Pengertian Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara

Pengertian Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara.
Pengertian Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara. (Ilustrasi)


Cgkata: Pendidikan adalah salah satu hal penting yang wajib dilakukan, baik di Indonesia ataupun luar negeri. Tujuan pendidikan sendiri adalah untuk menjadikan seseorang mempunyai kepribadian yang baik dan memiliki wawasan luas. Secara umum, arti pendidikan adalah pembelajaran, pengetahuan, dan keterampilan yang dimiliki seseorang. Namun, beberapa ahli memiliki definisi tersendiri mengenai pendidikan, termasuk Ki Hajar Dewantara. Berkat kiprahnya dalam bidang pendidikan, Ki Hajar Dewantara disebut sebagai Bapak Pendidikan Indonesia.


Lalu, apa arti pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara?


Pendidikan adalah upaya untuk memajukan bertumbuhnya pendidikan budi pekerti (kekuatan batin dan karakter), pikiran, serta tubuh anak. Ki Hajar Dewantara menjabarkan bahwa tujuan pendidikan terbagi menjadi tiga, yaitu :
  1. Membentuk budi didik yang halus pada pekerti peserta
  2. Meningkatkan kecerdasan otak peserta didik
  3. Mendapatkan kesehatan badan pada peserta didik



Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, maka pendidikan harus memiliki kesatuan konsep yang jelas, meliputi :
  1. Ing Ngarso Sung Tulodho: sebagai guru atau pendidik harus bisa menjadi teladan untuk semua peserta didik.
  2. Ing Madyo Mangun Karso: pendidik mampu menciptakan ide bagi peserta didik.
  3. Tut Wuri Handayani: pendidik harus mampu memberikan motivasi dan arahan untuk peserta didik.



Ketiga hal itu merupakan semboyan yang dicetus oleh Ki Hajar Dewantara. Apabila dilihat dari tujuan pendidikannya, maka peserta didik perlu menjalani proses yang luas yang dapat dilakukan melalui pendidikan formal atau nonformal. Sekarang, sesuai dengan peraturan dari pemerintah yang diatur dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), Jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, nonformal, dan informal yang dapat saling melengkapi dan memperkaya. Jenjang pendidikan formal terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Sementara, Jenis pendidikan mencakup pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi, vokasi, keagamaan, dan khusus.


Adapun peran Ki Hajar Dewantara dalam bidang pendidikan sebagai berikut: mendirikan perguruan Taman Siswa pada tanggal 3 JuIi 1922. Perguruan ini merupakan wadah untuk menanamkan rasa kebangsaaan kepada anak didik. Selain itu, Beliau menggagas berbagai asas yang dikenal dengan panca dharma, yang terdiri dari asas kodrat alam, asas kemerdekaan, asas kebudayaan, kebangsaan, dan kemanusiaan. Dimana transformasi pendidikan sangat dijunjung tinggi demi kemajuan bangsa Indonesia.


Ki Hadjar Dewantara memiliki semboyan yang sangat terkenal dari dulu hingga sekarang. Semboyan itu adalah “Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”.(Kata/Cgkata)



Cgkata.blogspot.com merupakan blog Kamus online populer dan terpercaya dengan lebih dari 1 juta kata. Temukan definisi, makna, sinonim, pengucapan, terjemahan, asal dan contoh.

Post a Comment for "Pengertian Pendidikan Menurut Ki Hajar Dewantara"