HARI BIDAN SEDUNIA DAN SEJARAH SINGKATNYA

HARI BIDAN SEDUNIA
(Gambar: Ilustrasi cgkata Pagi)


Assalamualaikum #sahabatcgkata Selamat pagi. Hari ini 5 Mei adalah peringatan Hari Bidan Internasional atau International Midwives Day.

Baca juga Hari Bidan Nasional

Bidan dikenal sebagai sosok wanita yang memiliki pengalaman dalam prosedur melahirkan dan membantu para ibu bersalin. Yakin soal hal ini sahabat pasti sudah pada tahu, terlebih bagi yang dulu dilahirkan dibantu oleh bidan. Hari Bidan Internasional bertujuan untuk mengenali dan menghormati bidan dan peran pekerjaan yang mereka lakukan. Jasa mereka dalam menekan angka kematian ibu dan bayi patut diapresiasi seiring meningkatnya keahlian medis para bidan, namun masih banyak bidan yang mendapatkan kompensasi rendah atau tidak sepadan.


Dikutip cgkata.blogspot.com dari situs Ontario Federation of Labour (OFL) Kanada, gagasan untuk mengenali dan menghormati bidan tercetus saat International Confederation of Midwives Conference atau Konferensi Konfederasi Bidan Internasional tahun 1987 di Belanda. Inisiatif itu membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk melalui sistem dari PBB hingga akhirnya Hari Bidan Sedunia secara resmi diluncurkan pada tahun 1992.


Disamping peran utama tadi, bidan juga sebagai salah satu pejuang dan penggerak kemajuan hak-hak perempuan dalam kesetaraan gender. Satu lagi, tahukah sahabat bahwa ada banyak contoh tulisan cgkata termasuk di pagi membahas mengenai fungsi dan Peran Bidan yang diatur dalam Kewenangan terbaru bidan sesuai Permenkes 21 Tahun 2021? Permenkes sebagai standar pelayanan kebidanan terbaru ini menggantikan yang sebelumnya, yakni Permenkes atau Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 99 Tahun 2014.


Sesuai Permenkes No 21 Tahun 2021 menyatakan bahwa pelayanan kebidanan dilakukan mulai kesehatan masa sebelum hamil, masa hamil, persalinan dan masa sesudah melahirkan, penyelenggaraan pelayanan kontrasepsi serta pelayanan kesehatan seksual. Adapun pelayanan tersebut yaitu:
  1. Pelayanan kesehatan masa sebelum hamil adalah setiap kegiatan atau serangkaian kegiatan yang ditujukan pada perempuan sejak saat remaja hingga saat sebelum hamil dalam rangka menyiapkan perempuan menjadi hamil sehat.
  2. Pelayanan kesehatan masa hamil adalah setiap kegiatan atau serangkaian kegiatan yang dilakukan sejak terjadinya masa konsepsi hingga melahirkan
  3. Pelayanan kesehatan persalinan adalah setiap kegiatan atau serangkaian kegiatan yang ditujukan pada ibu sejak dimulainya persalinan hingga 6 (enam) jam setelah melahirkan.
  4. Pelayanan kesehatan masa sesudah melahirkan adalah setiap kegiatan atau serangkaian kegiatan yang ditujukan pada selama masa nifas dan pelayanan yang mendukung bayi yang dilahirkannya sampai berusia 2 tahun.
  5. Pelayanan kontrasepsi adalah serangkaian kegiatan terkait dengan pemberian obat, pemasangan atau pencabutan alat kontrasepsi dan tindakan-tindakan lain dalam upaya mencegah kehamilan.
  6. Pelayanan kesehatan seksual adalah setiap kegiatan atau serangkaian yang ditujukan pada kesehatan seksualitas.



Ini artinya secara umum, tugas seorang bidan yaitu sebagai tenaga kesehatan profesional yang membantu wanita mulai dari sejak masa kehamilan hingga melahirkan. Seperti antara lain melakukan pemeriksaan selama masa kehamilan, termasuk memantau kesehatan fisik dan psikis ibu hamil.


Teruntuk tenaga kesehatan atau nakes dan khususnya para ibu dengan profesi bidan di Indonesia, pagi yang indah ini, keluarga besar cgkata sampaikan Selamat Hari Bidan Internasional 2023. Selamat bertugas, jaga imunitas dan vitalitas. Mari dorong juga hak-hak dan peran wanita dalam Pelayanan kesehatan, khususnya pengunjung blog cgkata. Apresiasi atas jasa pelayanan kebidanan dalam menekan angka kematian ibu dan bayi menekan angka kematian ibu dan bayi. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh!

Post a Comment for "HARI BIDAN SEDUNIA DAN SEJARAH SINGKATNYA"