peserta mengambil bagian dalam kegiatan dan acara terkait. Perayaan ini juga mencakup penghargaan bagi mereka yang telah mencapai dalam domain kehutanan. Ada begitu banyak organisasi dan masyarakat yang bekerja pada Hari Kehutanan Sedunia dengan melakukan berbagai acara dan kegiatan.


Seseorang juga dapat mengadakan presentasi di tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi atau pusat komunitas tentang pentingnya hutan. Terkadang ada undangan untuk orang-orang yang bekerja pada pelestarian hutan untuk berbicara tentang kontribusi masyarakat terhadap kesejahteraan hutan. Dengan demikian acara dan kegiatan seperti itu selalu menjanjikan untuk mendorong rasa inspirasi di masyarakat. Secara Internasional banyak pertemuan sosial dan acara budaya diselenggarakan untuk menekankan pada Hutan Sedunia. Juga pada hari ini anak-anak sekolah dan kadang-kadang bahkan para pemimpin politik merayakan hari sejarah ini dengan menanam pohon muda yang melambangkan pelestarian dan penciptaan hutan. Ada kampanye kesadaran hutan yang diadakan di berbagai belahan dunia termasuk ucapan selamat dan kata bijak.


KATA-KATA/ KUTIPAN HUTAN DAN ALAM

Sebagai sambutan Hari Kehutanan Internasional, Berikut adalah kata-kata, caption singkat, quotes, kata mutiara, kata bijak, kalimat bermakna dan kutipan status tentang alam dan hutan yang terbaik dunia dan terkenal hanya di cgkata.blogspot.com:


Di hutan, kita kembali ke alam akal dan iman. Di sana saya merasa bahwa tidak ada yang dapat menimpa saya dalam hidup, - tidak ada aib, tidak ada malapetaka (meninggalkan mata saya), yang tidak dapat diperbaiki oleh alam.
-Ralph Waldo Emerson


Di hutan itulah saya menemukan "kedamaian yang melampaui pemahaman".
-Jane Goodall


"Hutan membuat hatimu lembut. Anda menjadi satu dengan itu ... Tidak ada tempat untuk keserakahan atau kemarahan di sana."
-cgkata bijak tentang hutan Pha Pachak


"Saya jatuh cinta dengan dunia ini... Saya telah mendaki gunung-gunungnya, menjelajahi hutan-hutannya, berlayar di perairannya, melintasi padang pasirnya, merasakan sengatan embun beku, penindasan panasnya, hujan lebat, hujan deras, ombak angin, dan selalu memiliki keindahan dan kegembiraan menunggu atas kedatangan dan kepergian saya."
-John Burroughs


"Pada musim-musim musim panas tahun itu, ketika udaranya tenang dan menyenangkan, itu adalah cidera dan kekesalan terhadap Alam untuk tidak keluar dan melihat kekayaannya, dan mengambil bagian dalam kegembiraannya dengan surga dan bumi."
-John Milton


"Manusia bukan hanya dirinya sendiri ... Dia adalah semua yang dia lihat; semua yang mengalir kepadanya dari seribu sumber ... Dia adalah tanah, pengangkatan garis gunungnya, jangkauan lembah-lembahnya."
-Mary Austin


"Kita bernafas dengan hutan hujan, kita minum dari lautan. Mereka adalah bagian dari tubuh kita sendiri."
-Thich Nhat Hanh


"Anda tidak datang ke dunia ini. Anda keluar dari sana, seperti gelombang dari laut. Anda bukan orang asing di sini."
-Alan Watts


"Satu sentuhan alam membuat seluruh dunia menjadi kerabat."
-Kutipan kata William Shakespeare


Baca: 50 KATA KATA MUTIARA WILLIAM SHAKESPEARE TENTANG PERSAHABATAN, CINTA DAN ANAK MUDA


"Akar terdalam Anda ada di alam. Tidak peduli siapa Anda, di mana Anda tinggal, atau kehidupan seperti apa yang Anda jalani, Anda tetap terkait dengan sisa ciptaan."
-Charles Cook


"... tidak peduli seberapa kompleks atau makmurnya masyarakat, manusia tidak lain adalah subsistem dari biosfer, lapisan tipis kehidupan di Bumi, yang pada akhirnya dijalankan oleh bakteri, jamur, dan tanaman hijau."
-Vaclav Smil


"Untuk 99 persen waktu kita di Bumi, kita adalah pemburu dan pengumpul, hidup kita bergantung pada mengetahui detail kecil dunia kita yang halus. Jauh di lubuk hati, kita masih memiliki kerinduan untuk dihubungkan kembali dengan sifat yang membentuk imajinasi kita, bahasa kita, lagu dan tarian kita, rasa ilahi kita."
-Janine M. Benyus


"Ada sesuatu yang luar biasa dalam semua hal alam."
-kata-kata tentang alam Aristoteles


"Percayalah pada orang yang tahu: Anda akan menemukan sesuatu yang lebih besar di hutan daripada di buku. Pohon dan batu akan mengajarkan Anda apa yang Anda tidak pernah dapat pelajari dari guru."
-Saint Bernard de Clairvaux


"Setiap kali saya menemukan diri saya terjebak dalam dalam banyak hal, saya kembali ke alam karena itu cara saya berhubungan. Itu adalah guru kepala sekolah saya, dan saya mencoba membuka seluruh keberadaan saya untuk apa yang dikatakannya."
-Wynn Bullock


"Jika ada kebijaksanaan yang mengalir dalam perjalanan saya di bumi ini dalam hidup saya sekarang, itu berasal dari mendengarkan dalam Sepi, Keheningan Besar pada batu, pohon, ruang, binatang liar, hingga denyut semua kehidupan sebagai detak jantung saya."
-kata bijak Vijali Hamilton


Baca: KUMPULAN KATA-KATA MUTIARA UCAPAN HARI RAYA NYEPI 2023 TAHUN BARU SAKA 1945


"Bumi pada awalnya kasar, sunyi, sepi, tidak dapat dipahami;
Jangan berkecil hati karena ada hal-hal ilahi, terselubung dengan baik;
Saya bersumpah kepada Anda ada hal-hal ilahi yang lebih indah daripada kata-kata."
-cgkata.blogsot.com kutipan mutiara Walt Whitman


"Alam memegang kunci kepuasan estetika, intelektual, kognitif, dan bahkan spiritual kita."
- E. O. Wilson

https://cgkata.blogspot.com/


"Cara paling jelas menuju Semesta adalah melalui hutan belantara."
-cgkata-kata untuk menjaga hutan John Muir


"Obat terbaik bagi mereka yang takut, kesepian atau tidak bahagia adalah pergi keluar, ke suatu tempat di mana mereka bisa nyepi, sendirian dengan surga, alam dan Tuhan. Karena hanya pada saat itulah seseorang merasa bahwa semuanya sebagaimana mestinya dan bahwa Tuhan ingin melihat orang bahagia, di tengah keindahan alam yang sederhana. Saya sangat percaya bahwa alam membawa penghiburan dalam semua masalah. "
- Anne Frank

Post a Comment for "HARI HUTAN SEDUNIA"